Artikel Pilihan

Cara Menanam Bunga Anthurium Crystallinum

Bunga Anthurium Crystallinum

Siapa yang tidak mengenal tanaman Kuping Gajah dengan nama latin Anthurium Crystallinum. Bukan rahasia lagi bahwa tanaman satu ini merupakan jenis tanaman hias yang namanya merupakan representasi dari bentuknya. Anthurium Crystallinum mudah dikenali karena bentuk daun lebar. Supaya lebih mendalaminya coba simak cara menanam bunga Anthurium Crystallinum seperti ulasan dibawah ini.

Anthurium Crystallinum mudah ditemukan pada rumah warga, baik itu dijadikan budidaya tanaman maupun menjadi penghias ruangan. Rupanya penyebutan tanaman Kuping Gajah tidak sembarangan karena ditujukan pada anthurium jenis bunga saja. Anthurium kali ini biasanya dijadikan bunga potong khusus menghiasi ruangan.

Berbeda dari Anthurium jenis daun lebih cocok menjadi tanaman hias di pekarangan. Secara general, Kuping Gajah memiliki lebar daun 30 cm dengan panjang tanaman 40 cm. Dilihat dari warna bunga juga beragam, contohnya berwarna putih, hijau, merah, dan lainnya. Disamping itu, pola hiasan daunnya juga beragam sehingga walaupun masih satu keluarga tetapi ada beberapa perbedaan.


Habitat Tanaman Anthurium Crystallinum

Bunga Anthurium Crystallinum
Sumber: faunadanflora.com
Tempat menanam Kuping Gajah alias Anthurium Crystallinum paling direkomendasikan adalah dataran menengah hingga dataran tinggi. Dalam proses pertumbuhannya tanaman tersebut tidak memerlukan banyak penyinaran matahari karena dapat memperlambat pertumbuhan.

Adapun lokasi paling pas menanam kuping gajah yaitu pada tempat teduh dan tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Anthurium Crystallinum yang menerima sinar matahari secara intens menyebabkan bagian bunga menjadi menguning. Sementara, pada bagian daun akan berubah menjadi pucat dan lemas.

Tanaman satu ini juga memerlukan perawatan maksimal agar keindahannya terus terjaga. Apabila ingin memiliki Anthurium Crystallinum yang indah dan tumbuh sehat harus dimulai dari pemilihan bibit yang unggul. Perhatikan juga kesehatan tanaman yang dilihat dari bentuk daun lebar dan berwarna segar.

Baca Juga :

Cara Menanam Bunga Anthurium Crystallinum

Ingin berhasil menanam hingga mendapatkan bunga Anthurium Crystallinum yang indah. Coba ikuti langkah-langkah cara menanam bunga Anthurium Crystallinum berikut ini yang anti gagal.

1. Proses Pembibitan

Pertama, lakukan pembibitan bunga kuping gajah atau Anthurium Crystallinum dengan memisahkan rumpun menggunakan pisau. Dalam proses pemisahan ini hendaknya dilakukan secara hati-hati dan membuat bagian tanaman lain rusak.

Misalnya, bagian batang, akar, dan daun tanaman. Setelah itu, simpan bibit didalam tempat basah dan memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Tujuannya supaya selama proses penanaman akan memperlancar pertumbuhan akar dan batang.


2. Proses Penanaman

Setelah bibit disimpan selama 3 hari, sembari itu siapkan media tanam. Caranya dengan mencampurkan pupuk kandang dan media tanam menggunakan perbandingan 1:1. Media tanam ini lalu dibiarkan selama satu minggu agar sirkulasi oksigen lebih lancar.

Barulah menyiapkan polybag dan memasukkan media tanam sebanyak 1/4 dari tinggi polybag. Letakkan bibit Anthurium Crystallinum dan isi dengan media tanam lagi hingga mencapai tinggi 3/4 polybag. Kemudian padatkan media tanam tersebut dan menyiram dengan sedikit air menggunakan semprotan atau spray.

3. Proses Perawatan Tanaman dan Bunga

Anthurium Crystallinum wajib dirawat seperti tanaman hias pada umumnya. Sebenarnya cara perawatannya praktis, cukup dengan penyiraman berkala dan rutin. Disamping itu, melakukan penyiangan guna menghilangkan hama dan gulma yang tumbuh disekitar tanaman.

Adapun pemupukan dapat dilakukan satu kali dalam 1 hingga 1,5 bulan menggunakan pupuk kandang maupun pupuk kompos. Jangan lupa untuk selalu membersihkan daun-daunnya dari kotoran dan debu menempel. Caranya dengan menyemprotkan sedikit air dibagian daun atau mengelapnya.

Apabila dilakukan penanaman dan perawatan Anthurium Crystallinum secara konsisten dan rutin, dapat diprediksikan akan berhasil. Hal paling penting diperhatikan adalah tidak meletakkan tanaman ini langsung dibawah sinar matahari. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Anthurium Crystallinum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel