Artikel Pilihan

Manfaat Daun Pohon Bidara untuk Anak Demam

Daun Bidara

Daun pohon bidara memang dikenal sebagai salah satu tumbuhan herbal yang mana salah satunya bisa menurunkan demam. Sebelum ke pembahasan inti, ada baiknya jika anda mengetahui secara umum apa itu demam.

Demam adalah suatu kondisi seseorang yang tubuhnya memiliki suhu mencapai 37,5 derajat celcius karena adanya infeksi ringan hingga parah. Demam menjadi proses kekebalan tubuh seseorang yang sedang melawan infeksi akibat dari virus.

Demam bisa terjadi jika seseorang terlalu lama terkena sinar matahari karena penyakit hipertiroidisme. Jika mencapai angka 39 derajat celcius sudah dianggap tinggi atau serius dan perlu ditangani segera. Demam sendiri bisa hilang dalam beberapa hari.

Jika serius demamnya yah, bisa memakan lebih dari waktu biasanya atau lebih dari beberapa hari.

Daun pohon bidara bisa digunakan sebagai obat penurun demam yang mana caranya cukup menyiapkan satu genggam daun bidara segar, ditambah dengan satu buah jari rimpang kunyit. Silahkan tumbuk ramuan tersebut hingga halus.

Dengan menggunakan obat-obatan tradisional, toksisitasnya relatif lebih rendah dibandingkan dengan obatan kimia. Jadi, relatif lebih aman alias tidak ada efek samping bila penggunaannya benar. Obat demam untuk anak enaknya cukup memetic daun pohon bidara sebanyak lima lembar (harus ganjil).

Setelah itu, remas daun dengan menggunakan minyak zaitun, minyak makan, minyak tanah, minyak kayu putih, atau minyak lainnya. Lebih baik jika saat meremas daun membaca surat Al-Fatihah setelah itu poleskan ke seluruh tubuh.

Jadi dengan olesan tersebut, tubuh seseorang akan sehat kembali. Berikut adalah penggunaan tanaman obat dengan dosis yang tepat untuk anak, yaitu 2-5 tahun (1/4 dosis dewasa), 6-9 tahun (1/3 dosis dewasa), 10-13 tahun (1/2 dosis dewasa), dan 14-16 tahun (3/4 dosis dewasa).

Berikut adalah manfaat daun pohon bidara bagi kesehatan tubuh selain untuk menurunkan demam, antara lain:


1. Memberikan Perlindungan bagi Tubuh dari Penyakit Berbahaya

perlindugan
Sumber: digitaloceanspaces.com
Selain menjadi pengobatan alternatif, daun pohon bidara juga bisa mencegah timbulnya tumor. Karena selain mengandung fenolat, pohon bidara juga bisa bertindak sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti jamur, dan anti mikroba.


2. Mencegah Efek Radiasi Sinar Matahari terhadap Tubuh

efek radiasi
Sumber: media.suara.com
Khasiat dari daun ini adalah melindungi sel DNA agar tidak rusak karena terkena radiasi sinar matahari. Karena kita ketahui sendiri, bahwa sinar radiasi matahari membuat berbagai masalah terhadap kesehatan, salah satunya adalah munculnya sel kanker (melanoma).

Baca Juga :

3. Bisa Menenangkan Saraf

menenangkan saraf
Sumber: orami.co.id
Daun bidara bisa menenangkan saraf dengan memunculkan sifat anti cemas dan sedatif saat mengonsumsi ataupun memakainya. Selain itu juga, bisa memperbaiki koordinasi dan respon serta memiliki sifat hipnotis.

4. Bisa Mengatasi Konstipasi

konstipasi
Sumber: doktersehat.com
Jika anda sedang mengalami sembelit, minum rebusan dari daun bidara setiap hari bisa meredakan masalah pencernaan tersebut. Coba saja deh.

5. Bisa Melawan Sel Kanker dalam Tubuh

melawan sel kanker
Sumber: awsimages.detik.net.id
Daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga bisa melawan pertumbuhan sel kanker tertentu yang ada di tubuh. Pernyataan ini baru terbukti di penelitian laboratorium, belum diujicobakan kepada manusia.


6. Bisa Menyembuhkan Sakit Maag dan Sistem Pencernaan

maag
Sumber: ilovelife.co.id
Daun bidara bisa menyembuhkan sakit maag dan meredakan berbagai penyakit lambung yang ada. Manfaat daun bidara ini terasa dengan mengeluarkan racun di dalam pencernaan. Selain itu juga mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.


7. Bisa Mengatasi Kesulitan Tidur

susah tidur
Sumber: muslimobsession.com
Daun bidara mempunyai manfaat dalam mengatasi gangguan tidur (insomnia). Adanya kandungan saponin dalam daun ini bisa memberikan efek ketenangan bagi penggunanya. Alternatif lain adalah bisa mengonsumsi teh daun bidara. Selain itu, dengan mengonsumsi daun bidara juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

8. Bisa Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

haid
Sumber: res.cloudinary.com
Adanya ketidakseimbangan hormon menyebabkan haid para wanita tidak lancar. Jika anda mengalaminya maka cobalah untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pihak medis. Kaitannya dengan daun bidara, daun tersebut bisa menyeimbangkan hormon dan melancarkan haid.

Nah, itulah manfaat daun pohon bidara untuk anak demam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Pohon Bidara untuk Anak Demam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel