Artikel Pilihan

Ciri-ciri Bunga Lotus (Nelumbo nucifera)

ciri ciri pohon bunga lotus

Bunga Lotus yang sudah tidak asing lagi di Indonesia lebih dikenal dengan nama bunga seroja. Memiliki nama latin Nelumbo nucifera, bunga ini memiliki habitat di air dan akan tumbuh menjadi sangat cantik. Sangat penting untuk mengenali ciri-ciri bunga lotus yang aslinya berasal dari India.

Jadi, jangan heran jika menemukan lambang negara India berbentuk seperti bunga lotus. Bagi orang luar negeri banyak menamai lotus dengan sacred lotus, bean of India, sacred water, dan Indian lotus. Uniknya, nama latin bunga satu ini sangat banyak sinonimnya yakni:

  • Nelumbo caspica Fisch
  • Nelumbium nuciferum Gaertn
  • Nelumbo komarovii Grossh
  • Nelumbo speciosa Willd
  • Nymphaea nelumbo L

Sementara, bagi bangsa China ‘Sacred Lotus’ merupakan lambang keanggunan dan kemurnian. Bukti sejaranya pun ada dari puisi china kuno dan pernyataan dari Zhou Dunyi seorang Confucian yang sangat populer sampai sekarang.

Pada zaman modern saat ini bunga lotus merupakan lambang karya seni yang sangat tinggi. Pasalnya, bunga ini sering digambarkan pada tubuh manusia menjadi tato lotus. Makna tato ini sebuah semangat untuk mencapai kesempurnaan dan menghadapai segala kesengsaraan hidup.

Manfaat Bunga Lotus

ciri ciri pohon bunga lotus
Sumber: tanamanhiasan.com
Keindahan bunga lotus terbukti menarik perhatian semua orang. Sehingga, tidak mengherankan bunga yang habitatnya di air ini dijadikan tanaman penghias kolam. Terlebih lagi perawatan bunga lotus tidak begitu sulit, cukup didiamkan pada kolam saja.

Selain keindahan bunganya, rimpang lotus pun dapat diolah menjadi makanan. Biji lotus juga dapat disulap menjadi tepung yang menyerupai tepung terigu. Sementara, bunga lotus sering dijadikan simbol bagi agama Budha dan Hindu.

Baca Juga :

Klasifikasi Ilmiah Bunga Lotus

Berikut ini klasifikasi ilmiah dari bunga lotus, antara lain :
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Family : Nelumbonaceae
  • Genus : Nelumbo
  • Spesies : Nelumbo nucifera

Ciri-ciri Bunga Lotus

ciri ciri pohon bunga lotus
Sumber: his-travel.co.id
Ciri paling umum yang mudah dikenali dari bunga lotus adalah strukturnya. Terdiri atas akar, daun, bunga , dan rimpang (rhizoma). Pada bagian akar dan rimpang lotus akan ditemukan pada kolam atau dasar lumpur. Bunga lotus juga tergolong tanaman liar karena dapat hidup dan berkembang biak dalam lumpur. Meskipun tumbuh dari air lumpur, bunga lotus tidak terkontaminasi dengan kotoran lumpur. Hal ini menyebabkan bunga lotus diakui termasuk dalam kasta tinggi dari sebuah bunga.

Rimpang bunga lotus akan muncul beberapa tangkai dengan panjang rata-rata 1,5 meter. Sementara, bentuk tangkai lotus seperti tabung dilengkapi dengan rongga pada bagian tengah. Dapat dilihat ketika masa pertumbuhannya, bagian ujung tangkai akan mengeluarkan daun yang akan muncul pada permukaan air. Daun ini berbentuk lingkaran dengan gelombang pada bagian tepi, serta urat-urat daun berkumpul pada bagian tengah.

Pada permukaan tangkai ini juga dilindungi oleh lapisan lilin. Umumnya bunga lotus dapat berkembang sampai dengan 60 cm. Untuk diameter minimal bunga ini kurang lebih 20 cm. Seringkali penampakan bunga satu ini sangat kokoh dengan tangkai besar dan muncul ke atas permukaan air. Kebanyakan bunga lotus memiliki warna kuning, putih bersih, dan merah muda.

Bunga lotus didaulat sebagai salah satu bunga terindah di dunia. Namun, tidak jarang banyak orang masih menyamakannya dengan bunga teratai. Supaya tidak salah mengira ada baiknya mengetahui ciri-ciri bunga lotus seperti uraian diatas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Bunga Lotus (Nelumbo nucifera)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel