Artikel Pilihan

Jenis-jenis Bunga Matahari

ciri ciri pohon bunga matahari

Bunga matahari merupakan jenis bunga paling populer, biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Faktanya, bunga dari famili Astereceae ini memiliki diameter bunga berukuran besar. Rata-rata diameter bunga matahari mencapai 30 cm dengan kelopak berwarna kuning cerah dan polos. Banyak yang mengira bunga satu ini hanya ada satu jenis saja. Berikut jenis-jenis bunga matahari dengan masing-masing keindahan berbeda.

Karakteristik bunga matahari memiliki banyak tabung pada setangkai bunga dengan jumlah mencapai 2.000 buah. Keunikan bunga matahari berasal dari kelopak bunga yang selalu menghadap sinar matahari dan mengikuti pergerakannya. Fenomena pergerakan bunga ini dinamakan helitropisme.


Jenis-jenis Bunga Matahari

Bunga yang dapat tumbuh hingga ketinggian 3 sampai 5 meter ini tergolong sebagai tanaman hias raksasa. Simak ulasan jenis-jenis bunga matahari berikut yang dinilai paling cantik.


1. Giant Sun Gold

Jenis ini dapat tumbuh tinggi hingga 1 meter dengan diameter bunga 15 cm. Setiap batang bunga matahari Sun Gold dapat bertahan dalam 2 bulan. Ciri khasnya terletak pada bentuk bunga terlihat memiliki 2 lapis kelopak bunga.


2. Cherry Rose

Cherry Rose merupakan bunga matahari dengan warna berbeda yakni perpaduan warna. Memiliki bagian bunga kecil terdiri atas warna cokelat kehitaman. Sementara, bagian kelopak berwarna kemerahan atau ungu.


3. Autumn Beauty

Autumn Beauty dinobatkan sebagai salah satu spesies bunga matahari yang tercantik. Ciri khasnya menyajikan warna berbeda pada tiap bunga. Seperti warna oranye, kecoklatan, kuning, dan kemerahan. Disinyalir jenis ini dapat tumbuh mencapai tinggi 170 cm dengan diameter bunga 15 cm. Kelopak bunganya bisa mekar dalam waktu 75 hari.


4. Earth Walker

Warna dari jenis bunga matahari Earth Walker dapat dikatakan berbeda dari jenis lain. Idealnya memadukan perpaduan tiga warna yakni kuning, merah, dan hitam atau coklat. Earth Walker disinyalir dapat tumbuh hingga ketinggian 270 cm.

Baca Juga :

5. Fiesta Del Sol

Jenis Fiesta Del Sol rupanya tidak kalah cantik dari bunga matahari jenis lain. Adapun ciri khas tanaman ini terletak pada warna bunga merah pekat dan cerah. Fiesta Del Sol tersebut dapat tumbuh tinggi hingga 80 cm dengan lebar bunga maksimal 10 cm.


6. Teddy Bear

Bunga matahari jenis satu ini diambil dari nama boneka beruang. Dilihat dari kelopak bunga mengembang dan membentuk diameter hingga 17 cm. Jenis Teddy Bear dapat tumbuh hingga ketinggian 90 cm.


7. Early Russian

Bunga matahari Early Russian bila dilihat dari berwarna kuning cerah sama seperti warna lain. Selain itu, terdapat bunga-bunga kecil pada bagian tengah dengan warna kecoklatan. Ciri khas dari jenis ini adalah ukurannya yang raksasa, dapat tumbuh hingga sampai ketinggian 3 meter. Kelopak bunga matahari Early Russian pun lebar sekitar 30 cm.


8. Big Smile

Big smile bukanlah jenis bunga matahari berukuran raksasa, kebalikannya bunga ini berukuran mungil. Sehingga banyak yang memeliharanya menjadi tanaman hias dalam pot. Umumnya, Big Smile dapat tumbuh hingga ketinggian 40 cm dan menghasilkan 4 buah bunga dalam satu tanaman. Rata-rata diameter bunga Big Smile sekitar 10 cm.


9. Red Sun

ciri ciri pohon bunga matahari
Sumber: hijaukan.com
Red Sun diselimuti dengan warna merah dan gradasi kehitaman. Ukurannya pun tergolong raksasa, dapat tumbuh hingga ketinggian 150 cm dan diameter bunga 15 cm. Waktu mekar dari bunga jenis ini kurang lebih selama 75 hari.


10. Moonwalker

Bunga matahari jenis ini menyajikan warna kuning muda yang sedikit pudar. Dilihat dari segi ukurannya pun cukup besar, dapat tumbuh hingga ketinggian 170 cm dan diameter bunga 15 cm.

11. Music Box

Music Box disinyalir menjadi salah satu bunga dengan pola warna yang unik dan cantik. Gradasi warna bunganya sangat menawan yakni perpaduan kuning, coklat, dan kemerahan. Diameter kelopak bunga sekitar 10 cm dan dapat tumbuh hingga ketinggian 50 cm.

Setiap jenis bunga matahari memiliki ciri khas tersendiri yang menambah kecantikan bunga. Terlebih lagi ketinggian bunga bervariasi, mulai dari ukuran kecil hingga dikategorikan raksasa.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Bunga Matahari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel