Artikel Pilihan

Manfaat Pupuk NPK Phonska Plus yang Disenangi Petani

Petani pastinya ingin memilih pupuk yang terbaik supaya tumbuh kembang tanaman bisa berjalan dengan baik. Nah, salah satu jenis pupuk yang disukai adalah pupuk NPK Phonska Plus. Sebenarnya apa keunggulan, manfaat serta kandungannya?

Kandungan Pupuk NPK Phonska Plus

Bisa dibilang jenis pupuk ini merupakan pupuk baru yang diluncurkan pada 2016 oleh PT. Petrokimia Gresik. Dalam pengemasannya, pupuk ini bisa didapat dalam bentuk 25 kilogram. Bentuknya yang granul dan warna putih memiliki sifat higroskopis alias mudah larut di dalam air. Ia juga mengandung unsur hara makro yang lengkap.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska Plus
Beberapa kandungannya antara lain nitrogen, fosfat, kalium dan juga ditambahkan zat lain seperti sulfur atau zinc. Nah, penambagan unsur zinc atau seng ini yang membedakan pupuk Phonska dengan Pupuk Phonska Plus. Pihak pabrik menambahkan unsur zinc karena 50% kondisi lahan pertanian khususnya Indonesia mengalami kekurangan unsur zinc.



Selain itu, banyak juga manusia yang mengalami kekurangan zinc pada tubuh. Maka dari itu jika buah dan sayur yang dikonsumsi juga mengandung zinc tinggi maka dapat memenuhi asupan pangan pada manusia juga. Penambahan unsur hara satu ini ternyata berdampak cukup besar ya.

Keunggulan Pupuk NPK Phonska Plus

Nah pastinya kamu mungkin penasaran sebenarnya apa yang menyebabkan pupuk NPK Phonska Plus banyak dipilih oleh petani. Faktor pertama adalah sifatnya yang higroskopis. Ternyata pupuk ini bisa menyerap dan mengikat air dalam bentuk molekul dari udara bebas. Sehingga bisa membuat pupuk ini jadi mudah cair sehingga dapat dengan mudah diserap oleh bagian akar tanaman.

Sifatnya yang mudah larut dalam air membuat pupuk ini jadi memudahkan petani dalam mengaplikasikannya. Selain itu, pupuk ini juga jadi lebih efisien dan efektif karena tidak ada zat yang terbuang sia-sia. Secara umum, pupuk ini tak hanya dipakai dengan cara dikocorkan saja tetapi juga bisa langsung ditebar. Hal ini disesuaikan dengan jenis tanamannya.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska Plus
Sumber: ahli-pengetahuan.web.id
Keunggulan berikutnya adalah dari segi kandungan pupuk itu sendiri. Pupuk NPK Phonska Plus memiliki kandungan unsur hara makro primer. Bahan ini merupakan salah satu unsur hara terpenting bagi tanaman. Maka dari itu, tanaman juga lebih baik dalam pertumbuhannya.

Unsur nitrogen dalam pupuk ini juga membawa manfaat lain pada tanaman terutama perkembangan batang, akar dan daun atau yang biasa disebut dengan pertumbuhan vegetatif. Selain itu, ia memiliki kandungan phospor dengan bentuk P205. Kali ini kandungannya dapat membantu pembentukan buah dan bunga sehingga hasil panen lebih baik.

Selain itu, pupuk NPK phonska Plus juga mengandung K20 alias kalium yang punya manfaat untuk meningkatkan daya tahan tanaman. Sering kali tanaman pertanian diserang oleh penyakit, hama bahkan kekeringan. Hal ini akan membuat petani rugi karena berisiko gagal panen. Maka petani sangat senang memakai pupuk yang membuat tanaman jauh lebih kuat.

Kandungan sulfur dalam pupuk NPK Phonska Plus juga menjadi salah satu alasan pupuk ini banyak dipakai. Biasanya setelah panen, tanaman akan disimpan agar bisa dikirim ke pelanggan. Nah, terkadang banyak tanaman yang tidak tahan sehingga jadi cepat busuk. Pupuk ini berfungsi untuk menjaga kesegaran tanaman tersebut pada saat selesai panen.

Sementara itu, pupuk ini juga mengandung unsur zink yang sangat membantu memaksimalkan kandungan unsur lain dalam pupuk. Di samping itu, ia juga berfungsi membantu perkembangan tanaman di dalam proses pembentukan buah dan biji. Kandungannya juga membantu melindungi tanaman dari hama dan penyakit terutama dalam fase pertumbuhan akar, daun, batang hingga buah dan bunga.



Kandungan zinc juga termasuk kandungan yang memainkan peran penting dalam menjaga ketahanan tanaman. Secara umum, pupuk NPK Phonska Plus dapat meningkatkan jumlah, bobot dan kualitas hasil panen itu sendiri. Maka tak heran banyak petani yang memilih pupuk ini sebagai pupuk pilihan.

Itu dia sederet hal seputar pupuk NPK Phonska Plus yang berguna bagi petani. Pastinya pemilihan pupuk sangat memainkan penting dalam keberhasilan panen. Riset dan percobaan yang tepat sangat dibutuhkan dalam pemilihan pupuk.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pupuk NPK Phonska Plus yang Disenangi Petani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel