Artikel Pilihan

Cara Budidaya Tanaman Bunga Aster

ciri ciri pohon bunga aster

Bunga Aster disebut sebagai salah satu bunga terindah yang dapat tumbuh di Indonesia. Cukup dengan bibit bunga dalam satu wadah sudah dapat bertunas dan tumbuh. Dapat dilihat pada pekarangan rumah masyarakat Indonesia banyak yang membudidayakan bunga ini. Cara budidaya tanaman bunga Aster juga terbilang mudah.

Umumnya tanaman dapat bertahan dalam waktu 1 hingga 2 tahun. Selain bunganya yang cantik, ternyata tanaman ini mudah beradaptasi dengan lingkungan. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan lahan harus sejuk dan tinggi seperti bunga Mawar dan bunga Krisan. Bunga Aster juga dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam pada dataran rendah.

Asal tanaman bunga Aster dari Tiongkok, ditemukan beberapa jenis bunganya yang menyerupai bunga matahari dan bunga kertas. Sementara, warna bunga Aster beragam, mulai dari biru, putih, hingga ungu.

Cara Budidaya Bunga Aster

ciri ciri pohon bunga aster
Sumber: teknikbudidaya.com
Cara budidaya bunga Aster berikut ini diterangkan dengan lahan tanam pekarangan rumah. Langkah-langkahnya terbilang mudah, dengan perawatan praktis tidak seperti penanaman bunga untuk bisnis.

1. Pembuatan Media Tanam

Proses pertama kali sebelum menanam adalam menyiapkan media tanam terlebih dulu. Media tersebut idealnya berasal dari campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Apabila menginginkan cara praktisnya, cukup siapkan media tanam kompos langsung pakai yang telah dibeli dari toko pertanian.

2. Proses Pembibitan atau Memperbanyak Tunas

Sediakan dahulu benih tanaman bunga Aster yang diperoleh dari belanja online maupun toko pertanian. Dapat pula memperoleh bibit bunga dengan cara penyemaian pada media semai. Adapun media persemaian terbuat dari campuran sekam, tanah, dan pupuk kandang yang perbandingannya 1:1:1. Perhatikan apakah bibit sudah bertumbuh dari jumlah daun antara 3-5 helai. Setelah itu pindahkan pada wadah transplanting atau yang lebih besar. Perbanyakan bibit juga bisa diperoleh dari tunas.

Baca Juga :

3. Penanaman

Salah satu syarat penanaman bunga Aster adalah diatas lahan yang cukup luas supaya memperoleh tunas. Sehingga, sangat penting memilih wadah tanam yang berukuran besar. Sementara, bibit bunga siap dipindahkan atau transplanting tanam pada wadah yang berisi media tanam.

Lakukan penanaman bibit dengan posisi tegak dalam wadah agar bagian akar tidak rusak dan penyebaran mudah. Apabila melakukan penanaman bibit baru, maka wajib meletakkan pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan untuk beradaptasi beberapa saat dan pindahkan ke area yang terkena sinar matahari.
ciri ciri pohon bunga aster
Sumber: kampoengilmu.com


4. Pemeliharaan

Tahapan pemeliharaan bunga Aster juga dapat dilakukan dengan mudah yakni penyiraman, penyiangan gulma, dan pemupukan. Rekomendasi pupuk terbaik untuk tanaman ini adalah pupuk kompos dan kandang. Sesungguhnya dapat memanfaatkan pupuk NPK dengan pemberian dosis 5 gram setara dengan 1 sdm per tanaman.


5. Pemangkasan

Penting pula melakukan pemangkasan tanaman pucuk pada tanaman bunga yang bercabang. Apabila tidak dilakukan pemangkasan dikhawatirkan tanaman dapat tumbuh menjalar. Kondisi menjalar tersebut seringkali ditemukan pada pekarangan rumah yang kurang melakukan perawatan.


6. Pembungaan

Proses pembungaan bunga Aster dapat dilakukan tanpa bergantung pada musim. Terutama ketika telah memasuki masa fisiologi bunga ini akan berbunga. Terapkan beberapa tips berikut yang membantu proses pembungaan, diantaranya:

  • Biarkan tanaman cukup terkena sinar matahari
  • Jika telah terlihat kuncup bunga, hindari kekeringan tanaman karena ketersediaan air tanah mendorong proses pembungaan dalam keadaan vigor
  • Melakukan pemangkasan daun supaya konsentrasi nutrisi tanaman tidak habis saat pertumbuhan vegetatif saja
  • Menambahkan pupuk sejenis Phospor (P) untuk mendorong proses pembungaan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa budidaya tanaman ini sangat mudah. Terlebih lagi ditanam pada pekarangan tentu akan menambah nilai estetika dari rumah. Selain itu, jangan lupa menanam bunga di pekarangan juga rentan terserang hama dan serangga. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Bunga Aster"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel