Artikel Pilihan

Kenapa Bonsai Beringin Anda Tumbuh Buah?

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Bonsai beringin merupakan tanaman kerdil yang bakal bibitnya didapatkan dari pohon beringin. Meski pohon beringin tumbuh dimana saja, tetapi bonsai beringin dapat menjadi tanaman yang berharga mahal. Itu karena ada sebuah nilai seni dari tanaman hias ini. Anda dapat membuat bentuk tanaman ini sesuai dengan keinginan anda.

Ada beberapa perawatan yang perlu anda lakukan kepada bonsai beringin, yaitu penyiraman, pemberian pupuk, pemangkasan cabang yang rusak, dan pembentukan batang dengan memasang kawat. Dengan perawatan yang benar, tanaman ini akan tumbuh subur. Bila anda memperhatikan akan ada sebuah buah kecil yang tumbuh. Apakah pohon beringin berbuah?

Memahami Struktur Bonsai Beringin

Agar anda dapat memahami alasan dibalik tanaman bonsai beringin menumbuhkan buah, ada baiknya anda mempelajari struktur tanaman ini. Tanaman ini merupakan versi kecil dari pohon beringin sehingga anda hanya perlu mengetahui karakteristik pohon beringin.



Pohon beringin memiliki nama latin Ficus Benjamina dengan kelas Magnoliopsida dan famili Moraceae. Sedangkan genus, subgenus, dan spesies dari bonsai beringin berturut-turut adalah Ficus, Conosycea, dan Ficus Benjamina.

Kalau anda pernah melihat proses pencangkokan pohon beringin untuk mendapatkan bakal bibit bonsai beringin, anda pasti pernah melihat akar dari tanaman ini. Jika anda perhatikan, akarnya berbentuk seperti jaring. Fungsi bentuk akarnya adalah untuk menyerap banyak nutrisi dari tanah.

Akar pohon beringin berjenis tunggang yang berfungsi tubuhnya. Akar tersebut sangat kuat hingga mampu menopang tubuhnya yang besar. Batang pohon beringin berbentuk silinder dengan kulit yang kasar. Diameter batangnya bisa mencapai 10 meter dengan cabang yang sangat banyak. Cabang pada pohon beringin disebut jenis simpodial.

Pohon beringin selalu terkenal dengan daunnya yang rindang. Daun pohon beringin berbentuk oval dengan ujung yang runcing. Namun, bentuk daunnya ada yang berbeda pada jenis beringin tertentu. Daunnya memiliki tipe tunggal berseling atau alternate dengan tulang yang menyirip.

Kalau bonsai beringin berukuran sangat kecil dengan tinggi paling maksimal 100cm, pohon beringin dapat tumbuh sangat tinggi. Pohon yang satu ini bisa tumbuh hingga 25 meter, sedangkan ukuran yang paling rendah adalah 15 meter.

Tempat tinggal pohon beringin kebanyakan di hutan tropis dengan ketinggian 600 meter dari kedalaman laut. Namun, anda juga bisa berburu bakal bibit bonsai beringin di dataran rendah karena sebenarnya pohon ini dapat tumbuh dimana saja, bahkan di tanah penuh batu. Anda bahkan dapat menemukan tanaman ini di sumber air.

Pohon yang satu ini menyebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Pohon beringin juga menyebar di luar negeri, diantaranya adalah Malaysia, China, India, Australia, dan Amerika.

Sebenarnya bonsai beringin yang anda miliki memang seharusnya berbuah. Pohon beringin juga memiliki buah dan sering menjadi makanan burung. Buah pada pohon beringin berjenis buah semu.

Bonsai beringin anda juga seharusnya berbunga, tetapi dengan ukuran yang sangat kecil diantara daunnya. Warna bunganya juga hijau seperti daun sehingga sulit sekali menyadari keberadaan bunga tersebut. Bunga itu memiliki mahkota yang berwarna hijau agak kuning dan berbentuk bulat.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

Keunikan Lain Bonsai Beringin

Satu hal yang dimiliki oleh bonsai beringin. Namun, tidak dimiliki oleh tumbuhan lain adalah akar gantung. Pohon beringin memang sudah memiliki akar, sedangkan akar gantung ini berasal dari bunganya.

Akar gantung ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk bonsai beringin, yaitu proses respirasi selama tanaman ini berfotosintesis. Akar tersebut akan terus memanjang hingga menembus tanah dan membantu akar utama untuk menyerap nutrisi dari dalam tanah.



Mungkin hal ini yang membuat bonsai beringin dapat hidup hingga ratusan tahun. Dengan adanya dua akar, tanaman ini dapat menyerap banyak nutrisi sekaligus. Ketika anda lupa menyiram atau memberi pupuk, akarnya masih menyimpan banyak cadangan makanan.

Kini pertanyaan anda soal buah yang muncul di pohon bonsai beringin sudah terjawab. Anda dapat membiarkan buah tersebut agar bentuknya semakin indah. Membuangnya juga tidak akan menjadi masalah asal jangan sampai merusak bagian yang lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Bonsai Beringin Anda Tumbuh Buah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel