Artikel Pilihan

Yuk, Menanam Pohon Zaitun Sendiri Selama di Rumah Aja

ciri ciri pohon  zaitun

Tanaman yang merupakan penghasil utama minyak zaitun ini, akhir-akhir ini memang sedang booming di kalangan masyarakat. Pasalanya, harga buah zaitun sendiri harganya semakin meningkat dari hari ke hari. Pasokan buahnya cenderung menipis akibat wabah yang menyerang pohon zaitun di daerah Eropa bagian selatan. Daerah ini merupakan pemasok utama buah zaitun di seluruh dunia.

Sedangkan konsumen produk olahan hasil tanaman zaitun ini semakin banyak. Apalagi dipengaruhi dengan berbagai khasiat yang diberikan oleh buah zaitun ini. Minyak zaitun sendiri juga telah dipercaya mampu menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung dan kolesterol. Sedangkan untuk orang-orang yang sedang diet, minyak zaitun dijadikan salah satu alternatif nutrisi untuk memenuhi kebutuhan kalori mereka.


Keunggulan Budidaya Zaitun

Tanaman zaitun sudah sejak lama menjadi primadona dalam menghasilkan sumber makanan. Tanaman ini juga dipercaya bisa menghasilkan keberkahan. Tak hanya itu saja, harga jual produk olahan zaitun ini juga cukup tinggi di pasaran.

Di sisi lain, bagi anda yang masih di ruamah saja jangan sia-siakan waktu dengan hanya tergeletak lemas di kasur. Jika tidak ingin olahraga yang terlalu berat, anda bisa menggunakan salah satu kegiatan seperti menanam zaitun ini di rumah. Keluarnya keringat dari dalam tubuh saat beraktifitas, dapat meningkatkan metabolisme serta menjaga kestabilan tubuh juga.

Bagi anda yang sudah memiliki buah hati, kegiatan semacam ini bisa menjadi alternatif aktifitas bersama anak yang menyenangkan dan tidak memerlukan biaya yang besar. Selama sang anak masih belajar di rumah, ia juga bisa diberikan berbagai informasi tentang tanaman, ekosistem dan lingkungan. Dengan hal ini tentu bisa meningkatkan kecintaan anak pada alam dan senantiasa menjaga lingkungan.

Menanam zaitun bisa menjadi investasi masa depan yang cukup menjanjikan. Tanaman ini bisa bertahan hidup hingga ratusan tahun. Bahkan setelah usianya mencapai ratusan tahun itu, pohon ini bisa tetap produktif menghasilkan buah.

Hasil yang bisa dimanfaat kan dari tanaman zaitun di antaranya yaitu buahnya bisa dimakan saat masih segar ataupun setelah diproses menjadi minyak dan juga ekstrak daun zaitun baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa membuat minyak zaitun sendiri di rumah denga hasil panen yang anda miliki. Selanjutnya minyak zaitun ini bisa anda jadikan sumber makanan maupun untuk menjaga kesehatan kulit.
ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: suaramuslim.net


Cara Menanam Tanaman Zaitun di Rumah

Tanaman zaitun biasa hidup di tempat yang panas. Tanpa air yang berlimpah pun, tanaman zaitun bisa tetap tumbuh dengan subur. Sehingga cukup mudah untuk dibudidayakan di rumah.

Di Indonesia sendiri, tanaman zaitun lebih cocok hidup di dataran rendah dengan jumlah intensitas cahaya matahari yang cukup banyak. Lima tahun pertama adalah masa terpenting yang menentukan kehidupan pohon zaitun ini. Dan dalan lima tahun tersebut, tanaman membutuhkan jumlah sinar matahari yang cukup agar tidak mati.

Baca Juga :

Mula-mula sebelum menanam, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beriku ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan. Bahan yang dibutuhkan:
  1. Bibit pohon zaitun
  2. Pupuk kompos
  3. Sekam
  4. Tanah
Anda bisa memilih antar menggunakan bnibit pohon zaitun yang sudah tumbuh atau menanam sendiri dari benih zaitun. Tentu terdapat tingkat kesulitan yang berbeda di antara keduanya.
Berikut ini langkah-langkah penanaman pohon zaitun.
  1. Siapkah polybag/pot yang berukuran sedang cenderung besar. Akar pohon zaitun membutuhkan tempat perambatan yang cukup luas.
  2. Masukkan media tanam ke dalam polybag/pot yang telah disediakan. Tanah, sekam dan pupuk kompos dicampurkan dengan perbandingan 1:1:1.
  3. Bibit tanaman zaitun diletakkan dalam media.
  4. Berikan air secukupnya.
  5. Pastikan pohon zaitun terletak di tempat yang terkena sinar mathari langsung.
  6. Penyiraman hanya perlu dilakukan satu kali sehari. Setelah lima belas hari, bisa diberikan tambahan pupuk. Jika tanaman sudah tumbuh lebih besar, tanaman boleh dipindahkan ke pot yang lebih besar.
Pohon zaitun yang tumbuh dengan baik bisa mulai berbunga setelah 5 tahun. Pohon ini akan menghasilkan buah pada musimnya.

Selain itu, pohon zaitun juga bisa dijadikan tanaman hias di rumah sebagai tanaman bonsai. Bonsai zaitun bisa memiliki harga jual yang tinggi juga. Keindahan pada batangnya yang melilit seringkali menjadi incaran para kolektor tanaman hias.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Yuk, Menanam Pohon Zaitun Sendiri Selama di Rumah Aja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel