Artikel Pilihan

Cara Meramu Daun Pohon Bidara untuk Obat

daun bidara

Daun pohon bidara ternyata bisa diolah atau diramu untuk obat. Tidak hanya buah, kulit, maupun akar pohonnya saja yang berkhasiat tetapi juga daunnya yang bisa memberikan khasiat, manfaat, serta efek samping yang positif bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Banyak sekarang daun pohon bidara yang dicari untuk obat entah lewat ekstrak atau diminum secara langsung. Pastinya harus melalui resep dan cara pembuatan yang baik dan benar. Daun pohon bidara juga bisa diolah menjadi teh.

Karena manfaat dan khasiatnya yang cukup banyak dirasakan, maka tidak kaget jika bibit pohon bidara ini mahal. Selain itu juga, manfaat dari pohon ini tidak umum karena bisa untuk menangkal gangguan jin maupun gangguan sihir.

Berikut ini akan dibahas tentang bagaimana meramu atau mengolah daun pohon bidara untuk gangguan lambung, diantaranya adalah:

1. Petiklah Daun Pohon Bidara Paling Ujung (Masih Segar)


Pilihlah daun yang masih muda atau segar dan hal tersebut ada di bagian paling ujung. Ambil dan petik sebanyak 3-9 sesuai kebutuhan (diambil dalam jumlah ganjil). Pengambilan dalam jumlah ganjil dipercaya bisa menangkal gangguan sihir yang dikirim oleh orang lain.

Itu adalah salah satu keistimewaan dari pohon ini.

2. Jemur dan Keringkan Daun Bidara


Jemurlah daun pohon bidara di bawah sinar matahari atau bisa menggunakan alat bantu berupa oven atau pemanas lainnya. Jemur atau keringkan sampai benar-benar kering sampai teksturnya menjadi kaku.

Jika dijemur dalam sinar matahari, maka anda bisa menunggunya seharian untuk sampai kering.

3. Rebuslah Daun Bidara yang Sudah Kering ke Dalam Air Mendidih


Siapkan air sekitar 500 ml untuk dipanaskan atau didihkan. Kemudian setelah mendidih, masukkan 7 lembar daun pohon bidara yang sudah kering. Sebelum dimasukkan ke air mendidih, remaslah daun pohon bidara tersebut sampai ukurannya menjadi kecil.

4. Saring Rebusan dan Tuangkan Airnya ke dalam Wadah Saji


Daun pohon bidara yang sudah mendidih dan terlihat sudah tercampur bisa dilihat dengan warna bening kekuning-kuningan seperti teh. Jika sudah, angkat dan tuangkan ke dalam gelas atau wadah saji dengan menyaringnya.

Tujuan menyaring pastinya untuk memisahkan antara air dan daun pohon bidara itu sendiri. Tujuan lain disaring adalah agar enak pas diminumnya. Berikut ini akan dijelaskan juga tentang bagaimana membuat teh dari daun pohon bidara, yaitu:

1. Petik dan ambil daun pohon bidara secukupnya (dalam jumlah ganjil).

2. Cuci bersih dengan air yang mengalir.

3. Anginkan daun pohon bidara yang sudah dibersihkan sampai airnya agak hilang.

4. Oven atau jemur daun pohon bidara sampai kering.

5. Remas daun pohon bidara sampai kecil bentuknya. Kemas setelah dingin.

6. Setelah itu, tinggal lakukan seperti membuat teh biasa, yaitu ambil gula secukupnya dan daun pohon bidara yang sudah kering tadi kemudian rebus dengan air 300 ml. setelah itu, tuang ke dalam gelas yang sudah diberi madu jika anda ingin lebih manis (sesuai selera).

Baca Juga :

Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi olahan daun pohon bidara untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Bisa Meredakan Demam

demam
Sumber: bukalapak.com
Daun bidara memiliki kandungan antipiretik yang mana kandungan tersebut bisa menurunkan suhu tubuh. Sehingga kandungan tersebut bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk pennyakit demam. Untuk negara India, daun bidara digunakan untuk obat diare, malaria, hingga kencing manis. Di negara Malaysia, daun bidara untuk obat sakit perut.

2. Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka

penyembuhan luka
Sumber: cdn.idntimes.com
Dengan mengonsumsi daun bidara, bisa mempercepat penyembuhan luka yang terjadi. Luka tersebut lebih ditujukan kepada kulit. Hal tersebut bisa dilakukan karena daun bidara mempunyai kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat baik dalam mempercepat proses regenerasi kulit.

Kandungan senyawa glikosida bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka tersebut antara lain luka lecet, tersayat, atau tergores. Selain bisa dilakukan dengan meminum air rebusannya, cara penyembuhan juga bisa dengan mengoleskan daun pada lukanya.

Bisa dengan cara lain pula, yaitu dengan mengambil bubuk ekstrak dari daun bidara dan kemudian dicampur sedikit dengan air hingga menjadi pasta. Balurkan pada area kulit yang terluka.

3. Bisa Menjaga Kesehatan Bibir dan Mulut

bibir
Sumber: medkomtek.com
Daun bidara juga bisa menjaga kesehatan bibir dan mulut, yaitu bibir pecah-pecah dan sariawan. Kandungan anti oksidan yang ada di daun tersebut bisa menghalau bakteri yang menetap di mulut dengan mengusirnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara meramu atau mengolah daun pohon bidara untuk pengobatan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Meramu Daun Pohon Bidara untuk Obat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel