Artikel Pilihan

Ciri-ciri Pohon Bidara Asli yang Perlu Kamu Ketahui

pohon bidara

Pohon bidara asli atau bidara arab memiliki ciri khas tersendiri daripada pohon bidara jenis yang lainnya. Pohon bidara arab berasal dari Asia Tengah yang mana menyebar secara alami ke wilayah luas seperti Afrika, Asia Tenggara, hingga Australia.

Negara yang mengembangkan secara komersil pohon ini adalah negara India, Cina, dan Thailand. Pohon bidara merupakan pohon kecil yang biasanya bengkok dan tingginya mencapai 15 meter. Untuk batangnya mencapai 40 cm.

Selain itu, pohon ini juga memiliki daun yang lebat serta berwarna hijau. Bentuk daun dimorfis dimana daun kedua melengkung dan lebih pendek (tanpa duri). Daunnya juga tidak berseling, helai daunnya berbentuk bundar telur menjorong atau jorong lonjong.

Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri pohon bidara asli yang perlu kamu ketahui, antara lain:


1. Bentuk dan Warna Daun

daun bidara
Sumber: bukalapak.com
Tanaman atau pohon ini merupakan pohon yang istimewa karena terdapat beberapa surat yang menceritakan tentang hal ini. Terdapat manfaat dan kekhasan yang dimiliki oleh pohon ini. Ciri-ciri fisiknya adalah daun berbentuk oval (atas bawah warnanya hijau dan tidak mengkilap).

Selain itu, pinggir daun bergerigi. Memiliki duri yang banyak pada dahan maupun rantingnya. Ukuran duri panjang dan tajam. Batang tanaman berwarna coklat, buah berukuran kecil seperti kelereng, buah mentahnya berwarna hijau, buah matang berwarna merah.

Buah bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan selain itu daunnya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Pohon ini bisa tumbuh di tanah kering tetapi juga di iklim tropis seperti Indonesia. Jika dibandingkan dengan pohon bidara apel india, daun pohon bidara asli lebih sedikit kecil.

Untuk pohon apel india warna daun kelihatan hijau pekat, sedangkan pohon bidara asli warnanya hijau pudar.


2. Bentuk Ranting

Bentuk ranting untuk daun bidara asli di setiap rantingnya memiliki duri atau dikelilingi duri. Pastinya durinya tajam dan untuk ranting pohon bidara apel india mempunyai tangkai yang minim dikelilingi oleh duri. Hanya satu atau dua duri saja yang menempel.

3. Bagian Batang Pohon

batang bidara
Sumber: i2.wp.com
Batang pohon bidara asli banyak duri yang sangat tajam dibandingkan dengan pohon bidara apel india nyaris tidak ada duri yang menempel di bagian tersebut.

4. Bagian Buah Pohon

buah bidara
Sumber: i2.wp.com
Buah pohon bidara arab atau asli memiliki diameter kurang lebih 2 cm dan untuk pohon bidara apel india lebih lonjong dan lebar. Rasa buah dari pohon bidara asli cenderung asam manis (seperti rasa apel), sedangkan buah pohon biadra apel india lebih manis daripada pohon tersebut.

Baca Juga :

Pohon bidara merupakan salah satu pohon yang memiliki khasiat untuk penyembuhan dalam kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Pohon ini memiliki banyak cabang dan kayunya yang berduri. Pohon bidara dalam aspek daun, buah, maupun akarnya memiliki khasiat masing-masing.

Berikut ini akan dijelaskan tentang khasiat dari daun bidara yang perlu diketahui, antara lain:


1. Sebagai Pengobatan dalam Ruqyah

ruqyah
Sumber: mukisi.com
Daun bidara juga bisa digunakan untuk ruqyah dimana untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan jin dan sihir (dikirimkan oleh ahli sihir dan dukun). Cara penggunaan dengan menyediakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk secara halus.


2. Bisa untuk Memandikan Jenazah

Dalam memandikan jenazah ada anjuran untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Dalam daun tersebut terdapat kandungan alami yang bisa membersihkan kotoran.

3. Bisa untuk Meruqyah Rumah

ruqyah
Sumber: suaramuslim.net
Selain untuk meruqyah orang, daun bidara juga bisa untuk meruqyah rumah. Hal tersebut dilakukan dengan membacakan surat Al-Baqarah utuh satu surat. Campurkan air dengan daun bidara yang telah dibacakan ayat-ayat ruqyah maupun dengan surat Al-Baqarah.

Setelah itu percikkan atau semprotkan air tersebut ke tempat-tempat yang dirasa terjadi banyak gangguan. Selain itu, daun bidara juga bisa mengusir setan maupun jin beserta gangguan-gangguannya. Cara pengusirannya bisa dengan mengambil beberapa lembar daun bidara.

Kemudian, masukkan ke dalam air yang berisi gelas. Bacakan ayat suci Al-Qur’an, seperti ayat kursi, al-fatihah, dan lain-lain. Basuhkan air tersebut ke dalam badan yang terkena gangguan jin maupun setan.

Nah, itulah penjelasan tentang ciri-ciri pohon bidara asli atau Sidr yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Pohon Bidara Asli yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel