Artikel Pilihan

Siapa Sangka, Tinta Pohon Ketapang Bisa Dibuat dengan Mudah

Pernahkah Anda mendengar produk tinta pohon ketapang? Wajar saja jika Anda belum pernah mendengar istilah produk ini. Namun untuk pernah menggunakan produk ini kemungkinannya cukup besar. Sebab saat kita menggunakan suatu produk kita hanya perlu menggunakannya tanpa perlu mengetahui asalnya bukan? Rupanya salah satu manfaat pohon ketapang untuk kehidupan manusia adalah bisa diolah menjadi tinta.

ciri ciri pohon ketapang

Kedengarannya menarik bukan? Tentu saja cukup menarik sebab pohon ketapang sendiri adalah pohon yang banyak ditemui di berbagai tempat dan sepertinya tidak ada unsur-unsur memberikan zat pewarna. Melalui bahasan ini anda akan menemukan Bagaimana pohon ketapang bisa memberikan manfaat sebagai zat pewarna dan zat apa yang memberikan manfaat ini.

Zat Pada Ketapang yang Digunakan Untuk Tinta

Tinta pohon ketapang tentu saja tidak dibuat dari seluruh bagian pohon ketapang itu sendiri. Hanya ada satu bagian dari pohon ketapang serta satu zat yang dikandungnya yang mana bisa digunakan untuk membuat tinta pohon ketapang. Bisakah Anda menebak bagian pohon manakah itu?

Jawabannya adalah pada bagian daunnya. Sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa daun pohon ketapang memang memberikan banyak sekali manfaat. Manfaat secara umumnya bisa digunakan sebagai perindang, penyejuk, hingga peneduh apapun atau siapapun yang ada di bawahnya. Karena manfaat ini pohon ketapang biasa dipilih untuk ditanam di sekitar jalan dan taman rumah.

Tentu saja tidak hanya itu saja. Daun pohon ketapang juga dimanfaatkan untuk peternak ikan dan mereka yang mencari pengobatan herbal. Fungsinya untuk peternak ikan adalah daun ketapang ini bisa memberikan dampak positif untuk ikan. Sedangkan untuk dunia medis pohon ketapang ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
ciri ciri pohon ketapang
Sumber : aquagreen.com
Namun bukan bahasan mengenai peternakan ikan maupun penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun ini, yang akan kita bahas adalah zat apa yang digunakan untuk  tinta pohon ketapang. Ada banyak sekali zat, senyawa, maupun unsur yang terkandung dalam daun pohon ketapang. Zat yang memberikan fungsi sebagai pewarna adalah zat tanin. Karena zat tanin ini daun pohon ketapang tidak hanya difungsikan sebagai pembuatan tinta saja, melainkan juga pembuatan batik dan pewarna pada penyamakan kulit.

Baca Juga :

Zat tanin adalah salah satu zat yang banyak ditemui di tumbuhan. Namun zat tanin di ketapang ini adalah zat tanin yang paling bisa difungsikan sebagai pewarna, salah satunya sebagai tinta pohon ketapang. Adapun warna yang bisa dihasilkan oleh zat tanin di daun ketapang adalah warna hitam.

Pengolahan Tinta Pohon Ketapang

Pembuatan tinta pohon ketapang ini tidak cukup sederhana. Warna yang diberikan sebagai tinta memanglah warna hitam. Namun warna yang bisa Ia berikan untuk pewarna penyamakan kulit adalah warna coklat dan kuning kecoklatan. Proses pembuatan pewarna atau lebih tepatnya tinta dari daun ketapang Ini membutuhkan waktu, bahan, serta peralatan laboratorium.

Bahan yang dibutuhkan tak lain adalah daun ketapang itu sendiri, etanol, metanol, dan aquades saja. Metanol dan etanol digunakan sebagai pelarut, sedangkan aquades digunakan sebagai pencuci hasil akhirnya nanti. Langkah pertama untuk membuat tinta pohon ketapang adalah membersihkan daun. Daun yang baru saja dipetik dari pohonnya pastilah akan sedikit kotor. Entah kotor karena hama, debu, maupun yang lainnya.

Setelah bersih barulah daun ini diekstraksi menggunakan metanol dan etanol. Proses ekstraksi Ini Membutuhkan waktu dari 3 sampai 4 jam. Proses ekstraksi ini memberikan hasil ekstraksi berupa zat tanin itu sendiri.

Menurut sumber yang valid, zat tanin yang dihasilkan dari proses ekstraksi ini kurang lebih 28 sampai 37 persen dari berat total daun ketapang yang diekstraksi. Dengan demikian Jika anda ingin membuat tinta pohon ketapang dengan daun sebanyak satu kilogram, maka tinta yang akan dihasilkan kurang lebih 280 sampai 370 gram.

Pembuatan tinta pohon ketapang tidak sampai di proses ekstraksi saja. Setelah itu masih diproses lagi dengan beberapa tahap sampai menghasilkan tinta yang benar-benar bisa digunakan. Satu hal yang sudah pasti adalah warna yang diberikan sebagai tinta adalah warna hitam.

Itulah beberapa informasi mengenai zat warna tanin yang terdapat pada daun pohon ketapang. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Siapa Sangka, Tinta Pohon Ketapang Bisa Dibuat dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel