Artikel Pilihan

11 Manfaat Daun Pohon Bidara bagi Kesehatan Tubuh

Ciri Ciri Pohon Bidara

Indonesia terkenal akan obat tradisionalnya yang manjur selain Cina. Banyak yang meneliti bahwa tanaman-tanaman yang dijadikan obat tradisional di negara ini memang kebanyakan berkhasiat, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Benefit dari khasiat tersebut bisa dilihat dalam pohon bidara, yang mana mulai dari daun, buah, sampai kulit pohonnya memiliki manfaat masing-masing. Sebelum ke pembahasan inti, anda perlu tahu secara umum tentang pohon bidara.
Ciri Ciri Pohon Bidara
Sumber: digitaloceanspaces.com
Pohon bidara adalah pohon kecil yang selalu hijau dan sudah menyebar ke wilayah subtropis maupun tropis. Pohon ini mampu beradaptasi di berbagai kondisi cuaca, yang terpenting adalah berada di kondisi udara panas dengan suhu antara 37-48 derajat celcius.



Untuk itu, kali ini rubrik akan membahas tentang manfaat daun pohon bidara bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Memberikan Perlindungan bagi Tubuh dari Penyakit Berbahaya

Selain menjadi pengobatan alternatif, daun pohon bidara juga bisa mencegah timbulnya tumor. Karena selain mengandung fenolat, pohon bidara juga bisa bertindak sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti jamur, dan anti mikroba.

2. Mencegah Efek Radiasi Sinar Matahari terhadap Tubuh

Khasiat dari daun ini adalah melindungi sel DNA agar tidak rusak karena terkena radiasi sinar matahari. Karena kita ketahui sendiri, bahwa sinar radiasi matahari membuat berbagai masalah terhadap kesehatan, salah satunya adalah munculnya sel kanker (melanoma).

3. Bisa Menenangkan Saraf

Daun bidara bisa menenangkan saraf dengan memunculkan sifat anti cemas dan sedatif saat mengonsumsi ataupun memakainya. Selain itu juga, bisa memperbaiki koordinasi dan respon serta memiliki sifat hipnotis.

4. Bisa Mengatasi Konstipasi

Jika anda sedang mengalami sembelit, minum rebusan dari daun bidara setiap hari bisa meredakan masalah pencernaan tersebut. Coba saja deh.

5. Bisa Melawan Sel Kanker dalam Tubuh

Daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga bisa melawan pertumbuhan sel kanker tertentu yang ada di tubuh. Pernyataan ini baru terbukti di penelitian laboratorium, belum diujicobakan kepada manusia.

6. Bisa Meredakan Demam

Daun bidara memiliki kandungan antipiretik yang mana kandungan tersebut bisa menurunkan suhu tubuh. Sehingga kandungan tersebut bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit demam. Untuk negara India, daun bidara digunakan untuk obat diare, malaria, hingga kencing manis. Di negara Malaysia, daun bidara digunakan untuk obat sakit perut.

7. Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka

Dengan mengkonsumsi daun bidara, bisa mempercepat penyembuhan luka yang terjadi. Luka tersebut lebih ditujukan kepada kulit. Hal tersebut bisa dilakukan karena daun bidara mempunyai kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat baik dalam mempercepat proses regenerasi kulit.

Kandungan senyawa glikosida bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka tersebut antara lain luka lecet, tersayat, atau tergores. Selain bisa dilakukan dengan meminum air rebusannya, cara penyembuhan juga bisa dengan mengoleskan daun pada lukanya.

Bisa dengan cara lain pula, yaitu dengan mengambil bubuk ekstrak dari daun bidara dan kemudian dicampur sedikit dengan air hingga menjadi pasta. Balurkan pada area kulit yang terluka.


8. Bisa Menjaga Kesehatan Bibir dan Mulut

Daun bidara juga bisa menjaga kesehatan bibir dan mulut, yaitu bibir pecah-pecah dan sariawan. Kandungan antioksidan yang dipunya, bisa menghalau bakteri yang menetap di mulut dengan mengusirnya.

9. Bisa Menyembuhkan Sakit Maag dan Sistem Pencernaan

Daun bidara bisa menyembuhkan sakit maag dan meredakan berbagai penyakit lambung yang ada. Manfaat daun bidara ini terasa dengan mengeluarkan racun di dalam pencernaan. Selain itu juga mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

10. Bisa Mengatasi Kesulitan Tidur

Daun bidara mempunyai manfaat dalam mengatasi gangguan tidur (insomnia). Adanya kandungan saponin dalam daun ini bisa memberikan efek ketenangan bagi penggunanya. Alternatif lain adalah bisa mengkonsumsi teh daun bidara. Selain itu, dengan mengonsumsi daun bidara juga bisa meningkatkan kualitas tidur.



11. Bisa Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

Adanya ketidakseimbangan hormon menyebabkan haid para wanita tidak lancar. Jika anda mengalaminya maka cobalah untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pihak medis. Kaitannya dengan daun bidara, daun tersebut bisa menyeimbangkan hormon dan melancarkan haid.

Nah, itulah 11 manfaat daun pohon bidara bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "11 Manfaat Daun Pohon Bidara bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel