Artikel Pilihan

Perbedaan Manfaat Pupuk NPK Super, Kebomas dan Hijau

Manfaat pupuk NPK yang tak perlu diragukan lagi membuat banyak petani yang memakai jenis pupuk satu ini. Pupuk ini mengandung unsur hara lengkap sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang tanaman. Apalagi ada banyak jenis pupuk NPK. Salah satunya beberapa jenis berikut ini.

1. Pupuk NPK Super

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK

Jenis pupuk satu ini merupakan pupuk majemuk yang biasa dipakai untuk tanaman sawit. Meski tidak direkomendasikan, tapi banyak juga yang memakai manfaat pupuk NPK super ini untuk tanaman lain. Unsur hara yang lengkap dan seimbang pastinya akan cocok bagi tanaman.

Selain itu, pupuk NPK super juga lebih efisien karena sifatnya yang slow release. Artinya pupuk terbuat dari bahan pengikat yang dapat meresap ke tanaman secara maksimal. Pemakaiannya juga praktis dan pastinya efisien dalam pemakaiannya.



Pupuk NPK super juga tidak berisiko untuk erosi atau hanyut terbawa arus. Apalagi pupuk ini juga mengandung unsur hara sekunder, primer dan mikro esensial yang diperlukan oleh tanaman sawit. Apalagi pupuk satu ini bisa meningkatkan kesuburan tanah.

Selain itu juga punya kandungan untuk mempermudah penyerapan dan juga penyaluran nutrisi oleh tanaman sawit. Pupuk satu ini juga dengan mudah menguraikan nutrisi yang masuk ke dalam tanaman. Pastinya hal ini akan efektif membuat tanaman mendapatkan nutrisinya.


2. Pupuk NPK Kebomas

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: helmakend.com
Melihat antusiasme petani dalam pemakaian pupuk ini, pemerintah juga akhirnya memproduksi pupuk bersubsidi. Sayangnya produksinya terbatas maka banyak orang yang mencari alternatif pupuk. Salah satu alternatif yang sering dipakai adalah NPK Kebomas.

Pupuk non-subsidi ini punya kualitas sama seperti pupuk bersubsidi yang diproduksi oleh PT. Petrokimia Gresik Export Quality. Pupuk jenis ini memang sudah terbukti dapat memaksimalkan dan meningkatkan hasil panen. Unsur hara mikro dan makro yang lengkap apalagi harganya juga terjangkau meskipun non-subsidi.

Lantas apa yang jadi manfaat pupuk NPK jenis ini? Pastinya pupuk NPK satu ini akan membuat tanaman jadi lebih hijau. Kandungan pupuknya akan meningkatkan butir-butir hijau pada tanaman. Butir hijau ini adalah kandungan vital dalam proses fotosintesis. Selain itu, kandungannya juga bisa mempercepat pertumbuhan bunga atau tunas.

Nantinya hasil dari bunga atau tunas itu akan lebih cepat masak. Hal ini akan membuat panen jadi lebih cepat. Selain itu, manfaat pupuk NPK juga bisa memperbesar jumlah buah dari setiap tangkainya. Tak hanya jumlahnya saja, pupuk ini juga bisa memperbesar ukuran dari hasil buah atau umbi.

Tanaman dapat menyerap unsur hara dari dalam tanah dengan lebih mudah dan maksimal dengan sistem akar yang lebih kuat. Maka manfaat pupuk NPK ini akan membantu mempercepat pertumbuhan akar tanaman. Hal ini juga membuat tanaman jadi lebih kuat dan dapat mencegah tanaman menjadi kerdil.

Tanaman yang lebih kuat berarti tidak mudah roboh dan juga minim resiko rontok. Hasil panen juga lebih tahan lama pada saat disimpan dan dikirim. Maka dari itu, banyak yang puas dengan hasil pupuk ini karena benar-benar meningkatkan hasil dan kualitas panen. Apalagi pupuk ini bisa diatur sesuai dengan kondisi lahan serta tanaman.


3. Pupuk NPK Hijau

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: bukalapak.com
Banyak pupuk NPK yang mengandung unsur lain selain nitrogen, fosfor dan kalium. Tapi pupuk hijau termasuk yang murni mengandung tiga unsur hara penting. Maka dari itu, manfaat pupuk NPK ini sangat penting untuk keseluruhan proses pertumbuhan tanaman.



Pertama adalah bisa memacu pertumbuhan baik generatif dan vegetatif. Kedua bisa membuat batang tanaman jadi lebih kuat sehingga tak mudah roboh. Pupuk ini juga membantu kelancaran proses pertumbuhan pati dan gula. Tak sampai situ saja, pupuk hijau juga bisa memacu pertumbuhan akar.

Hal ini akhirnya membuat tanaman jadi lebih sehat dan hijau. Daya tahan tanaman juga lebih tinggi sehingga dapat melindungi tanaman dari serangan penyakit dan juga kekeringan. Pada tanaman buah, pupuk ini bisa membantu memperbesar ukuran dan meningkatkan kualitasnya.

Kandungan protein juga akan meningkat dengan bantuan pupuk NPK hijau. Maka dari itu, banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya pupuk yang harganya terjangkau. Pastinya akan membantu keuntungan yang berlipat ganda.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Manfaat Pupuk NPK Super, Kebomas dan Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel