Artikel Pilihan

Tips dan Trik Membeli Bibit Pohon Angsana yang Berkualitas

Seperti yang kita ketahui bahwa memilih bibit Angsana menjadi salah satu langkah utama dalam menentukan berhasilnya sebuah budidaya.

Maka jika Anda ingin melakukan budidaya tanaman Angsana dalam waktu dekat ini maka Anda harus memilih bibit Pohon Angsana yang tepat dan berkualitas sehingga pohon Angsana yang Anda hasilkan juga bisa berkualitas.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dan trik membeli bibit pohon Angsana yang berkualitas. Penasaran kan bagaimana tips untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Berapa Harga Bibit Pohon Angsana Berkualitas?

Ciri Ciri Pohon Angsana


1. Memperhatikan daun tanaman dahulu

Jika Anda ingin membeli bibit Angsana yang berkualitas maka kami sarankan supaya Anda mencarinya secara langsung saja, karena jika online maka Anda mungkin akan kesulitan untuk memeriksa kondisi asli dari si bibit Angsana.




Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menemukan bibit Angsana yang berkualitas adalah tentu saja dengan memperhatikan daunnya dulu, jika daun dari bibit Angsana berwarna hijau cerah dan kemudian bagian pucuk dari daun ini memiliki warna merah maka artinya bibit Pohon Angsana itu merupakan bibit yang sehat.

Namun jika bibit tersebut memiliki daun yang tergulung atau mungkin bentuknya keriting maka daunnya cacat dan kemungkinan tidak sehat. Jadi sebaiknya pilihlah bibit yang memang benar-benar sempurna daunnya dan memiliki warna hijau.

2. Memperhatikan bagian batang dan pangkal tanaman

Langkah kedua setelah Anda memperhatikan daun tanamannya, adalah Anda memperhatikan batang bagian pangkal tanamannya. Kenapa Anda harus memperhatikan batangnya? Karena batang ini bisa menggambarkan bagaimana kualitas dari tanaman ini ke depannya.

Jadi kami sarankan supaya Anda memperhatikan batangnya dulu sebelum membeli tanaman Angsana. Pilihlah batang yang ukurannya besar yang sesuai dengan rimbunnya daun karena biasanya bibit tanaman yang memiliki batang besar bisa lebih cepat tumbuh besar dan akan memiliki daun yang rimbun.

3. Memperhatikan cabang ranting tanaman

Tips dan trik membeli bibit pohon Angsana yang berkualitas yang ketiga adalah Anda harus memperhatikan cabang ranting tanamannya. Selain melihat daun dan juga batang dari tanaman Angsana, maka cabang ranting dari tanaman ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan ya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Di Alam Liar

Kami sarankan supaya Anda memilih tanaman yang lurus sejajar dan rimbunnya merata. Ranting yang rimbun merata. Karena cabang ranting yang seperti itu bisa menghasilkan pohon yang rimbun. Jadi mulai sekarang perhatikan dulu ya sebelum Anda membeli bibit tanaman Angsana atau Sonokembang.

4. Apakah terdapat jamur pada tanaman itu

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: kumparan.com
Sejak Anda membeli bibit tanaman tentu saja Anda harus memperhatikan apakah pada bibit tanaman yang akan Anda beli itu ada jamurnya atau tidak. Karena jika terdapat jamur tentu saja bisa mengganggu pertumbuhan dari pohon Angsana kedepannya bahkan bisa membuat tanaman Anda mati.

Oleh karena itu mulai dari Anda membelinya, maka perhatikanlah ranting atau batang tanaman. Jika pada batang atau rantingnya ada jamur berwarna putih maka artinya tanaman itu tidak baik dan tidak sehat.

Jadi kami sarankan supaya Anda jangan memilih tanaman yang ada jamurnya karena itu nantinya bisa mengganggu pertumbuhan. Tanaman yang tidak ada jamur merupakan salah satu ciri bibit unggul yang baik untuk ditanam.

5. Perhatikan kuncup rantingnya

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: tokopedia..net
Langkah kelima atau langkah terakhir yang harus Anda lakukan jika ingin memilih bibit Pohon Angsana yang berkualitas dan unggul adalah memperhatikan kucup rantingnya.




Ranting dari bibit Angsana yang unggul maka pada ujungnya akan muncul kuncup. Hal itu menandakan bahwa pertumbuhan pada tanaman berjalan dengan baik dan sempurna. Kuncup ini juga menjadi penanda bahwa tanaman Angsana yang Anda pilih akan sehat kedepannya.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai tips dan trik membeli bibit pohon Angsana yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Membeli Bibit Pohon Angsana yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel