Artikel Pilihan

Daftar Tanaman Bonsai Terbaik untuk Hiasan Rumah

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Membuat Tanaman Bonsai memang bisa menggunakan jenis tumbuhan apapun yang Anda inginkan. Namun, kebanyakan orang membuat Bonsai pada jenis Tanaman yang indah dan memiliki corak tekstur yang menyenangkan.

Tanaman Bonsai Serut, Adenium, Beringin, dan lain sebagainya adalah contoh tumbuhan yang umumnya di Bonsai untuk dijadikan tanaman hias. Lalu sebenarnya apa saja Tanaman yang cocok dan indah untuk tanaman hias? Berikut adalah daftar pilihan Tanaman Bonsai Terbaik untuk Anda :

1. Tanaman Maple

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: pixabay.com
Jika berbicara mengenai Maple maka tidak akan pernah terlepas dengan Negara Jepang. Tanaman ini mempunyai bunga yang sangat indah. Warna dari Tanaman Maple sangat bagus yang terdiri dari beberapa varietas seperti ungu, merah, merah muda, dan biru.




Pilihan warna yang bagus inilah membuat para Pembonsai suka untuk menjadikan Maple menjadi tanaman hias. Kulit batang dari tanaman ini coklat mudah sedikit kuning disertai dengan tekstur yang kasar.

Baca juga : Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya

2. Tanaman Sakura

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: pinterest.com
Selain Tanaman Maple, Sakura juga sangat diidolakan oleh masyarakat seluruh dunia. Bunganya yang sangat cantik dengan notabene warna pink dan putih. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, bunga ini juga bisa dijadikan sebagai minuman. Bunga Sakura dapat diolah menjadi teh yang bisa Anda minum dengan menggunakan air hangat.

3. Tanaman Beringin

Beringin adalah tanaman atau pohon yang sangat kental dengan ciri khas Negara Indonesia. Bahkan, dasar negara dari Indonesia juga mencantumkan simbol Pohon Beringin pada salah satu silanya. Tanaman ini memiliki bentuk daun lonjong dan panjang. Warnanya hijau disertai corak kekuning-kuningan.

Baca juga : Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini

Cabang ranting tanaman ini sangat banyak sehingga membuat kesan tampilannya lebat dan sehat. Akarnya sangat kuat dan memiliki ukuran yang besar menjalar. Ukuran akar dari beringin ini sesuai dengan usia tanaman itu sendiri. Semakin tua usianya maka semakin besar juga ukuran akarnya.

4. Tanaman Adenium

Tanaman sejuta bunga merah ini berasal dari daerah Arab dan Afrika. Akan tetapi, di Negara Indonesia kini sudah banyak spesies dari Tanaman ini. Adenium sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias dikarenakan bunga dari tanaman ini sangat banyak, lebat, dan bergerombol.

Banyaknya bunga tanaman ini membuat daun tidak terlihat. Daun dari Adenium sangat kecil, tipis, dan berwarna hijau kekuningan. Cara perawatan tanaman ini sangat mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang aneh-aneh.

5. Tanaman Delima

Tanaman ini dikenal karena buahnya memiliki rasa yang manis. Selain itu, didalam buah terdapat banyak biji yang diselimuti oleh daging. Banyak orang menanam tanaman ini untuk dipanen buahnya dan dikonsumsi.

Namun, Pembonsai mengatakan jika Tanaman ini sangat layak dijadikan Bonsai karena memiliki warna buah orange kemerah-merahan. Ketika buahnya tumbuh, pasti akan sangat lucu ketika melihat tanaman ini dengan bentuk kerdil (Bonsai).

6. Tanaman Serut

Selanjutnya adalah Tanaman Bonsai Serut. Jenis tanaman ini memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari daunnya. Selain itu, banyak orang yang melakukan Bonsai pada tanaman ini karena Serut adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di alam bebas.

Tanaman ini gampang tumbuh dan juga tahan akan segala cuaca. Batangnya bertekstur namun tidak kasar seperti Pinus atau Pohon Mangga. Anda bisa melakukan Bonsai pada Tanaman Serut di luar dan dalam ruangan. Inilah yang menyebabkan Serut menjadi idola untuk dijadikan Bonsai.

7. Tanaman Bougenville

Siapa yang tidak mengenal Tanaman Bougenville? Tanaman indah dengan dipenuhi warna ungu dan hijau. Bentuknya rimbun dan mendatar ke arah samping. Tanaman ini sering disebut dengan tumbuhan berbunga kertas.Kekurangan dari tumbuhan ini adalah pohon tidak bisa berdiri dengan tegak. Biasanya mereka condong pada satu arah saja entah itu ke kanan atau ke kiri.




Tanaman ini cukup kuat dan mempunyai usia hidup yang cukup lama sehingga sangat cocok untuk diproses menjadi Tanaman Bonsai. Untuk menjadikan Tanaman Bonsai ini tidak terlalu miring atau condong ke satu arah, Anda bisa mengatur pembentukannya dengan kawat.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar tanaman yang cocok dan indah untuk dijadikan tanaman hias Bonsai. Berbagai tanaman di seluruh dunia sudah dijelaskan diatas dan semuanya memiliki ciri-ciri yang berbeda. Dalam menanam Bonsai Anda harus selalu memperhatikan tahap penanaman dan juga perawatannya untuk menghasilkan Bonsai yang Anda inginkan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Daftar Tanaman Bonsai Terbaik untuk Hiasan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel