Artikel Pilihan

Khasiat Buah yang Dihasilkan dari Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara akan menghasilkan buah yang berbeda-beda tergantung jenis bibit yang anda tanam. Kalau anda menanam bibit pohon bidara Cina, anda akan mendapatkan buah yang berwarna merah, pohon bidara Laut menghasilkan buah berwarna kuning, sedangkan pohon bidara Apel India menghasilkan buah berwarna hijau seperti apel muda.

Buah-buah tersebut juga dapat digunakan menjadi bibit pohon bidara lagi. Selain itu, buah tersebut juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Obat ini dipercaya bisa mencegah penyakit hingga mengobati penyakit. Bukan hanya penyakit ringan, penyakit berat juga bisa diobati. 

Khasiat Buah Bidara Selain Menjadi Bibit Pohon Bidara 

Manfaat Pohon Bidara

1. Membuat Tulang dan Gigi Lebih Sehat 

Buah bidara memiliki kandungan berupa fosfor, kalsium, dan kalium yang berguna untuk membentuk tulang yang lebih kuat. Ketiga zat tersebut bisa membuat tulang tumbuh dengan besar bila dikonsumsi oleh anak kecil hingga remaja. 

Selain itu, kandungan tersebut juga berguna untuk memperbaiki gigi yang rusak. Kalau anda rajin makan buah bidara, kamu akan memiliki gigi yang kuat dan putih bersih. 

2. Melancarkan Peredaran Darah 

Peredaran darah yang kurang lancar bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Anda membutuhkan zat besi untuk melancarkan peredaran darah. Beruntungnya anda yang sudah menanam bibit pohon bidara karena buah dari tanaman ini mengandung zat besi. 

Selain kaya akan zat besi, tanaman yang satu ini juga akan vitamin dan mineral lain yang berguna untuk membantu peredaran darah. Memperlancar peredaran darah mungkin tidak cepat. Namun dengan rutin mengkonsumsi buah ini, penyakit anda akan lebih cepat sembuh. 

3. Membantu Meredakan Sakit Maag 

Sakit Maag bisa disebabkan oleh kadar asam lambung yang meningkat karena anda telah makan. Bila anda harus telat makan, buah bidara bisa menjadi pengganti makanan anda sebagai cemilan. 

Bibit pohon bidara ini menghasilkan buah yang bisa menghambat kenaikan asam lambung hingga penyakit maag anda dapat terobati. 

4. Melancarkan Pencernaan 

Buah bidara tidak hanya bisa menghilangkan sakit maag. Namun, juga bisa memperlancar pencernaan karena tinggi akan kandungan serat. 

Buah yang bisa dijadikan bibit pohon bidara ini memiliki serat sebanyak 0,6 gram setiap bijinya. Angka tersebut cukup tinggi untuk ukuran buah bidara yang kecil. 

5. Melawan Penyakit Kanker 

Antioksidan dan karotenoid cukup banyak terkandung di buah bidara. Kedua zat tersebut sangat cocok untuk melawan kanker. Sel kanker bisa ada karena kesalahan sistem dalam tubuh anda. 

Untuk mencegah kesalahan tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah bidara dengan rutin. Selain melawan kanker, antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. 

6. Mencegah Penyakit Jantung 

Sebelumnya, anda sudah tahu kalau buah ini cocok untuk melancarkan peredaran darah untuk mencegah penyakit jantung. Rupanya, bibit pohon bidara juga menghasilkan buah yang bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan cara lain. 

Caranya adalah dengan kandungan beta karoten yang cukup banyak dalam buah ini. Beta karoten berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga anda bisa terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular. 

7. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Buah bidara juga mengandung glikemik yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Zat tersebut sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. 


8. Meredakan Penyakit Asma 

Beta karoten dari bibit pohon bidara juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah oksigen di paru-paru anda sehingga risiko terserang penyakit asma jadi berkurang. Bila anda memiliki riwayat penyakit ini, rutin makan buah bidara bisa mengurangi asma untuk kambuh lagi. 

Anda bisa mencari buah bidara yang sudah matang dan langsung memakannya atau diolah terlebih dahulu menjadi berbagai jenis makanan yang lain. 

9. Meredakan Luka Bakar 

Selain kandungan yang berguna untuk melawan berbagai penyakit dalam yang berbahaya, ternyata buah bidara juga memiliki zat yang bisa melawan berbagai penyakit luar. Salah satunya adalah luka bakar. 

Bibit pohon bidara ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar karena mengandung anti bakteri yang lumayan kuat. Pemakaian zat ini secepat mungkin saat anda mendapatkan luka bisa mencegah penyakit infeksi. 

Khasiat Bibit Pohon Bidara untuk Kecantikan

Manfaat Pohon Bidara
Sumber: sukabumiupdate.com
Buah bidara memiliki banyak sekali manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya yang mungkin menyerang anda. Namun, hasil dari bibit pohon bidara ini juga bermanfaat bila dipakai sebagai produk kecantikan. 

Anti bakteri yang terkandung di buah ini juga bisa digunakan untuk mengurangi jerawat di muka. Tidak hanya mengurangi, bibit pohon bidara ini juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu di muka. 

Bagi anda yang ingin melakukan perawatan wajah, anda bisa menggunakan buah yang satu ini sebagai masker. Berbagai kandungannya sangat berguna untuk membuat kulit lebih mulus dan lembab. 

Tumbuk beberapa buah dari bibit pohon bidara dan campurkan dengan air. Oleskan di seluruh muka dan tunggu hingga kering. 

Mendengar manfaat dari buah dan bibit pohon bidara pastinya membuat anda semakin ingin memiliki tanaman yang satu ini. Memakan buah ini secara rutin memang memberikan banyak sekali manfaat. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Buah yang Dihasilkan dari Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel