Artikel Pilihan

Yuk Ketahui Manfaat Kulit, Daun dan Getah Pohon Angsana!

Pohon Angsana atau yang dikenal juga sebagai Pohon Narra ini merupakan salah satu jenis pohon yang tersebar di Indonesia dan juga tersebar secara global di seluruh bagian belahan dunia. Pohon Angsana ini merupakan salah satu pohon yang punya banyak sekali manfaat. Entah itu manfaat untuk perindustrian hingga manfaat untuk kesehatan.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui manfaat dari bagian Pohon Angsana yaitu manfaat dari kulit kayu pohon, daun Angsana, dan juga getah dari Pohon Angsana. Yuk ketahui manfaat kulit, daun, dan getah pohon Angsana!

Manfaat Kulit Pohon Angsana


Yang pertama kami akan mengajak Anda untuk mengenal manfaat dari kulit pohon Angsana. Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana bentuk dari kulit Pohon Angsana yang satu ini. Kulit pohon Angsana atau yang dikenal sebagai Pepagan sendiri memiliki warna abu-abu kecoklatan, dan untuk teksturnya sendiri memecah atau seperti sisik halus.




Baca juga : Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

Kulit kayu dari Pohon Angsana ini ternyata banyak sekali memiliki manfaat, yaitu yang pertama kulitnya ternyata biasa digunakan sebagai pewarna alami atau ZWA sumber warna zat alam untuk pewarnaan kain batik sutera.

Selain itu, kulit pohon Angsana juga digunakan dalam bidang kesehatan sebagai obat-obatan herbal. Pepagan atau kulit kayu Pohon Angsana ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk menghentikan diare yang berlebihan, mengatasi sariawan di mulut, dan juga untuk mengobati migrain.

Caranya adalah dengan merebus dan menggunakan sari rebusan tadi untuk minum ataupun untuk berkumur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit dari pohon Angsana ini mengandung anti-bakteri.

Manfaat Daun Pohon Angsana

Ciri Ciri Pohon Angsana
Jika tadi kita sudah mengetahui manfaat dari kulitnya, maka sekarang kami akan mengajak Anda untuk mengetahui juga manfaat dari daunnya. Untuk daun Pohon Angsana ini biasanya dijadikan sebagai obat-obatan herbal. Ekstrak dari daun Angsana ini dikabarkan dapat dijadikan sebagai herbal yang bisa membantu penyembuhan kanker.

Selain itu biasanya masyarakat juga menggunakan rebusan daun Angsana untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti untuk mengatasi demam, sariawan, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, bahkan juga bisa membantu untuk melakukan pencegahan diabetes melitus. Biasanya diminum secara rutin setiap harinya, dan jika ingin rasanya lebih sedikit manis maka bisa mencampurkan tambahan gula aren.

Baca juga : Berapa Harga Bibit Pohon Angsana Berkualitas?

Selain itu rebusan dari daun Angsana ini juga terbukti bisa membantu mengurangi peradangan, kulit terbakar, penyakit batu ginjal, tukak, dan membantu untuk mengatasi permasalahan pencernaan serta pernapasan seperti asma atau sesak napas. Oleh karena itu jika Anda bisa menemukan Pohon Angsana di sekitar lingkungan Anda maka Anda bisa memanfaatkannya untuk penggunaan obat herbal.

Manfaat Getah Pohon Angsana

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: cdn2.tstatic.net
Sekarang yang terakhir kami akan mengajak Anda untuk mengenal dan mengetahui apa saja manfaat dari getah Pohon Angsana. Pohon Angsana ini apabila digores akan mengeluarkan getah bening yang berwarna merah.

Biasanya getah yang keluar dari Pohon Sonokembang ini akan mengental dan berwarna merah darah disebut juga sangre de drago atau darah naga.

Tak hanya kulit kayu dan juga daunnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, ternyata getah Pohon Angsana ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Getah pohon Angsana yang berwarna merah seperti darah ini ternyata bisa menjadi obat astringensia.

Dan selain itu getah dari pohon Angsana ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi, caranya bagaimana? Anda hanya perlu mengoleskan getah Pohon Angsana ini di gigi yang merasa sakit kemudian sakit gigi itu akan berkurang




Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai manfaat kulit, daun, dan getah pohon Angsana. Ternyata banyak sekali manfaat dan juga kegunaan dari Pohon Angsana ya, mulai dari daunnya, kulit kayu, bahkan hingga getahnya memiliki banyak manfaat untuk manusia.

Anda bisa memperbanyak persebaran Angsana dengan cara membudidayakannya karena Pohon Angsana atau Narra ini sangat mudah dikembangkan dengan menggunakan metode stek batang atau biji. Selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Yuk Ketahui Manfaat Kulit, Daun dan Getah Pohon Angsana!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel