Artikel Pilihan

Pohon Bidara, Dipercaya Bisa Menangkal Gangguan Sihir

Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan pohon yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk ditanam di rumah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah atau menghindari dari gangguan sihir dan jin. Selain itu juga, pohon ini memiliki khasiat dan manfaat yang cukup banyak.

Pohon ini asalnya memang tumbuh di area kering atau yang area yang memiliki air sedikit (daerah gurun). Buah pohon bidara bisa dimakan secara langsung atau bisa dijadikan manisan dengan mengeringkannya terlebih dahulu.

Mulai dari pohon, daun, akar, sampai kulitnya memiliki manfaat tersendiri, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit. Pohon ini mudah ditemukan di kebun liar sehingga biasanya orang tidak begitu memperhatikan keberadaannya atau bisa dibilang sebagai semak belukar saja.



Sehingga banyak orang yang menebang pohon tersebut secara asal saja. Pohon ini tumbuh di ketinggian 6 meter paling tinggi dan memiliki daun yang cukup lebat serta rindang. Uniknya, pohon muda dari bidara ini sudah bisa memiliki daun.

Setelah daun pohon bidara dipetik, maka selang beberapa waktu atau jam muncul daun lagi yang tumbuh dengan cepat. Sekarang banyak rumah yang sudah menanam pohon ini karena tahu akan manfaat dan khasiatnya.

Terdapat beberapa jenis pohon bidara yang perlu untuk diketahui, antara lain: Pohon Bidara Laut, Paohon Bidara Upas, Pohon Bidara Cina, Pohon Bidara Putsa atau Apel India, Pohon Bidara Arab atau Sidr.

Nabi Muhammad SAW pernah menggunakan pohon bidara ini di daerah Makkah dan Madinah. Jika dilihat dalam beberapa surat seperti Surat Saba’ ayat 16, Surat Al-Waqi’ah ayat 28, dan Surat An-Najm ayat 13-16, bisa dibilang bahwa pohon ini memiliki keistimewaan dalam memberikan manfaat.

Selain memberikan manfaat juga memberikan khasiat, baik di dunia maupun akhirat. Salah satu manfaat dan khasiat dari pohon bidara ini adalah dipercaya bisa menangkal gangguan sihir maupun jin. Hal tersebut bisa dilihat dalam penanganan atau pengobatan menggunakan ruqyah.

Dalam penggunaannya, membutuhkan tujuh lembar daun dari pohon bidara kemudian ditumbuk secara halus. Setelah itu, larutkan ke dalam air dan bacakan ayat kursi, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, Surat An-Nas, dan surat Al-Kafirun.

Jadi, intinya dalam pengusiran jin maupun gangguan sihir memang dilakukan dengan cara mengambil daun pohon bidara dalam hitungan ganjil dan dimasukkan ke air dalam gelas. Setelah itu diminumkan ke orang yang mendapatkan gangguan tersebut.

Baca Juga :

Tetapi sebelum meminumnya, memang air yang ada daun pohon bidaranya dibacakan dulu surat-surat yang sudah dijelaskan di atas tadi. Agar hasil maksimal, maka berserah diri kepada Allah SWT juga perlu. Pohon bidara ini sudah banyak yang membudidayakannya sehingga bisa dengan mudah ditemukan.

Selain membahas tentang pohon bidara yang dipercaya sebagai penangkal gangguan sihir atau jin, maka pada rubrik kali ini juga akan membahas tentang tanaman lain yang bisa juga menangkal gangguan tersebut, antara lain:

1. Pohon Kelor

daun kelor
Sumber: asset-a.grid.id
Pohon kelor memiliki daun yang aromanya menyengat dan baunya sangat khas. Banyak orang yang tidak suka dengan tanaman ini padahal jika dilihat secara lebih lanjut mempunyai manfaat dalam bidang mistis, yaitu bisa menangkal jin atau setan.

Dikatakan bahwa daun kelor bisa melemahkan maupun memusnahkan ilmu hitam yang dialamatkan kepada kita atau di rumah anda. Daun kelor juga memiliki manfaat untuk masakan enak yang bisa diolah dan untuk memandikan jenazah.

2. Pohon Tebu Ireng

tebu ireng
Sumber: tokopedia.net
Tanaman pengusir jin ini dikenal juga dengan nama pohon tebu wulung yang mana bukan jenis pohon tebu yang biasanya ditemukan di ladang. Banyak penduduk yang percaya jika menanam tumbuhan ini di depan rumah, bisa melindungi rumah dari gangguan ghaib maupun jin.

Itulah yang diyakini oleh orang Jawa sampai saat ini (masih ada yang percaya). Penanaman pohon akan lebih baik jika ditanam di halaman depan rumah (diletakkan seperti pagar rumah). Pohon tebu ireng yang memiliki daun warna hitam terbilang lebih ampuh efeknya dalam melindungi rumah.

3. Pohon Gaharu

pohon garu
Sumber: shopee.co.id
Pohon Gaharu dipercaya oleh umat Islam sebagai pohon yang berasal dari surga. Khasiat dari pohon ini sangat beragam, mulai untuk kebutuhan medis, aksesori, hingga untuk menangkal gangguan mistis. Jika dilihat dari segi mistis, pohon gaharu bisa mengusir jin.



Selain itu, juga bisa mengobati orang yang terkena gangguan sihir seperti santet dan teluh. Pohon gaharu juga memiliki sisi nilai ekonomisnya yang tinggi karena di pasaran harga kayu berkualitas tinggi hingga mencapai ratusan juta rupiah per kilogramnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai pohon bidara, yang dipercaya bisa menangkal gangguan sihir. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Pohon Bidara, Dipercaya Bisa Menangkal Gangguan Sihir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel