Artikel Pilihan

Begini Cara Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Durian

Tanaman buah menjadi salah satu jenis tanaman yang cukup sulit dalam perawatannya. Tak hanya memperhatikan pertumbuhan akar, batang dan daunnya saja. Perawatan tanaman buah juga harus memperhatikan pemberian nutrisi tepat agar buahnya bisa berkualitas tinggi.

Salah satu jenis tanaman buah yang cukup membutuhkan nutrisi tepat adalah durian. Buah tropis ini memiliki hasil buah yang besar dan dalamnya pun berkualitas tinggi. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Salah satunya dengan pemberian pupuk NPK.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Pada Pohon Durian

Petani yang melakukan budidaya durian harus memastikan unsur hara terpenuhi agar mendapatkan panen dengan kualitas baik. Maka dari itu, penting untuk melakukan pemberian pupuk NPK yang dapat memenuhi unsur hara mikro dan makro. Nah, sebenarnya bagaimana cara tepat untuk memberikannya? Bagaimana dengan dosisnya? Berikut penjelasannya.



Manfaat Pupuk NPK pada Tanaman Durian

Secara umum unsur hara yang dibutuhkan oleh durian membutuhkan tiga unsur dalam pupuk NPK yaitu Nitrogen, Phosfat dan Kalium. Nah, jika mengalami kekurangan unsur hara maka pastinya akan langsung berdampak buruk pada kualitas buah. Kurangnya unsur kalium misalnya membuat durian jadi tidak matang dengan sempurna.

Selain itu, unsur hara juga berperan penting dalam sebuah fungsi dinding sel. Maka dari itu, unsur hara akan membantu pertumbuhan dan perkembangan seluruh jaringan tanaman baru. Biasanya itu terjadi pada titik tumbuh yang baru misalnya ujung akar dan pucuk baru. Semuanya akan membantu durian bisa terus menghasilkan buah yang berkualitas.

Tidak hanya soal kandungan yang dapat membantu proses perkembangan tanaman, unsur hara dalam kalium ternyata memiliki peran dalam pembentukan rasa durian. Pasti terkadang kamu menemukan durian yang rasanya hambar dan warnanya kurang kuning. Ini bisa jadi disebabkan tanaman yang kekurangan unsur hara.

Selain itu, besarnya durian juga bisa lebih kecil jika tidak memenuhi unsur hara. Buah durian bisa memiliki bentuk yang kurang sempurna atau malformasi karena kekurangan unsur hara. Sebab, kekurangan unsur hara membuat penyerbukan tidak sempurna. Ini sangat berdampak pada hasil buah di saat panen. Maka banyak petani yang memutuskan melakukan pemberian pupuk NPK.


Dosis Pemberian Pupuk NPK Pada Durian

Pemberian unsur hara agar tanaman tumbuh maksimal juga membutuhkan dosis yang tepat. Jangan sampai terlalu berlebihan karena akan membawa dampak buruk pula bagi tanaman. Beberapa takaran umum yang biasa digunakan adalah berdasarkan target produksi buahnya.

Misalnya targetnya sebanyak 100 kilogram setiap pohon per tahun. Maka kira-kira pupuk yang dibutuhkan Nitrogen 0,32 kilogram, Phospat 0,25 kilogram dan Kalium 0,85 kilogram. Selain itu, ada pula magnesium sebanyak 0,2 kilogram dan kalsium sebanyak 0,39 kilogram.

Untuk mendapatkan dosis yang tepat salah satu jenis pupuk yang bisa dipakai adalah NPK Mutiara 9-25-25. Jenis pupuk ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan pohon durian rata-rata. Dosis ini juga sudah mempertimbangankan berbagai aspek seperti adanya proses penguapan, erosi atau tak sengaja tercuci yang umum dialami pohon setelah pemupukan.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Pada Pohon Durian
Sumber: jimmyhantu.com
Belum lagi ada beberapa jenis pupuk organik yang mungkin dipakai untuk tanaman ini sehingga juga harus disesuaikan dosisnya. Selain itu, ada pula jenis pupuk NPK yang ditambahkan nutrisi lain seperti Boroni. Kandungan ini juga cukup memainkan peran penting dalam pembentukan buah durian yang legit dengan warna kuning cerah.

Selain itu, kandungan Boroni juga membantu agar dinding sel buah durian lebih kuat dan sehat. Dengan begitu hasil panen akan tidak mudah busuk dan bisa disimpan dalam durasi yang lebih panjang. Tidak hanya kandungannya saja, ada beberapa kelebihan lain mengapa banyak petani memilih pemberian pupuk NPK.



Tentu saja sifatnya yang mudah larut dalam air. Untuk memakai pupuk berbentuk granul, kamu hanya perlu melarutkan pupuk dengan air tanpa perlu repot. Apalagi pupuk yang dikocorkan ke tanah akan langsung diserap tanpa kehilangan banyak nutrisi.

Maka tak diragukan lagi pemberian pupuk NPK pada durian bisa memacu pertumbuhan buah serta meningkatkan kualitas hasil panen. Pastinya petani sudah merasakan sendiri manfaatnya karena dapat membuat rasa durian jauh lebih kaya dan punya warna yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Tepat Pemberian Pupuk NPK Pada Durian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel