Artikel Pilihan

Minyak Nabati Dengan Sejuta Khasiat

ciri ciri pohon minyak zaitun

Banyak orang yang kini mulai sadar tentang pentingnya gaya hidup sehat. Akhir-akhir ini mulai bermunculan berbagai cara untuk menjaga pola hidup sehat tersebut. Mulai dari olahraga secara rutin hingga memilih dan memilah bahan-bahan yang mereka konsumsi.

Salah satu bahan yang menjadi sumber makanan yaitu minyak. Minyak ini seringkali dijadikan sebagai bahan untuk menggoreng, bahan tambahan dalam kue serta penambah cita rasa pada makanan. Kini, semakin banyak yang mulai beralih ke minyak nabati yang penuh dengan khasiat. Tidak lain adalah Minyak zaitun.

Sejak beratus-ratus tahun yang lalu, minyak zaitun telah dikenal sebagai sumber makanan yang multifungsi. Tak hanya sebagai sumber makanan, melainkan sebagai sumber penerangan di malah hari juga bisa. Berbagai pengobatan juga memanfaatkan minyak zaitun ini.

Asal Muasal Minyak Zaitun

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: m.dailyhunt.in
Minyak zaitun merupakan minyak nabati yang berasal dari tanaman. Tanaman tersebut yaitu tanaman zaitun. Minyak ini didapatkan dengan cara memeras buah zaitun yang sudah tua. Proses pemerasan dan penyulingan minyak zaitun cukup sederhana. Namun, semakin banyak proses penyulingan, hasil dari minyak yang didapatkan juga semakin jernih.

Pohon zaitun sendiri berasal dari daerah Mediterania, Timur Tengah dan Eropa. Tanaman ini bisa hidup dalam waktu yang cukup lama. Bisa dalam waktu ratusan bahkan ribuan tahun. Tak hanya itu, dalam usia pohon yang sudah tua sekalipun, pohon ini tetap mampu menghasilkan buah zaitun setiap musimnya.


Khasiat Minyak Zaitun

1. Sebagai sumber energi

Sudah banyak artikel yang menyebutkan bahwa minyak zaitun disarankan bagi mereka yang sedang diet. Minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai campuran pada makanan, salah satunya yaitu salad. Ada pula yang menyarankan mengganti minyak kelapa dengan minyak zaitun ini.

Secara kandungan nutrisi, minyak zaitun mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan jenis minyak yang lain. Selain itu, minyak zaitun tidak mengandung lemak jenuh. Hal ini membuat minyak zaitun lebih baik dibandingkan jenis minyak yang lainnya. Namun, perlu diingat bahwa sebenarnya proses pemanasan pada minyak zaitun mampu merusak kandungan gizi di dalamnya.

2. Mengurangi risiko diabetes

Di dalam minyak zaitun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga, penggunaan minyak zaitun ini dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Serta dapat mengontrol kinerja insulin yang berlebihan.

Baca Juga :

3. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol

Dengan adanya kandungan lemak tidak jenuh yang cukup tinggi, minyak zaitun hanya memberikan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan lemak yang mengendap. Kolesterol ini disebabkan lemak-lemak yang mengendap dalam darah.

Akibatnya, terjadi penyempitan pembuluh darah. Selanjutnya dari penyempitan pembuluh darah ini dapat memicu penyakit jantung terutama serang jantung mendadak. Dengan konsumsi minyak zaitun ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan jumlah kolesterol yang berlebihan.

4. Minyak untuk pijat

Minyak zaitun selain dikonsumsi juga bisa digunakan untuk bagian luar tubuh. Salah satunya adalah pijat. Kehangatan dari minyak zaitun ini mampu membuat tubuh lebih rileks. Selain itu bahan ini tidak berbahaya bagi kulit. Bahkan bisa mlembabkan kulit secara alami. Kulit kering dapat dikurangi dengan menggunakan minyak zaitun ini.

5. Menghaluskan kulit dan mengurangi penuaan dini

Pasti anda sudah sering menjumpai berbagai produk kecantikan yang memanfaatkan minyak zaitun di dalamnya. Tak jarang juga dapat ditemui minyak zaitun yang diproduksi khusus untuk kecantikan. Minyak zaitun ini bisa melembabkan kulit secara alami.

Keriput-keriput juga bisa dihambat pertumbuhannya dengan menggunakan minyak zaitun. Bagi para penderita jerawat, minyak zaitun mampu membuat jerawat lebih cepat kering dan selanjutnya lebih cepat sembuh tanpa meninggalkan bekas. Penggunaan minyak zaitun di bagian wajah secara rutin, mampu mencegah penuaan dini.

Selain beberapa khasiat tersebut, minyak zaitun juga bisa menangani kondisi migraine, mengurangi risiko stroke, mengatasi masalah rambut kering dan menurunkan risiko terjadinya kanker.

Dengan demikian bahwasannya minyak zaitun memang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh atau digunakan pada bagian luar tubuh. Ekstrak khasiat dari alam sepadan dengan harganya yang cukup tinggi beserta khasiat yang diberikan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Minyak Nabati Dengan Sejuta Khasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel