Artikel Pilihan

Maraknya Pohon Gaharu Liar Tanpa Sertifikat Resmi

Pohon gaharu liar biasanya tumbuh di area kehutanan yang tersebar di Nusantara. Umumnya pohon ini tumbuh dengan baik di wilayah Nusantara bagian barat. Gaharu yang memiliki ciri dan karakteristik unik ini sekarnag ini banyak dicari. Pohon gaharu liar banyak diburu orang untuk bisa dimanfaatkan demi melakukan pemenuhan kebutuhan manusia. Bahkan kayu gaharu kian menjadi komoditi perdagangan yang banyak dikenal oleh berbagai negara di belahan dunia.

ciri ciri pohon gaharu

Karakteristik

Pohon gaharu liar sebenarnya merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Maka tak heran bila pohon gaharu bisa tumbuh dengan sangat baik di wilayah Nusantara ini.

Sebenarnya gaharu sendiri merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Anda mungkin bisa menjumpai banyak gaharu di pulau Kalimantan dan Sumatra. Namun tak menutup kemungkinan bahwa tanaman ini juga bisa tumbuh di daerah lainnya seperti di berbagai negara tetangga kita yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Adanya permintaan pasar dari dunia terhadap tanaman gaharu ini tentu sangat menguntungkan bagi Indonesia.

Ciri Pohon Gaharu Liar

Tanaman gaharu sebenarnya sangat terkenal. Terlebih lagi kayu gaharu yang merupakan bagian dari pohon ini. Gaharu memiliki aroma yang sangat khas. Wanginya cukup berbeda dengan yang lain sehingga gaharu ini seringkali dijadikan sebagai bahan pembuat wangi-wangian seperti misalnya parfum. Tidak hanya aromanya saja yang khas tetapi tanaman gaharu juga memiliki ciri atau karakteristik yang cukup membedakannya dengan tanaman lainnya. Seperti misalnya warna batangnya yang coklat keputih-keputihan.

Namun pohon gaharu liar umumnya memiliki warna yang kehitaman. Kayu sebagai hasil dari batang pohon gaharu banyak dicari orang sehingga lebih mudah dikenali. Pohon gaharu yang tumbuh secara liar seperti misalnya di area kehutanan umumnya bisa tumbuh tinggi hingga mencapai ketinggian antara 35 sampai 40 meter. Sedangkan diameter batangnya rata-rata 60 cm. Daunnya juga memiliki ciri tersendiri yaitu memanjang dan meruncing. Sedangkan buahnya berwarna kemerahan serta memiliki permukaan kulit yang agak berbulu.


Berkualitas Tinggi

Pada dasarnya pohon gaharu bisa menghasilkan kayu dengan kualitas tinggi. Memang sejak lama kayu gaharu dikenal berkualitas baik sehingga banyak diinginkan orang. Terlebih lagi aromanya yang khas membuat pohon tersebut menjadi tampak lebih menarik bagi kebanyakan orang.

Pohon gaharu sendiri sebenarnya memiliki dua tingkat kualitas. Ada yang berkualitas tinggi atau super dan ada yang berkualitas rendah. Tentunya gaharu berkualitas tinggi atau super memiliki aroma yang lebih kuat pada bagian kayunya. Selain itu warna gaharu berkualitas super umumnya hitam pekat. Warna hitam ini merata sehingga pohon gaharu bisa dikenali dengan lebih mudah.

Baca Juga :

Banyak Manfaat

Tanaman gaharu dikenal kaya akan manfaat. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pohon gaharu. Salah satunya adalah kayu dari batang pohon yang bisa dibuat hingga menjadi apa saja. Kayu bisa dijadikan sebagai bahan pembuat mebel karena kayu tergolong berjenis kuat. Selain itu serpihan kayunya bisa diolah hingga menjadi minyak.

Dalam proses penyulingan minyak tentu akan dihasilkan limbah gaharu yang kemudian bisa difungsikan sebagai bahan pembuat kosmetik serta bahan pembuat hio atau dupa. Tidak hanya kayunya saja tetapi daun dan buah gaharu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Anda bisa mengolah daun atau buahnya menjadi ekstrak gaharu atau teh gaharu sehingga bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan Anda.

Tidak Bersertifikat

Pohon gaharu liar memang sering kali tidak memiliki kejelasan pemilik apalagi adanya sertifikat resmi dari pemerintah. Tak hanya masyarakat dalam negeri saja yang memburunya tetapi juga masyarakat dari negara lain. Kenyataan inilah yang membuat gaharu semakin berkurang keberadaannya sehingga terancam punah. Untuk mengantisipasi hal ini maka tanaman gaharu digolongkan sebagai jenis tanaman yang bersertifikat. Tanaman ini dilindungi dan harus dibudidayakan dengan baik mengingat bahwa begitu besar manfaat yang bisa diberikannya.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: akurat.co
Dari informasi di atas, maka cukup jelas bahwa keberadaan pohon gaharu liar sebaiknya dilindungi dan dibudidayakan dengan optimal. Apabila diperlukan sebaiknya ada campur tangan pemerintah dan dinas pertanian terkait. Sehingga nantinya dapat diperdagangkan resmi dan memberikan manfaat bagi semua masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Maraknya Pohon Gaharu Liar Tanpa Sertifikat Resmi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel