Artikel Pilihan

Kebiasaan Baru Dengan Setengah Sendok Makan Minyak Zaitun Setiap Hari

ciri ciri pohon minyak zaitun

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya pola hidup sehat. Olahraga yang cukup, nutrisi yang terpenuhi hingga tidur yang berkualitas menjadi kunci utama terwujudnya pola hidup sehat tersebut. Untuk memulai pola hidup sehat tersebut, bisa dilakukan dari membentuk kebiasaan.

Salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan yaitu mengonsumsi setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari. Dengan banyaknya khasiat dalam minyak zaitun, tak ayal membuat harganya cukup tinggi. Memangnya boleh konsumsi minyak zaitun setiap hari? Lalu, apa khasiatnya? Mengenal minyak zaitun
ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: suaramuslim.net
Minyak zaitun merupakan cairan yang dihasilkan dari proses ekstraksi buah zaitun. Biasanya buah zaitun yang sudah tua berwarna ungu kehitaman, diproses untuk membentuk minyak zaitun ini. Sedangkan yang masih muda bisa dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah. Namun, kini ada juga yang mengawetkan buah zaitun dalam kaleng sehingga lebih praktis dan tahan lama.

Buah zaitun dihasilkan dari pohon zaitun (Olea europeae) yang memiliki habitat asli daerah panas. Pohon zaitun mampu tumbuh mencapai 5 hingga 10 meter. Buahnya kecil berbentuk bulat dengan warna hijau hingga ungu. Bunganya berbentuk terompet kecil berwarna putih disertai dengan sedikit bulu-bulu halus di sekitarnya. Akarnya bisa memanjang hingga tujuh meter.



Daunnya berwarna hijau keperakan. Sedangkan dahannya sendiri berbentuk keriput yang melingkar. Akibat daun ini yang bisa berwarna hijau dalam waktu yang lama, pohon zaitun bisa disebut dengan pohon hijau abadi. Walau sudah tua, pohon ini masih bisa tetap produktif.


Konsumsi Setengah Sendok Makan Minyak Zaitun

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: discover.com.gr
Dengan mengonsumsi setengah sendok makan zaitun saja, bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berdasarkan penelitian dari Journal of the American College of Cardiology, mencoba melakukan percobaan kepada 61ribu lebih wanita serta 31ribu lebih pada pria. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa mereka yang berusi lebih dari 24 tahun, memiliki penyakit kardiovaskular.

Baca Juga :

Setelah menyesuaikan kondisi antara usia, kebiasaan, kegiatan sehari-hari, riwayat penyakit, serta penggunaaan alcohol dan obat-obatan, dilakukan penelitian kepada orang-orang tersebut. Ada orang yang diberikan minyak zaitun dengan dosis setengah sendok makan per hari dan juga ada yang tidak.

Selanjutnya, didapatkan hasil bahwa orang-orang yang mengonsumsi paling tidak setengah sendok makan sehari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular sebanyak 14%. Hasil lain juga menyatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun tersebut, memiliki 18% risiko lebih rendah terkena penyakit jantung coroner.

Konsep utama dalam memulai kebiasaan ini yaitu mengganti minyak hewani dan juga margarin yang berasal dari hewan. Dengan menggunakan minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak kacang, minyak jagung hingga minyak zaitun. Namun, sebenarnya di dalam minyak kelapa sendiri terdapat kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi. Sehingga, penggunaan minyak zaitun dapat mengurangi kandungan lemak jahat dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme.

Kebiasaan konsumsi minyak zaitun dapat dimulai kapanpun asal konsisten. Coba terlebih dahulu selama 21 hingga 40 hari untuk minum setengah sendok makan minyak zaitun setiap pagi hari. Jika tidak terlalu suka mengonsumsi minyak secara langsung, minyak zaitun juga dapat dicampurkan dalam berbagai makanan yang lain. Seperti misalnya diolah menjadi salad.

Akan tetapi, jika anda berencana menggoreng makanan dengan minyak zaitun, harus dipikirkan dengan matang terlebih dahulu. Pasalnya proses pemanasan seperti menggoreng ini dapat merusak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam minyak zaitun. Minyak zaitun lebih baik dikonsumsi tanpa melalui proses pemanasan.

Kebiasaan mengonsumsi minyak zaitun dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Dalam tubuh yang sehat, juga akan terdapat jiwa yang kuat. Memulai pola hidup sehat, tak hanya mengubah pola makan serta mengubah bahan makanan yang dikonsumsi. Melainkan juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur, pola tidur yang berkualitas dan konsumsi alkohol maupun rokok yang dikurangi.

Dengan menjaga kesehatan tubuh, bukan hanya diri anda sendiri yang memperoleh manfaatnya, tetapi juga keluarga anda serta orang-orang terdekat anda. Ingin mencoba memulai kebiasaan konsumsi minyak zaitun setengah sendok makan setiap hari mulai besok? Selamat mencoba ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kebiasaan Baru Dengan Setengah Sendok Makan Minyak Zaitun Setiap Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel