Artikel Pilihan

Inilah Manfaat Pohon Kaktus Untuk Tubuh Manusia Dan Cara Membuatnya

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus sering dianggap pohon yang mengerikan oleh orang awam. Namun tanaman satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Nama lain dari pohon kaktus adalah Cactaceae, dimana tanaman kaktus kini sering dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Biasanya pohon kaktus akan dijadikan sebagai makanan dan minuman. Bahkan kini pohon kaktus juga ada yang berbentuk tanaman hias. Perawatan tanaman kaktus yang cukup mudah menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang meliriknya sebagai tanaman hias.

Cara Membuat Jus Dari Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: dekoruma.com
Mungkin masih belum banyak yang tahu jika pohon kaktus bisa diubah menjadi jus yang rasanya tidak kalah lezat dari minuman jus yang lain. Atau mungkin banyak yang masih ragu-ragu untuk membuat jus dari pohon kaktus mengingat bentuk pohonnya yang besar dan memilik banyak duri.

Untuk Anda yang ingin membuat jus kaktus caranya adalah:

Bahan-bahan yang di perlukan

  1. 1 gelas air kelapa
  2. 1 buah lemon
  3. 4 buah jeruk nipis
  4. 2 kaktus jenis nopal

Cara membuat jus dari pohon kaktus

  1. Bersihkan pohon kaktus nopal terlebih dahulu dan potong kecil-kecil.
  2. Peras 1 buah lemon dan 4 buah jeruk nipis.
  3. Masukkan kaktus nopal, perasan lemon dan jeruk nipis serta 1 gelas air kelapa ke dalam blender.
  4. Blender semua bahan sampai benar-benar halus.
  5. Kemudian tuangkan di gelas, jus kaktus siap di hidangkan.
Untuk jus pohon kaktus ini Anda bisa menambahkan madu agar rasa lebih lezat. Atau Anda juga bisa menggunakan es maupun tidak.

Manfaat Jus Pohon Kaktus Untuk Kesehatan Tubuh

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: pediaku.com
Bagaimana, mudah sekali bukan membuat jus dari pohon kaktus? Selain mudah dibuat, jus pohon kaktus juga menyimpan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang suka meminum jus dari pohon kaktus. Adapun manfaat jus pohon kaktus untuk kesehatan adalah:

Baca Juga :


1. Melancarkan pencernaan

Apakah Anda sering sembelit? Jika iya, maka jus pohon kaktus ini sangat cocok untuk Anda konsumsi. Pohon kaktus memang kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan tubuh. Dimana serat yang ada di pohon kaktus berfungsi untuk mengurangi karsinogen sehingga pencernaan tubuh menjadi lebih lancar.

2. Menjaga kesehatan sel otak

Jenis pohon kaktus yang paling sering dipakai untuk membuat jus adalah kaktus nopal. Pada tanaman kaktus jenis nopal mempunyai kandungan anti-iflamasi yang cukup besar yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel otak. Manfaat dari pohon kaktus nopal sudah dibuktikan dari hasil studi yang dilakukan para ilmuwan pada tahun 2003 silam.


3. Pencegah penyakit kanker

Sampai saat ini, jenis penyakit yang paling mematikan adalah kanker. Untuk mencegah persebaran kanker maka Anda bisa mengkonsumsi jus pohon kaktus. Di dalam pohon kaktus terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa menangkal radikal bebas.

Dari penelitian tahun 2002 ditemukan hasil bahwa kandungan fitokimia pada pohon kaktus bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker usus besar, hingga sel kanker prostat. Hebatnya kandungan fitokimia ini hanya menghancurkan sel kanker tanpa mengganggu sel-sel lain di dalam tubuh.

4. Tanaman penurun berat badan

Manfaat jus pohon kaktus selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Dimana hal ini sudah diuji pada tikus di tahun 2010 lalu. Tikus-tikus ini diberi suntikan ekstrak kaktus dengan dosis 20 miligram selama satu minggu. Hasilnya berat badan tikus bisa turun hingga 20% tanpa menguras mineral di dalam tubuh.


5. Kadar kolesterol menurun

Mengkonsumsi jus pohon kaktus berturut-turut bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Universitas Wina membuktikan hal ini dengan melakukan penelitian terhadap 68 wanita. Setelah meminum jus kaktus selama 4 minggu hasilnya kadar kolesterol dan trigliserida menurun cukup drastis.

Pohon kaktus memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun untuk membuat jus dari pohon kaktus Anda benar-benar harus memilih jenis pohon kaktus yang akan Anda gunakan. Sebab jika Anda salah memilih pohon kaktus maka bisa saja ekstraknya justru meracuni tubuh Anda.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Inilah Manfaat Pohon Kaktus Untuk Tubuh Manusia Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel