Artikel Pilihan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bunga Kemuning

Ciri Ciri Bunga Kemuning

Siapa yang tidak mengenal Bunga Kemuning? Tanaman cantik dengan aroma semerbak harum yang mampu membuat area sekelilingnya menjadi menenangkan. Tanaman Kemuning ini dapat Anda temukan biasanya ditanam di daerah teras atau pekarangan rumah.

Ternyata, tidak hanya Tanaman Bonsai Serut saja yang bagus untuk dijadikan hiasan. Bunga Kemuning juga dapat menampilkan keelokannya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengenalan, asal-usul, khasiat kandungan, dan Bunga Kemuning.

Bunga Kemuning

Tanaman ini bisa dikatakan menjadi dua kategori yaitu tanaman pohon dan tanaman bunga. Bunga Kemuning merupakan salah satu tanaman tropis yang memiliki tinggi mencapai 5 meter. Untuk batang kayu dari tanaman ini berwarna kuning dan daunnya berukuran kecil.

Baca juga : Daftar Harga Bunga Bougenville Berbagai Jenis Update Terbaru

Banyak yang menyebutkan jika Bunga ini hampir mirip dengan melati. Hanya saja pembedaan warna Kemuning lebih kuning dari Bunga Melati.Tanaman ini memiliki buah yang berwarna hijau ketika dalam keadaan mentah. Ketika buah tersebut sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi warna merah.




Asal-Usul Bunga Kemuning

Ciri Ciri Bunga Kemuning
Sumber: faunadanflora.com
Asal-usul dari Bunga Kemuning dipercaya dari seorang raja yang hidup pada zaman dahulu. Raja ini memiliki anak yang diberi nama macam-macam warna. Mulai dari merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebagainya. Terdapat seorang putri berwarna Kuning yang kesehariannya sangat suka merawat tanaman bunga di area kerajaan.

Lalu, putri ini dibunuh oleh kakaknya dan dikubur dalam area taman kerajaan. Hal ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Namun, karena Putri Kuning ini adalah sosok yang baik maka bunga yang tumbuh pada area putri dikubur tumbuh dan memiliki warna kuning disertai aroma yang sangat harum.

Khasiat Kandungan Bunga Kemuning

Manfaat dan khasiat kandungan yang ada di dalam Bunga ini sangat baik untuk kesehatan. Sebagai obat tradisional, Kemuning dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti radang, haid, infeksi saluran kencing, keputihan, batuk, sakit gigi, asma, dan lain sebagainya. Untuk pembuatan sebagai obat, Bunga Kemuning termasuk salah satu tanaman yang mudah dalam pembuatannya. Berikut adalah manfaat dari bagian tanaman Bunga Kemuning :

1. Akar dan Batang

Batang dari Bunga Kemuning ini memiliki tekstur yang sangat kuat. Selain itu, batangnya berwarna kuning indah yang membuat Anda akan terpana ketika melihatnya. Kayu dari Tanaman ini biasanya digunakan untuk ukiran dan pipa rokok.

Baca juga : Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya

Beberapa seniman menjadikan Tanaman Kemuning ini sebagai media apresiasi seni rupa. Namun, untuk harga dari kayu tanaman ini sedikit mahal mengingat jangka waktu berkembangnya tanaman ini cukup memakan waktu yang sangat lama.

2. Aroma Bunga

Jika Anda menanam bunga ini di area pekarangan rumah maka pastikan bahwa tempat tersebut memiliki aroma yang sangat wangi. Banyak yang menyukai bau aroma Tanaman Berbunga ini. Aroma yang dihasilkan sangat unik yang dapat menyebabkan pikiran menjadi rilex dan fresh.

Bunga ini juga biasanya dijadikan seperti parfum atau pengharum ruangan. Jika Anda merupakan seorang peneliti, Aroma Bunga Kemuning ini bisa dicampurkan dengan bahan kimia pengharum lainnya. Selama ini, belum ada efek negatif ketika orang menggunakan parfum dari Bunga Kemuning.

Bonsai Tanaman Kemuning

Jika berbicara mengenai Tanaman Bonsai Serut, Kemuning juga dapat dijadikan Bonsai yang indah. Namun, dalam penanamannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk membuat Bonsai Kemuning sama halnya dengan membuat Bonsai tanaman lainnya. Proses awalnya adalah melakukan pencangkokan dan menyemai benih Bunga kemuning.

Sudah menjadi tekanan jika proses pencangkokan harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, akan membuat masalah baru pada Tanaman Bonsai yang akan ditanam. Untuk perkembangan tanaman ini hingga menjadi Bonsai, diperlukan waktu selama berpuluh-puluh tahun. Inilah yang menyebabkan harga jual dari Bunga Kemuning ini sangat tinggi.




Itulah penjelasan lengkap mengenai pengenalan hingga cara membuat Bonsai Tanaman Kemuning. Semua Pembonsai memang dituntut untuk selalu bersabar mengingat semua proses harus dilakukan satu persatu. Selain itu, setiap proses harus ada titik fokus dan ada space waktu untuk berhasil dan berkembang.

Semua tanaman Bonsai akan berhasil kerdil dan menarik jika Pembonsai rajin merawatnya mulai dari penanaman hingga perawatan tahap akhir. Gunakan vitamin dan juga obat untuk menjaga keindahan dan kestabilan dari Tanaman Bonsai Kemuning.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Tentang Bunga Kemuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel