Artikel Pilihan

Cara Menanam Tanaman Bunga Peace Lily

ciri ciri pohon bunga peace lily

Bunga Lily merupakan salah satu bunga paling populer dan cantik. Bagaimana dengan Bunga Peace Lily yang terkategorikan dalam varietasnya. Menyajikan ketenangan, nuansa tropis, dan keindahan. Biasanya Peace Lily ditanam dalam kamar karena membuat udara segar dan menambah suasana artistik interior.

Adapun asal usul nama Peace Lily karena bunga ini tampak putih bersih melambangkan bendera putih perdamaian. Termasuk dalam kategori tanaman tropis yang disinyalir dapat hidup lebih lama dan akan berbunga terus.

Bunga Peace Lily lebih sering ditemukan pada ruangan kantor dan rumah yang sedikit terkena pencahayaan matahari. Tanaman ini dapat tumbuh hingga panjang batang 4 kaki. Daunnya berwarna gelap membuat warna kontras dengan bunga yang berwarna putih.

Tempat Ideal Tanaman Bunga Peace Lily


Secara praktis bunga Peace Lily dapat tumbuh dalam lemari, namun bukan berarti menjadi tempat tepat meletakkannya. Bahkan, meletakkan tanaman bunga ini pada tempat yang gelap mengakibatkan bunganya sulit mekar.

Walaupun banyak tanaman Peace Lily dijadikan tanaman hias, tetapi dapat menumbuhkannya secara outdoor pada tempat teduh. Disamping itu, kondisi tanah harus selalu lembab agar pertumbuhan tetap optimal.

Cara Menanam Bunga Peace Lily

Tempat pertumbuhan ideal tanaman Peace Lily berada dalam wadah. Namun, tidak perlu menanam dalam pot yang berukuran sangat besar. Berikut ini cara menanam bunga Peace Lily yang dapat diterapkan.
  1. Memilih wadah yang memiliki sistem drainase baik. Pastikan juga ukuran wadah melebihi ⅓ besarnya bola akar bunga Peace Lily.
  2. Mengisi wadah sebanyak ⅓ dari dengan media tanam ideal yakni campuran kulit kayu atau kompos dan tanah. Tambahkan pula kandungan sabut kelapa untuk membantu tanah menjadi selalu basah.
  3. Menempatkan bibit tanaman pada wadah hingga bagian atas bola aka tertutup 1 inci dan bagian bawah pelek guna meninggalkan ruang penyiraman air. Mengisi media tanam pada sekitaran bola akar.
  4. Melakukan penyiraman bunga Peace Lily sampai dirasa air mengalir dari dasar pot keluar. Selanjutnya, letakkan sebuah piring pada bagian bawah pot agar air tidak berceceran kemana-mana.

Baca Juga :

Cara Perawatan Bunga Peace Lily

 Perawatan Bunga Peace Lily cenderung praktis asal dilakukan secara konsisten.

1. Penyiraman Tanaman

Bunga Peace Lily memerlukan tanah yang selalu lembab tetapi tidak tergenang oleh air. Jadi, ketika bagian atas tanah mengering, mulailah disirami dengan air hingga ke dasar tanah. Penyiraman harus dilakukan rutin setiap hari, terutama saat musim kemarau tiba siramlah 2 kali per hari agar tanah tidak mengalami kekeringan.


2. Pemberian Pupuk

Tanaman tidak akan hidup tanpa diberikan pupuk. Untuk bunga Peace Lily idealnya pemberian pupuk setelah melewati satu bulan penanaman. Pupuk paling direkomendasikan adalah pupuk kompos maupun pupuk kandang karena ramah lingkungan. Apabila hendak meletakkan bunga Peace Lily dalam ruangan maka tidak ada salahnya memberikan pupuk urea. Ada juga pemberian pupuk nabati terhadap tanaman ini dengan cara oleskan langsung pada tanah atau dicampur dengan air ketika disiram.

Umumya bunga Peace Lily akan tumbuh ramai dalam sebuah pot. Apabila pertumbuhan bunga mulai lay maka memerlukan wadah baru yang diameternya lebih besar. Pasalnya, bunga Peace Lily dalam kondisi ini membutuhkan tanah lebih banyak guna menampung air. Proses reporting ini hanya dilakukan saat bunga mulai memenuhi pot.

Seperti itulah cara menanam tanaman bunga Peace Lily yang cukup mudah dilakukan. Lakukan perawatan secara konsisten untuk memperoleh bunga yang cantik dan pertumbuhan baik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Bunga Peace Lily"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel