Artikel Pilihan

Jenis-Jenis Pohon Kaktus Hias Dalam Ruangan Dan Cara Merawatnya

ciri ciri pohon kaktus

Suasana di dalam rumah akan lebih bewarna jika Anda menghiasinya dengan tanaman yang unik serta menarik. Salah satu jenis tanaman hias yang cocok di tanam dalam ruangan adalah pohon kaktus. Bukan pohon kaktus yang berukuran besar, namun pohon kaktus mini yang bisa ditanam pada pot berukuran kecil.

Pohon kaktus hias mempunyai banyak jenis dan bentuk. Bahkan bunga dan duri pada kaktus yang biasanya terlihat mengerikan berubah menjadi sangat indah. Jadi tidak salah jika menjadikan pohon kaktus sebagai tanaman hias dalam ruangan yang bisa di letakkan dimana saja sesuai keinginan Anda.

Pohon Kaktus Hias yang Cocok Untuk Di Dalam Ruangan

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: rancupidfarm.com
Pernahkah Anda menanam pohon kaktus? Jika pernah maka tentu saja Anda sudah tahu jika pohon kaktus tidak bisa hidup di habitat yang terlalu banyak air. Inilah sebabnya Anda harus menggunakan campuran tanah yang tepat dan memiliki daya serap tinggi. Adapun pohon kaktus hias untuk ruangan adalah:

1. Pohon kaktus dessert gem

Jika biasanya pohon kaktus identik dengan warna hijau maka tidak dengan pohon kaktus dessert gem. Dimana pohon kaktus satu ini terdiri dari banyak warna seperti kuning, jingga, ungu, hijau, dan juga merah. Selain warnanya yang unik, ukuran dari pohon kaktus dessert gem cukup kecil. Sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanam hias dalam ruangan. Jika Anda ingin memakai pohon kaktus dessert gem sebagai tanaman hias maka gunakan pot bewarna putih. Sebab dengan pot bewarna putih maka warna dari pohon kaktus dessert gem akan lebih muncul dan ruangan Anda menjadi lebih indah.

2. Pohon kaktus kepiting

Pohon kaktus kepiting atau yang juga dikenal sebagai christmas cactus ini memiliki nama latin Schlumbergeraini. Jika pohon kaktus umumnya hidup di area kering maka kaktus kepiting ini lebih suka hidup di area yang cenderung lembab.

Pohon kaktus kepiting berasal dari Brazil dan memiliki bunga yang bewarna merah sangat kontras dengan pohonnya yang bewarna hijau.

3. Pohon kaktus mickey mouse

Apakah Anda menyukai kartun mickery mouse? Jika iya, maka pohon kaktus mickey mouse ini cocok sebagai hiasan ruang tamu Anda. Disebut sebagai pohon kaktus mickey mouse sebab bentuk batangnya yang mirip dengan tokoh kartun mickey mouse. Selain itu duri di sekeliling pohon kaktus ini mirip motif polkadot.

Baca Juga :

Cara Merawat Pohon Kaktus Hias Dalam Ruangan

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: tokopedia.com
Dari ketiga jenis pohon kaktus hias dalam ruangan diatas Anda bisa memilih salah satunya untuk ditanam. Selain memilih jenis pohon kaktus hias, Anda juga harus memperhatikan cara perawatan kaktus hias dalam ruangan. Adapun cara merawat pohon kaktus hias di dalam ruangan adalah:

1. Siram air secukupnya

Pohon kaktus hias maupun pohon kaktus biasa merupakan tanaman yang sama-sama tidak membutuhkan banyak air. Jadi usahakan menyiram kaktus dengan air secukupnya dan jangan terlalu sering. Gunakan jangka waktu sekitar 1 sampai 2 minggu untuk satu kali siram agar pohon kaktus tidak mati.

2. Gunakan pot dengan lubang dibawahnya

Memilih tempat atau pot untuk menanam pohon kaktus sama pentingnya dengan memilih media tanam yang akan Anda gunakan. Untuk jenis pohon kaktus hias di dalam ruangan ini pakai jenis pot yang ada lubang di bawahnya. Tujuan pemakaian jenis pot ini agar air tidak menggenang di dalam pot.

3. Beri sinar matahari yang cukup

Terlalu banyak ataupun terlalu sedikit sinar matahari pada pohon kaktus sangat tidak baik. Oleh karena itu saat memberikan sinar matahari berikan dengan cukup dan tidak terlalu banyak. Cukup letakkan pohon kaktus selama 2 sampai 3 jam di bawah sinar matahari setiap hari lalu pindahkan pohon kaktus ke tempat teduh.

Jika Anda tertarik untuk memakai pohon kaktus sebagai tanaman hias di dalam ruangan maka pertimbangkan jenis pohon kaktus yang akan Anda gunakan. Pertimbangkan juga metode perawatan yang tepat untuk pohon kaktus Anda. Sehingga pohon kaktus tetap bisa hidup dengan baik meskipun berada di dalam ruangan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Pohon Kaktus Hias Dalam Ruangan Dan Cara Merawatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel