Artikel Pilihan

Keunggulan Hingga Manfaat Pupuk NPK Zamrud untuk Tanaman

Sebagai seorang petani tentunya memastikan tanaman mendapatkan asupan nutrisi adalah hal utama. Pada saat bertani, seseorang harus memperhatikan banyak aspek agar panen berhasil. Misalnya mulai dari memilih bibit, merawatnya hingga proses panen itu sendiri.

Semua proses memainkan peran penting termasuk pemberian pupuk. Ada banyak jenis pupuk yang bisa ditemui di Indonesia. Salah satu jenis yang kerap dipakai adalah pupuk NPK. Pupuk yang kaya akan unsur hara ini masih menjadi idola bagi para petani.

Unsur hara merupakan unsur yang sangat dibutuhkan tanaman. Maka ini jadi alasan mengapa tanaman menggunakan media tanah untuk bertumbuh karena memiliki unsur hara yang baik untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, unsur hara juga dapat menunjang perkembangan tanaman secara maksimal.



Dari sederet pupuk NPK yang ada di pasaran, salah satu pupuk unggulan adalah pupuk NPK Zamrud. Ada banyak kandungan di dalamnya yang memberikan banyak manfaat untuk perkembangan tanaman. Penasaran sebenarnya apa saja keunggulan serta manfaat dari pupuk NPK Zamrud?

Mengenal Pupuk NPK Zamrud

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Zamrud

Sebelum mengetahui manfaat hingga keunggulannya, kamu perlu tahu sebenarnya apa kandungan di dalam pupuk ini. Secara umum, pupuk NPK Zamrud masuk ke dalam golongan pupuk NPK 16-16-16. Apa artinya? Pupuk ini memiliki kandungan natrium, phospat dan kalium sebanyak 16%. Tentu saja dengan kandungan dari tiga unsur hara tersebut akan membantu pertumbuhan tanaman.

Selain karena unsur hara yang terkandung dalam pupuk NPK Zamrud, sifat dari pupuk ini adalah mudah larut dalam air. Petani akan lebih diuntungkan karena tanaman akan lebih maksimal dalam menyerap nutrisi. Selain itu, sifatnya yang netral juga tidak berpengaruh terhadap tingkat keasaman pada tanah.

Manfaat Pupuk NPK Zamrud

Pupuk satu ini memang bermanfaat dari proses vegetatif alias saat pembentukan akar, daun hingga batang. Salah satu manfaat yang cukup terkenal adalah ia dapat memperkuat akar tanaman. Selain itu, ia juga dapat mempercepat pertumbuhan akar serta memperpanjang pertumbuhannya. Dengan begitu tanaman ini dapat menyerap hara dengan lebih efektif.

Manfaat berikutnya ternyata pupuk ini bisa mencegah tanaman kerdil. Dengan begitu tanaman jadi bisa tumbuh lebih besar, cepat dan kuat. Pastinya tanaman seperti ini akan menghasilkan panen berlimpah. Selain itu, pupuk ini bahkan bisa membantu pertumbuhan tunas. Ia dapat mempercepat dan membuat sehat tunas yang muncul.

Pupuk juga membantu proses fotosintesis sehingga proses pembentukan protein dan gula dalam tanaman akan jauh lebih meningkat. Hal ini bisa memperbaiki kualitas dari panen buah itu sendiri. Selain itu, pupuk ini juga dapat mengurangi kerontokan yang umumnya terjadi pada buah dan bunga. Dengan begitu dapat meningkatkan kualitas dari hasil panen. Pendapatan petani juga dapat meningkat tajam.


Keunggulan Pupuk NPK Zamrud

Setelah memahami manfaatnya, pupuk yang berbentuk granul ini punya banyak keunggulan. Utamanya adalah kandungan unsur hara tadi. Namun ada keunggulan lain yang perlu diketahui yaitu juga dilengkapi dengan unsur hara belerang serta magnesium.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: 99.co
Kandungan nutrisi yang lengkap ini juga sifatnya mudah diserap oleh akar tanaman sehingga tidak ada jenis nutrisi yang sulit terserap. Di samping itu, pupuk NPK Zamrud juga punya keunggulan bisa dipakai untuk semua jenis tanaman. Jadi petani tidak perlu takut membeli pupuk dengan kemasan 50 kilogram sekalipun karena bisa dipakai di berbagai tanaman.

Selain itu, pupuk ini juga cocok dipakai pada kondisi iklim dan lingkungan apapun. Ia dapat menyesuaikan kondisi lahan. Selain itu, pupuk ini juga bisa menjamin kualitasnya karena teknologi pemupukan yang berimbang. Ini menjadi salah satu kunci hasil panen yang berkualitas.



Pupuk NPK Zamrud juga diakui bisa meningkatkan efektivitas dalam proses pemupukan. Apalagi ia juga mempunyai sifat agronomis yang membuat petani untung. Apalagi penggunaannya yang mudah membuat petani tak perlu repot-repot mencari jenis pupuk yang sesuai.

Ternyata pupuk NPK Zamrud memang memiliki segudang keuntungan terutama bagi petani. Tak hanya kandungannya saja yang memang dibutuhkan oleh tanaman tetapi proses pemakaiannya mudah. Bahkan pupuk juga bisa dipakai di berbagai situasi dan lingkungan. Dengan begitu petani akan lebih efektif dan efisien khususnya dalam biaya produksi.

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Hingga Manfaat Pupuk NPK Zamrud untuk Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel