Artikel Pilihan

Dimana Tempat Untuk Membeli Alat-Alat Bonsai?

Bonsai

Memiliki alat-alat bonsai merupakan suatu kewajiban bagi orang yang memiliki tanaman bonsai. Tanpa adanya alat-alat bonsai, bagaimana anda bisa membuat bonsai yang indah?

Mungkin anda masih bisa menggunakan beberapa peralatan lain dengan ukuran yang normal. Namun, hasilnya tidak akan sebagus bila menggunakan peralatan bonsai.

Alat-alat bonsai, seperti gunting, tang, pemahat, dan pisau bisa membantu anda membentuk tanaman bonsai yang lebih indah dan mengurangi risiko kesalahan pemotongan. Kalau anda sudah sadar betapa pentingnya memiliki alat-alat bonsai, anda tentu harus membelinya. Dimana tempat untuk membeli peralatan bonsai tersebut? 

Tempat Membeli Alat-Alat Bonsai 


1. Toko Tanaman 

Anda bisa membeli bibit tanaman bonsai di beberapa toko tanaman. Biasanya, toko tanaman yang menjual tanaman bonsai juga menjual berbagai peralatan bonsai. Namun, tidak semua toko menjual alat-alat bonsai. 

Toko tanaman yang tidak menjual peralatan bonsai juga umumnya tidak menjual tanaman bonsai. Kalau anda pernah membeli bibit pohon bonsai di sebuah toko tanaman, coba kembali ke toko tersebut dan tanyakan apakah mereka juga menjual berbagai peralatan bonsai. 

Kelebihan kalau anda membeli langsung di toko tanaman adalah anda bisa melihat kualitas produk tersebut secara langsung. Selain itu, produk tersebut langsung diterima oleh tangan anda sehingga tidak proses pengantaran melalui kurir sehingga tidak ada risiko kerusakan untuk proses pengantaran. 

2. Toko Online 

Sekarang ini semua hal selalu serba online dan cepat. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan bila berbelanja secara online, yaitu bisa membandingkan harga, lebih hemat waktu, dan terkadang bisa mendapatkan harga yang lebih murah. 

Sekarang ini sudah banyak toko online yang menjual alat-alat bonsai. Anda bisa mencari di marketplace atau website penjual pribadi. Sebelum anda memutuskan untuk membeli peralatan bonsai dari salah satu toko online, ada baiknya anda membandingkan harganya terlebih dahulu dengan toko online yang lain. 

Selain harga, anda juga harus memastikan kalau peralatan bonsai yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sepadan dengan harga yang diminta. Karena anda membeli secara online, anda tidak bisa bertemu dengan penjual dan melihat barangnya secara langsung. 

Itulah risiko membeli di toko online, anda tidak akan tahu kualitas barangnya dan berisiko ditipu oleh penjual. Selain itu, ada juga proses pengiriman barang dari penjual kepada anda menggunakan kurir. Risiko barang rusak ketika proses pengiriman juga lumayan besar. 

3. Import 

Kebanyakan alat-alat bonsai berkualitas yang dijual di Indonesia merupakan buatan dari luar negeri. Ada yang buatan dari Jepang, China, atau Eropa. Tentu saja kualitasnya tetap tergantung berdasarkan produsen pembuatnya. Namun, umumnya produk buatan dari luar negeri lebih bagus. 

Kalau anda memutuskan untuk membeli peralatan bonsai itu dari luar negeri, anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Orang yang menjual peralatan bonsai di Indonesia juga mengambil barang yang sama dari luar negeri dan mereka menaikkan harganya sehingga lebih mahal. 

Namun, membeli peralatan bonsai dari luar negeri juga ada kekurangannya, yaitu proses pengiriman yang lebih panjang dan lebih ribet untuk melakukan pembayaran. Meski bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah, anda harus mengeluarkan ongkos kirim yang lebih besar. 

Selain itu, anda juga harus melakukan pembayaran valuta asing antara Rupiah dan mata uang tempat anda membeli barang tersebut. Kalau anda sering membeli barang dari luar negeri, tentu saja proses ini tidak akan sulit. 

Cara Memilih Alat-Alat Bonsai yang Bagus 

Peralatan Bonsai
Sumber: marcasflower.blogspot.com
Selain tempat membeli alat-alat bonsai, hal terpenting yang tidak boleh anda lupakan adalah cara memilih peralatan bonsai yang berkualitas. Kalau anda membeli peralatan bonsai dengan kualitas yang rendah, peralatan bonsai tersebut berisiko rusak dan membuat rusak tanaman bonsai. 

Untuk mendapatkan peralatan yang berkualitas, anda harus memperhatikan bahannya. Untuk gunting, tang, pisau, dan pemahat bonsai, pilihlah yang terbuat dari stainless steel. Produk yang terbuat dari bahan stainless steel lebih tahan terhadap karat. 

Selain tahan terhadap karat, alat-alat bonsai dengan bahan stainless steel juga tajam untuk waktu yang lama. Anda memang harus memastikan kalau gunting, tang, pisau, dan pemahat bonsai selalu tajam saat akan digunakan agar tidak merusak tanaman bonsai. 

Bila anda membeli penggaruk tanah, pastikan kalau penggaruk tersebut terbuat dari besi karbon. Bahan tersebut merupakan bahan yang ringan dan kuat sehingga lebih nyaman digunakan saat anda akan mengangkat tanah. 

Selain bahan pembuatnya, anda juga harus memperhatikan bentuk alat-alat bonsai tersebut. Cari pegangan yang kuat dan nyaman digunakan. Untuk gunting bonsai, anda bisa membeli pegangan yang agak melengkung dan besar dengan bagian gunting yang agak sedikit panjang. 

Untuk pemahat bonsai, pastikan kalau anda membeli yang ukurannya sesuai dengan tanaman bonsai yang anda miliki. Kalau anda ingin membeli tang, anda harus memeriksa kalau pegangannya kuat dan tidak licin. Pegangan yang licin akan membuat anda terluka. Selain itu, juga berisiko merusak tanaman bonsai.
Peratalan Bonsai
Sumber: tanamanbonsai.com

Kalau anda belum juga membeli alat-alat bonsai yang anda butuhkan, anda bisa membeli peralatan tersebut di tempat yang telah disebutkan sebelumnya. Pastikan juga anda membeli peralatan bonsai yang berkualitas.

Belum ada Komentar untuk "Dimana Tempat Untuk Membeli Alat-Alat Bonsai?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel