Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Menyimpan Alat-Alat Bonsai Agar Tetap Aman?

Pohon Bonsai

Jika memiliki tanaman bonsai, apakah anda sudah memiliki alat-alat bonsai? Kalau belum, sebaiknya anda segera membeli alat-alat bonsai tersebut. Peralatan bonsai merupakan benda yang wajib dimiliki oleh para pemilik tanaman bonsai. Peralatan khusus bonsai itu bisa membantu anda dalam merawat serta membuat bonsai semakin indah.

Namun, memiliki barang baru tetaplah ada masalah. Salah satu masalah yang sering menjadi pertanyaan orang yang baru membeli alat-alat bonsai adalah dimana tempat untuk menyimpan peralatan ini agar aman dan tidak rusak. Sebenarnya mudah saja mencari tempat untuk menyimpan segala peralatan bonsai itu.  

Tempat Menyimpan Alat-Alat Bonsai 

Peralatan Bonsai
Sumber: bennisobekti.com

1. Tas Peralatan Khusus Bonsai 

Salah satu solusi yang paling cepat atas pertanyaan anda adalah tas peralatan yang dirancang khusus untuk meletakkan alat-alat bonsai. Tas ini dibuat agar anda bisa menyimpan peralatan bonsai dengan aman dan mengurangi risiko rusak. 

Model tas peralatan khusus bonsai merupakan tas lipat dengan banyak cantolan. Fungsi dari cantolan itu adalah meletakkan peralatan bonsai yang ingin anda simpan. Tas ini juga memudahkan anda untuk mencari peralatan bonsai kalau ingin menggunakannya. 

Salah satu keuntungan kalau anda menggunakan tas khusus peralatan bonsai ini untuk menyimpan alat-alat bonsai adalah semua peralatan akan langsung terpampang di depan anda begitu anda membuka tas khusus peralatan ini. 

Bila anda memutuskan untuk menggunakan tas peralatan yang satu ini, pastikan kalau anda membeli tas peralatan yang terbuat dari bahan kulit yang kuat. Bahan kulit yang tebal akan lebih kuat menahan berat dan tajamnya peralatan bonsai. Harga tas khusus peralatan bonsai juga beragam, mulai dari 200 ribu Rupiah sampai 500 ribu Rupiah. 

2. Kotak Perkakas 

Selain tas peralatan khusus bonsai, benda lain yang bisa digunakan untuk menyimpan alat-alat bonsai adalah kotak perkakas. Anda pasti sudah mengetahui kalau kotak perkakas merupakan sebuah kotak yang berfungsi untuk menyimpan berbagai benda perkakas. 

Alat khusus bonsai sama seperti alat perkakas pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil. Karena itu, carilah kotak perkakas yang menyesuaikan ukuran peralatan bonsai ini. 

Tidak ada salahnya juga menggunakan kotak perkakas yang besar karena anda bisa menyimpan peralatan bonsai yang lebih banyak. Namun, harganya pasti lebih mahal. 

Kotak perkakas yang kecil dijual dengan harga 70 ribu Rupiah, sedangkan kotak perkakas dengan ukuran besar dijual seharga 500 ribu Rupiah. Harga itu tergantung dengan material pembuatnya. 

3. Rak 

Rak juga bisa menjadi salah satu alternatif tempat menyimpan alat-alat bonsai. Namun, pastikan kamu sudah melapisi rak tersebut dengan berbagai bahan yang tebal dan lembut. Peralatan bonsai yang tajam bisa membuat isi dalam rak menjadi rusak. 

Kelebihan menggunakan rak untuk menyimpan berbagai peralatan bonsai adalah harganya yang besar dan bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang yang lain. Kelemahannya adalah rak tidak bisa di bawa kemana-mana sehingga anda harus sering datang ke tempat rak ini berada untuk mengambil peralatan bonsai. 

4. Kotak Plastik Tebal 

Kalau anda mempunyai kotak plastik yang tebal dan kuat, jangan dibuang dulu. Kotak tersebut bisa digunakan untuk meletakkan alat-alat bonsai. Namun, pastikan terlebih dahulu kalau kotak tersebut berbahan plastik yang tebal agar tidak rusak terkena bagian tajam dari peralatan bonsai. 

Pastikan juga kalau kotak plastik tebal tersebut memiliki penutupnya. Bila tidak ada penutup, anda bisa menggunakan benda lain untuk menutupinya. Tanpa penutup, peralatan bonsai anda berisiko jatuh, rusak, dan bahkan hilang. 

Jangan menggunakan kotak lain selain yang berbahan plastik tebal, seperti bahan kardus, kertas, atau kayu. Ketiga bahan tersebut lebih mudah rusak ketika terkena peralatan bonsai yang tajam. 

5. Tas Pinggang Perkakas 

Kalau anda ingin terlihat keren, modis, dan simpel, anda bisa menggunakan tas pinggang perkakas untuk menyimpan alat-alat bonsai yang anda miliki. Tas pinggang perkakas ini terdiri dari beberapa kantong yang besar dan diikatkan pada bagian pinggang. 

Kelebihan kalau anda menggunakan tas pinggang perkakas adalah lebih mudah untuk di bawa saat anda ingin menggunakan peralatan bonsai. Selain itu, akan lebih gampang saat anda ingin mengambil salah satu peralatan itu. 

Kelebihan lainnya adalah tas ini juga murah, yaitu hanya sekitar 200 ribu Rupiah. Namun, tas ini juga memiliki kelemahan, yaitu cepat rusak bila terkena bagian yang tajam. 

Sebaiknya Menggunakan Apa untuk Menyimpan Alat-Alat Bonsai? 

Peralatan Bonsai
Sumber: bennisobekti.com
Sebaiknya anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda untuk menyimpan alat-alat bonsai. Bila anda memiliki uang lebih dan tidak ingin sesuatu yang ribet, tidak ada salahnya anda membeli tas khusus peralatan bonsai. 

Kalau anda tidak suka model tas itu, anda bisa menggunakan kotak perkakas. Harga kotak perkakas juga ada yang murah. Kalau anda tidak ingin membawa banyak barang, gunakan tas pinggang perkakas.

Bila anda sedang ingin berhemat, maka anda bisa menyimpan alat-alat bonsai tersebut di rak atau kotak plastik yang tebal. 

Ketika anda sudah memiliki alat-alat bonsai, menjaga dan menyimpan peralatan tersebut sangat penting agar tidak cepat rusak atau hilang.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Menyimpan Alat-Alat Bonsai Agar Tetap Aman?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel