Artikel Pilihan

Kisah Pohon Pinus Putih yang Kini Dikenal Sebagai Pohon Damai

Pohon pinus punya berbagai banyak jenis. Ada pinus merah, pinus hitam, dan juga pinus putih yang disebut oleh penduduk asli Amerika sebagai Pohon Damai. Pohon pinus ini memiliki nama latin pinus strobus dan merupakan pohon pinus asli dari Amerika bagian timur.

Kapten George Weymouth dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris membawa bijinya ke Inggris dari Maine pada 1605. Setelah itu, pohon pinus ini dijuluki sebagai pohon damai dan Cemara Weymouth. Namun, daun pinus putih dan serbuk sarinya sendiri ditemukan oleh Dr. Brian Axsmith, seorang paleobotani di Universitas South Alabama, di Dataran Pesisir Teluk. Ironisnya, di sana pohon pinus ini sudah tidak muncul kembali.

Hutan pinus putih timur awalnya menutupi sebagian besar Amerika Utara-tengah dan timur laut. Hanya satu persen dari hutan tua yang tersisa setelah operasi penebangan luas di abad ke-18 hingga awal abad ke-20. Hutan tua ini dilindungi di Taman Nasional Pegunungan Great Smoky.




Sedangkan kebun kecil atau spesimen individu dari pinus putih timur yang tumbuh tua sebenarnya ditemukan di berbagai spesies di AS, termasuk di Ordway Pines, Maine, Ice Glen, Massachusetts, dan Adirondack Park, New York. Banyak situs dengan spesimen besar yang mencolok mewakili suksesi ekologi lapangan tua yang maju.

Sebagai spesies yang diperkenalkan, Pinus strobus sekarang menaturalisasi di subdivisi Karpathia Barat Luar Pegunungan Carpathian di Republik Ceko dan Polandia selatan. Pohon pinus putih ini akhirnya telah menyebar dari spesimen yang ditanam sebagai pohon hias.

Baca juga : Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun

Pinus strobus ditemukan di hutan berdaun lebar sedang dan hutan campuran di Amerika Utara bagian timur. Pohon pinus putih ini lebih suka tanah yang berdrainase baik atau berpasir dan iklim lembab, tetapi juga dapat tumbuh di daerah berawa dan dataran tinggi berbatu.

Di hutan campuran, pohon dominan ini menjulang di atas banyak pohon lainnya, termasuk beberapa kayu keras berdaun lebar. Pohon pinus putih menyediakan makanan dan tempat tinggal bagi banyak burung hutan, seperti palang merah, dan mamalia kecil seperti tupai.

Cara Menanam Pohon Pinus Putih

Jika seseorang telah memutuskan untuk menanam pohon pinus putih, perlu melakukan perawatan agar bisa tumbuh dengan baik. Sejatinya Pohon Pinus putih adalah pepohonan yang indah dengan kebiasaan anggun. Daun yang berbentuk jarum tumbuh subur dengan panjang 7,5-12,5 cm, membuat pohon terlihat lembut dan menarik.

Ciri Ciri Pohon Pinus

Pinus putih ini adalah jenis pohon pinus spesimen halus, tetapi juga bisa berfungsi sebagai tanaman latar, mengingat dedaunannya yang hijau. Pohon-pohon pinus ini tumbuh dalam bentuk pohon Natal piramidal, dengan cabang-cabang berjenjang muncul di sudut kanan dari batang utama.

Sebelum mulai menanam pinus putih di halaman belakang, pastikan kondisi dan lahan untuk menanam sudah sesuai pertumbuhan yang optimal untuk pohon pinus ini. Pohon-pohon tidak akan tumbuh subur di lokasi yang buruk. Jadi, sebaiknya menyiapkan lahan tanam yang sesuai agar pertumbuhannya maksimal.

Pohon pinus putih memerlukan tanah yang kaya, lembab, berdrainase baik, yang sedikit asam. Idealnya, situs yang dipilih untuk pinus putih harus mendapat sinar matahari penuh, tetapi spesies mentolerir naungan.

Baca juga : Pohon Pinus Longleaf Bisa Hidup Hingga 500 Tahun Lamanya

Jika menanam di lokasi yang tepat, perawatan pohon pinus putih tidak sulit. Ukuran pohon adalah bagian penting dari informasi pohon pinus putih.

Perawatan Pohon Pinus Putih

Ciri Ciri Pohon Pinus
Sumber: nativewildflowers.net
Namun, jika halaman belakang rumah kecil, sebaiknya hindari menanam pinus putih. Pohon itu dapat tumbuh setinggi 24 meter dengan penyebaran 12 meter . Kadang-kadang, pinus putih tumbuh hingga 45,5 meter atau lebih. Jika ukuran tipis pohon pinus putih adalah masalah, pertimbangkan salah satu kultivar yang lebih kecil yang tersedia dalam perdagangan.




Perawatan pohon pinus putih termasuk melindungi pohon dari kondisi yang akan merusaknya. Spesies ini dapat terluka oleh angin musim dingin, polusi udara, dan es dan salju. Sangat rentan terhadap karat lepuh pinus putih, penyakit yang dapat membunuh pohon. Baik gooseberry dan semak-semak kismis liar mengandung karat. Jika menanam pinus putih, maka sebaiknya singkirkan semak-semak ini dari area penanaman.

Itulah kisah tentang pohon pinus dan sering juga disebut sebagai pohon natal dan bisa hidup subur dengan perawatan yang baik.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Kisah Pohon Pinus Putih yang Kini Dikenal Sebagai Pohon Damai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel