Artikel Pilihan

Manfaat Pohon Ketapang Rindang Untuk Pengguna Jalan

Pohon ketapang yang rindang memiliki banyak manfaat, terutama untuk pengguna jalan. Memang benar pohon ketapang bisa hidup di berbagai tempat namun banyak juga ditemui di sekitar jalan.

Meskipun habitat asli dari pohon ketapang adalah di tepi pantai, untuk di sekitar jalan ada yang memang menanamnya namun ada juga yang tumbuh secara alami. Terlepas dari ditanam oleh seseorang atau tidak tetap saja pohon ketapang rindang memberikan manfaat. 

ciri ciri pohon ketapang

Pada bahasan kali ini akan dibahas mengenai manfaat pohon ketapang rindang. Namun sebelumnya lebih baik ketahui dulu apa yang membuat pohon ini rindang. Tidak hanya daunnya saja, ada beberapa bagian dari pohon ini yang membuatnya rindang.

Bagian Pohon Ketapang yang Membuat Rindang

Memang benar sifat rindang itu sendiri dihasilkan oleh bagian pohon seperti daun. Namun untuk Ketapang ini tidak hanya disebabkan oleh daun saja. Bagian pohon apa saja itu akan disebutkan berikut ini.

Akar

Akar dari pohon ketapang dinilai berkontribusi untuk membuat pohon ini rindang. Jika berbicara soal pohon ketapang yang ada di habitat aslinya akarnya ini bersifat kuat terhadap salinitas garam. Karenanya sebesar apapun ombak dan angin yang menyerangnya tetap saja pohon ini akan kuat. Sama halnya pohon ketapang yang ada di jalan, karena memiliki akar yang kuat dan tunggang pohon ini bisa menyokong pohon dengan cabang sebanyak apapun dan daun sebanyak apapun.

Batang

Batang lah yang membuat terus tumbuhnya cabang-cabang di pohon ini. Jika cabang terus bermunculan maka bisa dikatakan daun-daun pun juga semakin bermunculan. Lebih singkatnya semakin banyak cabang maka semakin banyak daun. Semakin banyak daun maka semakin pohon ketapang rindang.

Daun

Jika daun pohon ketapang dibandingkan dengan pohon tumbuhan lainnya maka akan ada perbedaan. Salah satu perbedaan yang adalah daun dari pohon ketapang lebih bisa memberikan kerindangan. Alasan akan pohon ketapang rindang adalah karena memiliki daun yang berukuran besar dan cukup tipis. 


Manfaat Pohon Ketapang Rindang Untuk Pengguna Jalan

Selain memberikan kerindangan untuk para pengguna jalan, masih ada lagi manfaat-manfaat lainnya yang perlu diketahui. Baik pengguna jalan atau tidak rasanya mengetahui apa saja manfaatnya akan menambah wawasan. Berikut beberapa manfaat pohon ketapang rindang untuk pengguna jalan.

Sebagai Perindang Sekaligus Penyejuk

Bisa dibandingkan suasana jalan yang sekitarnya ditumbuhi pohon ketapang dengan suasana jalan yang sama sekali tidak ada pohon ketapang. Jalan dengan pohon ketapang di sekitarnya akan terasa lebih sejuk. Jikalau hari itu adalah terik terik nya matahari maka Siapa saja yang menggunakan jalan tersebut tidak akan merasa terlalu panas alias biasa saja. 

Baca Juga :

Halnya dengan jalan yang tidak ditumbuhi pohon ketapang, rasanya akan cukup panas. Apalagi untuk pengguna jalan yang menggunakan kendaraan roda dua, pasti hal ini akan sangat terasa.

Peneduh

Manfaat yang satu ini sering dimanfaatkan untuk pemilik usaha di sekitar jalan. Mereka yang tidak memiliki biaya untuk membuatkan kanopi untuk kendaraan pelanggannya, pastilah memilih pohon ketapang. Dengan menanam pohon ketapang pohon ini akan memberikan manfaat sebagai peneduh untuk kendaraan-kendaraan pelanggan. Pengertian pelanggan tetap akan merasa nyaman setelah pulang dari sana. Manfaat ini akan sangat dirasakan oleh pengguna kendaraan roda dua.

Peminimalisir Polusi

Pohon ketapang itu sendiri dengan daunnya bisa memberikan keteduhan dan perindang. Namun rupanya manfaat tersebut lebih maksimal lagi hasilnya karena ada manfaat lainnya. Pohon ketapang juga memiliki manfaat sebagai peminimalisir polusi udara.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: jurnalasia.com
Tidak mungkin jika di jalan raya sama sekali tidak ada polusi udara. Sebab kendaraan kendaraan itu sendiri yang melintas pasti menggunakan bahan bakar yang mana menghasilkan residu yang menyebabkan polusi udara.

Pohon ketapang memberikan manfaatnya lebih maksimal karena selain sebagai perindang juga bisa sebagai peminimalisir polusi. Dengan demikian tidak hanya terasa rindang saja, pengguna jalan juga akan bisa bernafas dengan lebih nyaman.

Terlampau lengkap dan bisa diandalkan bukan pohon ketapang rindang ini? Tidak hanya untuk pengguna jalan saja, Anda yang tinggal di dekat jalan raya juga bisa menanam pohon ini untuk mengambil manfaatnya. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pohon Ketapang Rindang Untuk Pengguna Jalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel