Artikel Pilihan

Unik Dan Indahnya Pohon Kaktus Tengah Malam, Kaktus Wijaya Kusuma

ciri ciri pohon kaktus

Bunga wijaya kusuma termasuk ke dalam jenis pohon kaktus. Keunikan utama yang dimiliki oleh pohon kaktus satu ini adalah bunganya yang mekar di malam hari, tepatnya di jam 12 malam. Nama lain dari pohon kaktus wijaya kusuma adalah christ in the manger, princess of the night, night blooming cereus, dan masih banyak lagi.

Sayangnya pohon kaktus wijaya kusuma cukup sulit dalam hal pemeliharaannya. Anda harus benar-benar memperhatikan komposisi tanah, keadaan iklim, dan tata cara merawat kaktus ini. Jika ada yang tidak tepat satu saja maka pohon kaktus wijaya kusuma tidak akan mekar bunganya.


Mitos Seputar Pohon Kaktus Wijaya Kusuma

ciri ciri pohon kaktus wijaya kusuma
Sumber: tribunnews.com
Keunikan yang ada pada pohon kaktus wijaya kusuma tidak ada di pohon kaktus yang lain. Alhasil banyak orang yang mengaitkan pohon kaktus wijaya kusuma dengan hal-hal mistis. Apalagi bunga dari pohon kaktus ini mekar di tengah malam. Sedangkan beberapa hal mistis yang ada pada pohon kaktus wijaya kusuma adalah:

1. Bunga sesajen nyi roro kidul

Mitos pertama tentang pohon kaktus wijaya kusuma adalah bunganya yang digunakan sebagai bunga sesajen untuk nyi roro kidul. Seperti yang kita ketahui jika nyi roro kidul adalah ratu pantai selatan. Konon katanya bunga kaktus wijaya kusuma adalah jelmaan dari anak kedua nyi roro kidul dari pernikahan gaibnya.

2. Dapat mengangkat derajat seseorang

Meski sudah memasuki era modern, namun nyatanya tingkat derajat setiap orang masih penting di kalangan masyarakat Indonesia. Alhasil banyak orang yang menanam pohon kaktus wijaya kusuma di taman mereka. Ini karena kaktus wijaya kusuma dianggap bisa mengangkat derajat seseorang dan membuat auranya bersinar.

3. Tanaman favorit para raja dan ratu

Mitos lain tentang kaktus ini adalah pohon kaktus wijaya kusuma merupakan tanaman favorit para raja dan ratu. Bahkan jika di taman sebuah kerajaan terdapat bunga wijaya kusuma maka kerajaan tersebut dianggap makmur. Konon bunga dari pohon kaktus ini sering di petik raja untuk diberikan ke ratu sebagai hadiah romantis.

Baca Juga :

Manfaat Pohon Kaktus Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

ciri ciri pohon kaktus wijaya kusuma
Sumber: keposiasi.com
Kecantikan bunga wijaya kusuma berhasil memikat hati setiap orang. Bunga ini memiliki warna dasar putih dengan tinggi batang sekitar 2 sampai 3 meter. Lebar daunnya sekitar 13 hingga 15 cm. Bunga wijaya kusuma juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu:

1. Menghilangkan bau badan

Bau badan sering menjadi permasalahan yang cukup pelik untuk setiap orang. Apalagi jika Anda bekerja dengan banyak orang maka tentu saja bau badan harus tetap terjaga keharumannya. Untuk itu Anda bisa mandi dengan memakai bunga wijaya kusuma agar bau badan Anda hilang dan badan terasa lebih segar.

2. Obat nyeri lambung

Pohon katus wijaya kusuma mempunyai kandungan pH netral yang berfungsi untuk meredakan nyeri lambung. Anda cukup merebus bunga wijaya kusuma dengan air secukupnya lalu minum. Namun jika Anda tidak suka rasanya yang tawar maka Anda bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan bunga wijaya kusuma.

3. Obat radang tenggorokan

Radang tenggorokan memang sangat mengganggu, baik itu rasa sakitnya ataupun perubahan volume suara. Untuk mengatasinya Anda bisa meminum air rebusan bunga wijaya kusuma. Di dalam bunga wijaya kusuma memang terdapat mint yang jika di konsumsi secara teratur akan membuat radang tenggorokan Anda sembuh.

4. Menghilangkan bekas luka

Tidak hanya bermanfaat untuk organ di dalam tubuh, namun pohon kaktus wijaya kusuma juga bisa dipakai sebagai obat penghilang bekas luka. Ketika Anda tidak sengaja jatuh ataupun terkena pisau maka segera obati dengan bunga ini. Cukup tempelkan bunga wijaya kusuma yang sudah di tumbuk pada luka Anda.

Nyatanya pohon kaktus wijaya kusuma tidak hanya indah namun juga memiliki segudang manfaat untuk manusia. Mitos dari bunga wijaya kusuma diatas memang belum terbukti kebenarannya.

Namun manfaat yang dimiliki oleh bunga ini sudah teruji dan bisa digunakan oleh siapa saja. Bahkan bunga dari pohon kaktus wijaya kusuma juga bisa dijadikan sebagai obat penyakit kronis seperti tuberkolosis (TBC).

Itu dia beberapa ulasan terkait pohon kaktus wijaya kusuma. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Unik Dan Indahnya Pohon Kaktus Tengah Malam, Kaktus Wijaya Kusuma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel