Artikel Pilihan

Cara Pemberian Pupuk NPK Pada Bawang Merah Agar Panen Sukses

Bawang merah termasuk salah satu jenis tanaman yang menjadi komoditas penting dalam kehidupan orang sehari-hari. Maka dari itu, banyak petani yang melakukan budidaya tanaman ini. Selain karena banyak yang butuh, cara menanamnya bisa dibilang mudah untuk dilakukan.

Sama seperti tanaman pada umumnya, bawang merah juga membutuhkan nutrisi yang tepat. Maka dari itu, kamu sebaiknya mengetahui jenis pupuk yang sesuai. Salah satu jenis pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK. Jenis pupuk ini memiliki unsur hara utama yang dapat membantu tumbuh kembang tanaman lebih maksimal.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Pada Bawang Merah 

Manfaat Pupuk NPK Pada Bawang Merah

Tak hanya sembarangan memberi pupuk, jenis pupuk ini harus diberikan dengan dosis yang tepat. Apalagi bawang merah sangat membutuhkan unsur pada pada seluruh masa pertumbuhannya mulai dari masa awal hingga proses pematangan umbi yang merupakan bawang merah itu sendiri.



Selain dosisnya yang tepat, proses pemupukan harus dilakukan dengan jenis yang tepat, cara serta kombinasi yang tepat pula. Ia juga harus diberikan pupuk pada waktu yang tepat. Proses pemupukan juga menjadi salah satu cara ampuh agar tanaman punya daya tahan yang tinggi.

Dengan begitu bawang merah juga akan lebih tahan terhadap serangan hama serta patogen. Kedua hal inilah yang jadi penyebab bawang merah memiliki penyakit. Bawang merah sendiri akan menyerap unsur hara makro dalam pupuk NPK.

Unsur Nitrogen, Phospor dan Kalium memang ada di dalam unsur hara. Hanya saja tidak selalu ada di dalam tanah. Apalagi jika tanah tersebut dipakai untuk budidaya terus menerus. Maka unsur hara lama kelamaan akan hilang. Nah, sekarang saatnya kamu mengetahui proses pemberian pupuk NPK pada bawang merah. Ada tiga tahap yang dilakukan pada saat pengolahan lahan dan pemeliharaan tanaman.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Pada Bawang Merah
Sumber: kabartani.com

Pemupukan Dasar atau Fase Pertama

Pemupukan jenis pertama ini biasanya diberikan saat petani mulai mengolah tanah. Pastinya akan dilakukan sebelum memulai proses pembibitan bawang merah. Biasanya pupuk disebar di atas bedengan kemudian diaduk rata dengan tanah. Dalam fase ini biasanya diberikan pupuk NPK Mutiara dengan dosis 16:16:16.

Jumlahnya kurang lebih 500 kilogram setiap satu hektar tanah. Selain itu, juga dicampur dengan SP 36 dengan jumlah kira-kira 500 sampai 100 kilogram. Sementara pupuk KCI sebanyak 30 sampai 60 kilogram. Semua dosis tersebut sesuai dengan hitungan per hektar. Kamu juga bisa memakai bantuan pupuk kandang atau kompos.

Jika memakai campuran pupuk kandang maka dosis pupuk NPK harus dikurangi kurang lebih menjadi 250 kilogram. Penggunaan pupuk organik ini karena unsur P dan K yang sulit larut. Butuh waktu minimal 14 hari hingga akhirnya unsur tersebut bisa diserap oleh tanaman.

Setelah itu, kamu harus menunggu usia tanaman hingga 7 hari hingga akar tanaman bawang mulai tumbuh. Sebab di fase inilah pupuk tersebut bekerja. Setelah selesai baru akan masuk ke fase pemupukan berikutnya.

Pemupukan Susulan Pertama

Proses pemupukan berikutnya biasanya diberikan saat tanaman berumur 10 sampai 15 hari. Pada fase ini biasanya memakai pupuk Urea dengan dosis 180 kilogram per hektar atau bisa menggunakan ZA sebanyak 400 kilogram per ha. Cara memakainya bisa cukup dengan menebar di atas bedengan.

Proses pemupukan satu ini memiliki tujuan agar bisa memberikan cadangan makanan bagi umbi-umbian. Pada usia 15-30 hst ini, cadangan makanan umbi akan cepat habis. Maka sangat dibutuhkan unsur N dan juga S guna membantu pembentukan akar, daun dan juga batang.



Pemupukan Susulan Kedua

Nah proses pemberian pupuk NPK pada bawang merah dilanjutkan ketika tanaman berusia 30-35 hst. Biasanya akan menggunakan pupuk NPK atau Urea sebanyak 180 kilogram per hektar. Kandungan karbohidrat dalam urea akan membantu tanaman dalam fase pembentukan ubi.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Pada Bawang Merah
Sumber: pertanianku.com
Unsur nitrogen akan membantu proses fotosintesis agar mendapatkan karbohidrat. Proses pemupukan susulan ini perlu dibarengi dengan proses penyiraman bila tidak hujan. Namun kamu harus mengecek kembali kualitas tanah karena dosisnya mungkin saja berbeda karena unsur hara dari tanah kurang bisa terpenuhi. Kondisi tanaman juga mempengaruhi dosis pemakaian pupuk.

Itulah beberapa cara pemberian pupuk NPK pada tanaman bawang merah. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Pemberian Pupuk NPK Pada Bawang Merah Agar Panen Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel