Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Menanam Bonsai Beringin Dengan Mudah?

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Bonsai beringin sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah karena akan membuat suasana jadi lebih sejuk. Bonsai beringin adalah versi kecil dari pohon beringin sehingga cocok ditanamkan di sekitaran rumah. Kalau anda ingin memiliki taman. Namun terkendala dengan lahan, tanaman inilah jawabannya.

Kebanyakan orang tidak berani menanam pohon mini ini karena mengira proses perawatan sangat sulit dilakukan. Sebenarnya menanam bonsai beringin tidak sulit asalkan anda sudah mengerti cara menanamnya dengan benar. Cara menanam tanaman yang satu ini juga cukup mudah.

Cara Menanam Bonsai Beringin Dengan Benar

1. Memilih Bibit

Proses penanaman sudah dimulai saat anda baru memilih bibit. Pilih bibit bonsai beringin yang kuat. Bagaimana caranya anda tahu kalau bibit tersebut kuat? Pilihlah yang berukuran besar dari pohon yang tidak terlalu banyak ranting.



Dalam tahap ini, kamu harus teliti agar bisa mendapatkan pohon beringin yang lebat nantinya. Ada dua cara untuk mendapatkan bibit beringin, yaitu mencangkok dari pohon atau membeli di toko tanaman.

2. Siapkan Pot

Hampir semua tanaman membutuhkan pot sebagai tempat tinggalnya, begitu juga dengan bonsai beringin. Khusus untuk tanaman ini, anda harus memilih pot yang cukup besar untuk tempat akarnya. Karena berasal dari pohon yang besar, akar beringin mini ini juga pastinya cukup besar.

Pot harus disiapkan dengan tanah yang bebas dari zat hara yang berlebihan agar tanaman ini mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda juga harus menyiapkan tanah yang pada agar dapat menopang akar hingga batang yang besar. Tambahkan kerikil kecil agar bagian akar tertutupi dengan sempurna.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

3. Memangkas Akar Bibit

Sebelum menanam bibit bonsai beringin ke dalam pot, anda harus memperhatikan bagian akar bibit terlebih dahulu. Anda dapat membersihkan akarnya dengan kuas jika ternyata kotor. Bersihkan secara teliti agar tidak ada kotoran yang tertinggal di akar bonsai.

Anda harus membersihkan kotoran dari akar agar ruang dalam pot menjadi tidak sempit. Hal ini berguna agar akar dapat terus tumbuh dan semakin kuat. Akar yang kuat dapat membuat pohon beringin jadi tampak lebih indah. Bila sudah membersihkan akarnya, segera tanam ke dalam pot yang sudah berisi dengan tanah.

4. Bentuk Batang Bonsai

Kelebihan bonsai beringin adalah anda dapat mengatur bentuknya sesuai dengan keinginan. Cara membentuknya juga sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mengikat rantingnya dengan kawat. Dengan kawat tersebut, anda dapat mengubah bentuknya sesuai dengan selera anda.

Anda harus menggunakan kawat berbahan stainless steel yang memiliki ukuran 3 milimeter. Kawat dililit dari bawah batang dengan sangat erat hingga membentuk sesuai keinginan. Namun, anda harus berhati-hati agar tidak merusak kulit batangnya.
Bonsai Beringin Juga Perlu Perawatan

Kalau anda berpikir bahwa tanaman ini adalah jelmaan dari pohon beringin yang kuat dan tidak memerlukan perawatan, sepertinya anda harus berpikir ulang. Meskipun merupakan bentuk kecil dari pohon yang kuat, bonsai beringin juga memerlukan perawatan yang intensif agar terus sehat dan bentuknya indah.

Anda harus memastikan kalau tanaman ini mendapatkan cukup nutrisi dengan cara memberikan pupuk. Bonsai beringin tidak memerlukan pupuk khusus. Anda hanya cukup memberikan pupuk dengan kandungan potasium, nitrogen, dan fosfor yang cukup.

Pohon mini ini memang membutuhkan cukup nutrisi agar tumbuh lebat. Namun, anda juga tidak boleh berlebihan memberikan pupuk. Agar tidak memberikan pupuk secara berlebihan, gunakan kantong teh untuk mengukur pupuk.



Apakah anda berpikir kalau perawatannya sudah selesai dengan memberikan pupuk? Anda salah karena anda masih harus memangkas daun-daun. Pohon beringin memang terkenal dengan daun yang cukup lebat. Namun, bonsai beringin yang terlalu lebat justru akan mengganggu pemandangan.

Karena bonsai adalah versi mini dan diperuntukkan sebagai tanaman hias, kamu harus rajin menata daunnya agar lebih enak dilihat.

Setelah mengetahui cara menanam bonsai beringin yang hanya dengan empat langkah, apakah anda masih berpikir kalau menanamnya sangat susah? Mungkin anda akan merasa kesulitan pada saat pertama kali mencoba menanamnya. Namun, lambat laun anda pasti akan jadi mahir.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Menanam Bonsai Beringin Dengan Mudah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel