Artikel Pilihan

Cara Menanam Dracaena Deremensis

ciri ciri pohon Dracaena Deremensis

Dracaena Deremensis adalah salah satu jenis tanaman hias berbentuk daun dengan warna yang mempesona. Biasanya dijadikan tanaman hias indoor karena sangat cantik dan dapat menyerap racun dalam ruangan. Pertumbuhan Dracaena Deremensis akan ideal pada tempat yang terang dan pada ketinggian 10 hingga 1.500 mdpl.

Umumnya Dracaena akan berbunga pada Juni-September. Sementara waktu panen tanaman ini adalah pada bulan April-Mei. Apabila tertarik dengan tanaman satu ini, mari simak cara menanam Dracaena Deremensis berikut ini.

Klasifikasi Ilmiah

Berikut klasifikasi ilmiah dari Dracaena Deremensis :
  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monokotil
  • Famili : Dracaenaceae
  • Genus : Dracaena

Macam-macam Dracaena Deremensis

Umumnya, Dracaena menyajikan tampilan daun dengan ukuran batang beraneka ragam. Varietas Dracaena Deremensis disebut salah satu yang populer dan banyak dibudidayakan masyarakat. Khusus varietas ini disinyalir mampu tumbuh hingga ketinggian 60-150 cm. Berikut penjelasan macam-macam Dracaena Deremensisnya.

1. Dracaena deremensis Warneckii

Varietas satu ini akan tumbuh dengan baik dan optimal pada tempat dengan intensitas penyinaran cahaya matahari rendah. Bentuk daunnya serupa dengan pedang, panjang sekitar 40-60 cm, dan kaku. Banyak ditemukan gradasi warna daun hijau dengan abu dan terdapat strip yang berwarna putih.

2. Dracaena deremensis Janet Craig

ciri ciri pohon Dracaena Deremensis Craig
Sumber: amazon.co.uk
Varietas Dracaena satu ini mudah dikenali dari daunnya yang berwarna hijau tua. Sementara, bentuk daun serupa dengan pita dan memiliki leba 5 cm dan panjang 30-45 cm.

3. Dracaena deremensis Longii

Mudah dikenali dari bentuk daun serupa dengan Yanet Craig. Tetapi ukuran daunnya lebih ramping dan panjang dengan bagian ujung meruncing. Warna daun varietas ini hijau tua dan pada bagian tengah terdapat warna putih lebar yang membujur dari pangkal sampai ujung daun.

Baca Juga :

Cara Menanam Tanaman Dracaena Deremensis

Cara menanam Dracaena Deremensis berikut ini kurang lebih sama seperti langkah menanam Dracaena pada umumnya.

1. Pahami Kebutuhan Tanaman

Sebelum proses penanaman dimulai alangkah baiknya memahami apa saja yang diperlukan tanaman selama proses pertumbuhan. Sehingga hasilnya lebih maksimal dan tampak indah. Dracaena Deremes idealnya tumbuh pada area yang disinari oleh cahaya matahari secara tidak langsung.

Tanaman ini juga dapat disinari dibawah cahaya lampu, dengan catatan lampu tersebut berkekuatan 400 f.c. Kebutuhan lainnya yang wajib dipenuhi adalah suhu ideal tanaman tumbuh. Ketika siang hari memerlukan suhu lingkungan antara 75 sampai 80 derajat fahrenheit. Sedangkan, saat malam hari suhu idealnya sekitar 65 sampai 70 derajat fahrenheit.

2. Memperbanyak Bibit Tanaman

Proses memperbanyak bibit tanaman satu ini memungkinkan melalui cara stek batang. Ambil dari batang indukan Dracaena dan pisahkan sebagian rumpun.

3. Persiapkan Media Tanam

Selanjutnya mempersiapkan media tanam yang ideal bagi Dracaena dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang maupun kompos, dan pasir kasar. Perbandingan yang digunakan adalah 1:1:1. Pastikan media tanaman selalu ada pada keadaan lembap setiap waktu. Jadi, setiap 4-5 kg media tanam ditambahkan dengan 1,5 sdm the super phosphate 20%, 2 pupuk 5-10-5 sebanyak 2 sdm, dan 1 sdm kapur .

4. Pemupukan Tanaman

Lakukan pula pemupukan tanaman Dracaena Deremensis per 6 bulan sekali. Pupuk paling direkomendasikan adalah pupuk kompos dan pupuk kandang. Penyiangan perlu dilakukan terhadap gulma yang berada sekitar tanaman supaya pertumbuhan daun tidak terganggu.

Seperti itulah cara menanam Dracaena Deremensis yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Perawatannya pun tidak begitu sulit asal dilakukan rutin. Selamat mencoba di rumah ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Dracaena Deremensis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel