Artikel Pilihan

Panduan Membeli Alat-Alat Bonsai di Toko Online

Bonsai

Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh pemilik tanaman bonsai adalah alat-alat bonsai. Tanpa alat-alat bonsai, anda tidak akan bisa membuat tanaman bonsai yang indah. Anda tidak akan bisa memotong ranting atau daun yang rusak, tidak bisa membentuk bonsai, bahkan tidak bisa membuat ukiran di batangnya.

Kalau anda ingin membeli alat-alat bonsai, di zaman yang serba canggih ini, anda bisa membelinya melalui toko online. Kini, sudah banyak sekali toko online yang menjual berbagai peralatan bonsai. Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika akan membelinya secara online adalah memastikan anda punya jaringan internet. 

Membeli Alat-Alat Bonsai di Toko Online 


1. Buka Internet dan Cari Toko Online 

Pertama, pastikan kalau internet anda sudah aktif. Kalau sudah aktif, anda bisa membuka toko online di smartphone atau komputer. Anda bisa mencari toko online yang menjual alat-alat bonsai di mesin pencari atau di marketplace. 

2. Tentukan Alat-Alat Bonsai yang Ingin Dibeli 

Kalau anda sudah bisa membuka berbagai toko online yang menjual berbagai peralatan bonsai, kini saatnya anda menentukan peralatan bonsai mana yang akan anda beli. Untuk pemula, sebaiknya anda membeli gunting, tang, kawat, pemahat, dan pisau bonsai terlebih dahulu. 

Alat-alat bonsai yang disebutkan sebelumnya tersebut merupakan alat-alat yang sangat penting untuk merawat tanaman bonsai. Selain menentukan peralatan yang anda inginkan, anda juga harus menentukan bahan dan kualitas dari peralatan tersebut serta budget yang anda miliki. 

Untuk gunting, tang, pemahat, kawat, dan pisau bonsai, sebaiknya anda membeli yang berbahan dasar stainless steel. Namun, harganya lebih mahal. Kalau ingin yang lebih murah, anda bisa mencari yang berbahan dasar besi karbon. Namun, kualitasnya sedikit lebih rendah. 

Kalau anda sudah menentukan akan membeli salah satu peralatan, cobalah cari di toko online tersebut dengan mengetikkan barang yang anda cari atau menanyakan kepada penjualnya langsung. Bila ternyata toko online tersebut tidak menjual barang-barang yang anda inginkan, anda bisa mencari di toko online yang lain. 

3. Bandingkan Harga 

Salah satu kelebihan membeli di toko online adalah anda bisa mengunjungi banyak toko online sekaligus. Artinya, anda bisa membandingkan harga alat-alat bonsai yang ingin anda beli. 

Jangan asal langsung memilih harga yang termurah karena anda harus memperhatikan kualitas produk serta ongkos kirimnya juga. Jangan sampai karena tempat penjualnya terlalu jauh hingga menyebabkan ongkos kirimnya jauh lebih mahal. 

4. Tanyakan Penjual 

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan setelah menemukan salah satu alat-alat bonsai dengan harga, kualitas, dan ongkos kirim yang sesuai, anda harus menanyakan kepada penjual terlebih dahulu ketersediaan barang tersebut. 

Kalau ternyata barang tersebut sudah habis, anda harus mencari lagi di toko online yang lainnya. Bila ternyata stok barang tersebut masih ada, anda bisa melakukan proses selanjutnya. 

5. Pembayaran 

Saat anda sudah menemukan produk dengan harga dan kualitas yang sesuai, serta penjual mengatakan kalau stok tersedia, anda harus melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu pembayaran. 

Karena anda tidak langsung bertemu dengan penjual, anda tidak bisa memberikan uang secara langsung, melainkan dengan metode transfer. Biasanya penjual akan memberikan nomor rekening miliknya. 

Setelah anda mengirim sejumlah uang yang telah disepakati kepada penjual, barulah penjual akan mengirimkan barang yang anda inginkan. Namun, anda harus menunjukkan bukti transfer terlebih dahulu. Setelah mereka mengirimkan barang, mereka akan mengirimkan nomor resi pengiriman kepada anda. 

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Alat-Alat Bonsai di Toko Online 

Peralatan Bonsai
Sumber: markamitra.co.id
Membeli barang di toko online selalu menjadi perdebatan orang-orang. Ada yang lebih nyaman membeli secara konvensional, ada juga yang lebih senang membeli di toko online. Sebagai bahan pertimbangan membeli alat-alat bonsai di toko online, tentu anda harus mengetahui kelebihan serta kekurangan membeli dengan cara ini. 

Ada banyak sekali kelebihan dari membeli alat-alat bonsai di toko online. Salah satu kelebihan yang sangat disenangi oleh orang-orang adalah lebih menghemat waktu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda bisa mengunjungi banyak toko sekaligus di depan layar gawai anda. 

Kelebihan lainnya adalah anda tidak perlu mengeluarkan banyak usaha untuk pergi ke toko tanaman bila ingin mencari alat-alat bonsai. Saat akan pergi ke toko yang menjual peralatan bonsai, anda harus bersiap-siap, menyalakan kendaraan, dan jalan. Hal itu tidak perlu dilakukan kalau anda membeli secara online. 

Selain itu, anda juga tidak perlu menyediakan banyak uang tunai kalau membeli secara online. Namun, pastikan kalau anda memiliki cukup uang di rekening anda karena semua pembayaran akan dilakukan secara transfer. 

Salah satu kekurangan dari membeli alat-alat bonsai di toko online adalah anda tidak bisa langsung melihat barangnya sehingga tidak ada jaminan kalau barang tersebut berkualitas. Kekurangan lainnya, anda juga tidak bertemu langsung dengan penjualnya sehingga ada kemungkinan kalau penjual bisa saja menipu anda. Namun, penipuan ini bisa diminimalkan dengan berbelanja di marketplace. 
Peralatan Bonsai
Sumber: bungaku.co.id
Apakah anda masih ragu untuk berbelanja alat-alat bonsai di toko online? Sebenarnya tidak ada salahnya membeli di toko konvensional kalau membuat anda lebih nyaman.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Membeli Alat-Alat Bonsai di Toko Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel