Artikel Pilihan

Inilah Kumpulan Penelitian Tentang Akar Pohon Ketapang


Akar pohon ketapang rupanya juga bisa diambil manfaatnya. Sejauh ini banyak orang hanya mengira bagian ketapang yang bermanfaat adalah biji dan daunnya saja. Namun sejak dilakukannya penelitian-penelitian oleh berbagai institusi tentang akar pohon ketapang, rupanya memang bisa memberikan manfaat.

Penelitian Akar Pohon Ketapang

Kali ini akan dibahas beberapa penelitian yang telah membahas atau meneliti bagian ketapang ini. Supaya Anda mengetahuinya lebih jauh dan kedepannya bisa mengambil manfaatnya. Berikut beberapa penelitian-penelitian tersebut.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com

1. Lex Thomson (University of the Sunshine Coast, 2006)

Penelitian yang dilakukan oleh Lex Thomson dengan rekannya ini berhasil menghasilkan kesimpulan berupa keseimbangan pantai. Dalam jurnal yang telah diterbitkan, mereka menyatakan bahwa sistem akar dari pohon ketapang sangat berperan dalam keseimbangan garis pantai.



Ini berlaku untuk pantai yang memang biasa ditumbuhi ketapang. Jika suatu pantai memang dari awal tidak ditumbuhi pohon ini, maka tentu saja kesimpulan dari penelitian ini tidak berlaku. Lex menyebutkan bahwa ketapang adalah tumbuhan yang akan selalu hidup di pantai-pantai wilayah tropis. Garis pantai akan tetap seimbang jika akar pohon ketapang tumbuh dengan baik.

2. Marjanah (Universitas Mulawarman, 2018)

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Marjenah dan rekannya tidak jauh berbeda dengan penelitian dari Lex Thomson. Namun antara keduanya tetap ada perbedaan kesimpulan. Adapun yang dihasilkan dalam penelitian Marjenah adalah bahwa akar pohon ketapang bisa memberikan manfaat fisik dan artistik.

Akar pohon ketapang memang memiliki karakter yang kuat dan tahan terhadap kadar garam yang tinggi sehingga bisa berdiri kokoh meskipun diterpa angin yang besar. Namun tak hanya itu saja, akar dari pohon ini jika dikeringkan dan diproses lebih lanjut bisa menghasilkan barang-barang seni. Tinggi tidaknya barang seni yang bisa dihasilkan ini tergantung pembuatnya.

3. Edward F. (Department of Agriculture UAS, 1994)

Pada penelitian ini dinyatakan alasan mengapa pohon ketapang bisa ada sebagai pohon yang tinggi idealnya tiga meter dan bisa terus tumbuh hingga setinggi empat puluh meter. Akar pada pohon ini memiliki kontribusi besar terhadap kelangsungan pohon ini sendiri.

Pohon ketapang adalah pohon yang akan meranggas dua kali dalam setahun, pohon ini juga hadir sebagai pohon yang terus membutuhkan sinar matahari. Sebenarnya pohon ini tidak bisa hidup dengan temperatur yang rendah, seperti pada musim dingin atau musim hujan. Namun, karena akarnya telah dirancang sangat baik maka pohon ini masih bisa bertahan beberapa waktu jika datang musim dingin atau musim hujan.

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: sawonbudidaya.com

4. Ken Fern (Buku : Plants For A Future, 2010)

Penelitian yang dilakukan Ken Fern ini memberikan kesimpulan yang lebih nyata tentang manfaat akar pohon ketapang. Akar ketapang rupanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun tentu saja harus melewati serangkaian proses dan pengolahan.

Pertama-tama, ia membuat kesimpulan bahwa akar pohon ketapang bisa untuk menyembuhkan demam empedu atau bilious fever. Maksud dari demam empedu adalah demam yang dirasakan orang ketika memiliki penyakit atau gangguan pada empedunya. Tak hanya untuk mengobati demam empedu saja, ia juga menulis melalui buku berjudul Plants For A Future bahwa akarnya ini bisa digunakan untuk obat gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang ia maksud adalah mencret.

Meski begitu belum ada penelitian lebih lanjut tentang akar ketapang yang bisa mengobati masalah pencernaan ini. Jadi, sebaiknya Anda yang ingin mengambil manfaat ini dari akar ketapang menunggu penelitian lebih lanjut. Tak hanya mencret saja, akarnya juga dinilai bisa menyembuhkan sariawan. Ya, masalah pada mulut yang sangat mengganggu untuk aktivitas sehari-hari.



Terakhir ia menyebutkan bahwa ada bagian dari akar ketapang yang bisa mengeluarkan getah. Ia menyimpulkan bahwa getahnya ini bisa dijadikan obat diabetes, dan tentu saja disertai dengan pengolahan lebih lanjut.

Kesimpulan Tentang Penelitian Akar Pohon Ketapang

Penelitian-penelitian tentang akar pohon ketapang di atas memang ada yang memberikan kesimpulan secara spesifik, namun ada juga yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun yang jelas, memang akar ketapang yang selama ini jarang diketahui manfaatnya rupanya bisa memberikan manfaat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Kumpulan Penelitian Tentang Akar Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel