Artikel Pilihan

Tips Untuk Budidaya Pohon Angsana Dengan Mudah

Pohon Angsana atau yang lebih dikenal dengan Pohon Senokembang ini sangat mudah ditemukan. Di alam liar terutama di Pulau Jawa, pohon ini bisa dengan mudah ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah terutama di hutannya.

Sedangkan di Kalimantan biasanya ditemukan di area rawa-rawa. Tak hanya di alam liar saja, Pohon Angsana ini juga bisa dengan mudah temukan di perkotaan. Karena pohon ini bisa menjadi penyerap polutan yang baik dan juga peneduh yang baik maka biasanya ditanam di perkotaan dan di pinggir jalan.

Seperti yang kita tahu bahwa Pohon Angsana ini memiliki sejuta manfaat, maka banyak orang yang ingin membudidayakan Pohon Angsana. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai tips untuk budidaya Pohon Angsana dengan mudah. Sehingga Anda bisa membudidayakan tanaman Angsana ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :




Mengapa banyak orang yang ingin membudidayakan Angsana?

Ciri Ciri Pohon Angsana

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman, maka kami sarankan supaya Anda memilih tanaman Angsana saja karena tanaman ini banyak sekali kegunaannya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak orang yang ingin membudidayakan Pohon Angsana :

1. Karena pohon ini memiliki banyak manfaat

Alasan pertama mengapa banyak sekali orang yang ingin membudidayakan Pohon Angsana adalah tentu saja karena pohon Angsana ini memiliki banyak sekali manfaat.

Baca juga : Ketahuilah Beberapa Manfaat Pohon Angsana Bagi Lingkungan

Pohon Angsana ini memiliki manfaat untuk lingkungan, selain itu memiliki manfaat untuk berbagai macam industri misalnya saja untuk industri mebel, untuk industri kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Selain itu yang mungkin belum banyak diketahui, Angsana ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Sehingga banyak sekali orang yang berbondong-bondong untuk menanam Pohon Angsana ini.

2. Harga jual yang mahal

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: bibitbunga.com
Selain karena pohon ini memiliki banyak manfaat, Pohon Angsana juga banyak yang dibudidayakan karena pohon ini memiliki harga jual yang mahal. Hal ini bisa menjadi peluang bagi pebisnis dan menjadi salah satu investasi yang cukup berpotensi baik. Pohon Angsana ini kayunya dijual dengan harga tinggi di pasaran.

3. Mudah penanamannya

Alasan ketiga kenapa banyak sekali yang ingin membudidayakan Angsana adalah karena pohon ini cara budidaya dan penanamannya sangatlah mudah, hampir sama seperti budidaya jenis pohon kayu lainnya. Bagaimana Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini?

Tips Budidaya Pohon Angsana dengan Mudah

Jika sudah tahu alasan apa saja kenapa banyak orang yang ingin membudidayakan Angsana, sekarang kami akan memberitahu informasi mengenai bagaimana tips untuk budidaya Angsana dengan mudah. Berikut adalah tipsnya :

Baca juga : Berapa Harga Bibit Pohon Angsana Berkualitas?

1. Proses pembibitan

Dilakukan dengan cara menyemai biji di tempat persemaian yang telah disediakan. Anda bisa menggunakan pot atau polybag. Jika bibit Angsana sudah tumbuh mencapai 35 hingga 50 cm dan sudah cukup kuat maka selanjutnya Anda bisa menanamnya di tempat penanaman. Hasilnya adalah perkecambahan berupa epigeal. Dibutuhkan sekitar kurang lebih 3 bulan untuk mengubah benih menjadi kecambah.

2. Persiapan lahan

Yang kedua, setelah mendapatkan bibit maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan. Bersihkan lahan yang ingin Anda tanami Angsana dari tanaman pengganggu sehingga bisa mendapatkan tempat yang optimal.

Setelah lahan Anda bersihkan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menanam bibit dan pastikan supaya lahan dimana tempat Anda menanam bibitnya itu terbebas dari gulma.

3. Penyiraman dan pemupukan





Yang selanjutnya, Anda harus melakukan tahap penyiraman dan juga pemupukan yang dilakukan secara teratur dan intensif pada masa awal pertumbuhannya. Gunakan pupuk yang mengandung nitrogen tinggi seperti NPK. Ketika Angsana mulai berbunga, Anda harus menggunakan pupuk yang mengandung fosfor yang tinggi. Gunakan pupuk sesuai kebutuhan ya.

Itu tadi informasi penting yang bisa kami sampaikan mengenai tips untuk budidaya Pohon Angsana dengan mudah. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin melakukan budidaya Pohon Angsana. Pastikan untuk memilih bibit yang berkualitas ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Tips Untuk Budidaya Pohon Angsana Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel