Artikel Pilihan

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma (Epiphyllum anguliger)

ciri ciri pohon bunga wijaya kusuma

Bunga wijaya kusuma dikenal dengan nama Sang Ratu Malam. Sesuai dengan aktifitas bunga tersebut terjadi saat malam hari. Contohnya waktu bunga bermekaran dan mengeluarkan aroma yang kuat hanya ketika malam tiba.

Banyak masyarakat membudidayakan tanaman satu ini karena cara menanam dan perawatannya mudah. Seperti ini cara menanam bunga wijaya kusuma efektif dan mudah.

Sesungguhnya jenis bunga ini memiliki gerakan skototropisme. Di mana tanaman bergerak justru menjauhi cahaya matahari. Proses fotosintesis bunga wijaya kusuma hanya terjadi pada malam hari.

Ciri paling menonjol yakni memiliki mahkota bunga dengan ukuran cukup besar dan warnanya putih gading. Sementara, daun dari bunga wijaya kusuma berbentuk pipih dengan ujungnya terdapat lekukan kecil yang keras.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

ciri ciri pohon bunga wijaya kusuma
Sumber: grid.id
Langkah paling efektif menanam bunga ini menggunakan media tanam dalam pot bunga. Ikuti cara berikut agar berhasil dan memperoleh bunga yang sangat indah.

1. Proses Pembibitan

Tahapan paling awal melakukan pembibitan bunga yakni pemisahan terlebih dahulu. Dimana memisahkan rumput akar dengan rumput bibit. Caranya dengan memisahkan bibit dari tanaman indukan agar dapat dikembangbiakan. Tips mengetahui bibit tanaman dari indukan yang ideal dengan melihat apakah bunga tanaman tumbuh lebat, dari ketinggian, dan kesuburan.


2. Media Penanaman

Usai memilah bibit, barulah memulai proses mengolah media tanam. Persiapkan dahulu sebongkah tanah. Selain itu, mempersiapkan humus, pupuk organik, dan pasir menggunakan perbandingan 3:1:1:2. Semua bahan media tanam ini hendaknya dicampurkan dan diaduk agar merata.

3. Proses Menanam

Memasuki proses menanam bunga wijaya kusuma ternyata tidak sulit seperti yang dibayangkan. Tanaman bunga ini masih satu keluarga dengan tanaman katkus. Pertama, memasukkan bibit berkualitas dari tanaman indukan yang dipilih dan masukkan dalam tanah.

Adapun kedalaman peletakan bibit kira-kira 5 cm. Tutup kembali bibit tersebut menggunakan tanah dan langsung diratakan. Semprotkan air pada tanah yang berisi bibit tersebut menggunakan spay agar air tidak menggenang.

4. Tips Perawatan

Perawatan bunga wijaya kusuma tidak begitu, hanya saja yang wajib diperhatikan penyiraman airnya. Jangan sampai tanaman ini tergenang air karena cepat membusuk. Sedangkan, apabila kekurangan air mengakibatkan pertumbuhan tanaman bunga wijaya kusuma kurang baik. Apabila musim hujan tiba pindahkan pot tersebut ke tempat teduh agar terhindar dari air hujan.

Baca Juga :

5. Penyiraman

Dosis penyiraman air terhadap bunga wijaya kusuma tidak perlu berlebihan. Cukup menyiramkan satu hari sekali ketika musim kemarau tiba agar tidak kekurangan air. Penyiraman juga wajib dilakukan dengan teratur. Namun, saat musim hujan tiba pinggirkan tanaman agar tidak terkena banyak air hujan.

6. Pemupukan

Bunga wijaya kusuma juga wajib diberikan pupuk organik. Baik itu berbahan dasar tumbuhan maupun dari kotoran binatang. Jangka waktu pemberian pupuk pada bunga wijaya kusuma per 2 minggu sekali. Berikan pupuk secara teratur agar dapat bertumbuh dengan baik.

7. Penyiangan

Lakukan penyiangan tanaman agar menghindari dan mencegah berbagai hama tanaman. Siangi juga tanaman ini dari gulma dan tanaman parasit disekitar media tanam agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Disamping itu, semprotkan juga insektisida dan fungisida secara teratur. Sesuaikan dosisnya agar tidak terlalu berlebihan. Bersihkan ranting dan daun pada daerah-daerah tanaman yang disinyalir terkena penyakit.

Demikian cara menanam bunga wijaya kusuma berikut tips perawatannya. Bunga yang terlihat eksotis ini dapat ditanamkan pada pekarangan maupun pinggiran rumah menggunakan pot. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma (Epiphyllum anguliger)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel