Artikel Pilihan

Cara Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi Pada Pohon Kaktus Dengan Tepat

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus pertama kali di temukan di daratan Eropa. Dimana sejarah ini dicatat pada buku Historia General y Natural De Las Indias yang di tulis oleh Hernandez de oviedo y Valdez. Hernandez menuliskan jika pohon kaktus merupakan tanaman dengan duri dan buah yang khas serta beda dari yang lain.

Sedangkan spesies pohon kaktus yang paling besar terdapat di Amerika Tengah, Utara, dan Selatan. Jenis kaktus pertama yang di impor ke Eropa yakni Melocactus. Sedangkan nama kaktus berasal dari bahasa yunani kaktos yang berarti tanaman liar berduri. Nama ini diciptakan oleh botaniawan dari Swedia bernama Carl Linnaeus.


Tempat Beradaptasi Untuk Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: merdeka.com
Meski pohon kaktus bisa hidup dengan sedikit air namun bukan berarti tanaman ini selalu berhabitat di padang pasir. Bahkan hanya ada sekitar seperempat dari seluruh spesies pohon kaktus yang memiliki habitat di area gurun. Habitat lain yang digunakan pohon kaktus adalah daerah semi gurun.

Pada daerah semi gurun ini pohon kaktus tetap bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Jenis pohon kaktus yang lain bisa hidup di daerah padang rumput, hutan meranggas, bahkan padang rumput yang kering. Pohon kaktus memang merupakan jenis tumbuhan yang bisa bertahan hidup di iklim tropis dan subtropis.


Masalah Umum Pada Pohon Kaktus dan Cara Menanganinya

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: fabelio.com
Kebanyakan orang memilih pohon kaktus sebagai tanaman hias karena mudahnya perawatan tanaman ini. Namun ketika Anda menanam kaktus bukan berarti Anda tidak akan menghadapi permasalahan. Adapun permasalahan yang sering muncul pada pohon kaktus dan cara untuk mengatasinya adalah:


1. Mengatasi penuaan alami pohon kaktus

Penuaan pada pohon kaktus terjadi saat tanaman ini udah berusia cukup lama. Nama lain dari penuaan pohon kaktus adalah corking. Biasanya corking pohon kaktus dimulai dari bagian bawah pohon. Kemudian mulai menjalar ke tengah dan kebagian atas pohon kaktus. Jika prosesnya seperti ini maka Anda bisa mengabaikannya.

Baca Juga :

Namun jika proses corking atau penuaan pohon kaktus dimulai dari bagian tengah pohon atau bahkan dari atas maka Anda harus segera mengatasinya. Apabila ini terjadi maka pindahan tanaman kaktus Anda ke tempat yang lebih teduh. Sebab corking tidak wajar pada pohon kaktus biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu banyak.

2. Cara menghindari fototoksisitas pohon kaktus

Salah satu proses perawatan pohon kaktus adalah dengan memberikan pestisida secara rutin. Namun pemberian pestisida harus sesuai aturan dan tidak boleh terlalu banyak dan terlalu sering. Fungsi pestisida sendiri untuk tanaman adalah untuk mematikan hama yang ada di pohon kaktus agar kaktus bisa tumbuh dengan baik.

Ketika Anda menyemprotkan pestisida pada pohon kaktus maka sinar matahari akan terasa lebih panas di batang pohon kaktus. Jika hal ini Anda biarkan maka bisa menyebabkan fototoksisitas pohon kaktus atau proses pembakaran berlebih. Jadi saat Anda menyiram cairan pestisida lakukan ditempat yang teduh.

3. Menangani etiolasi yang terjadi pada pohon kaktus

Etiolasi yaitu warna tanaman yang bewarna pucat dan energinya cenderung lemah meski pertumbuhan tanaman terjadi dengan cepat. Hal ini bisa terjadi jika pohon kaktus tidak cukup terkena sinar matahari.

Padahal sinar matahari sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan pohon kaktus. Jika pohon kaktus sudah terkena etiolasi maka hal ini tidak dapat di sembuhkan. Namun Anda bisa memberikan sinar matahari yang cukup agar pohon kaktus tetap hidup. Beri sinar matahari secukupnya dan jangan terlalu intens agar kaktus tidak stres.

4. Mencegah pembusukan pohon kaktus

Apabila Anda menanam pohon kaktus di pot maka Anda akan mengalami masalah pembusukan pohon kaktus. Pembusukan pada pohon kaktus ini ditandai dengan tanaman yang membengkak dan bewarna coklat. Untuk mengatasinya Anda bisa mengurangi jumlah air saat menyiram pohon kaktus.

Empat permasalahan umum pada pohon kaktus diatas akan sering Anda temui jika sedang membudidayakan pohon kaktus. Hal tersebut memang wajar namun atasi dengan cara yang tepat. Agar hasil pohon kaktus yang Anda tanam tetap baik dan juga bisa berkembang banyak.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi Pada Pohon Kaktus Dengan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel