Artikel Pilihan

Intip 8 Macam Tanaman Hias Menyerap Racun

ciri ciri pohon tanaman hias

Rumah dengan desain arsitektur dan interior menawan tidaklah cukup tanpa tambahan tanaman hias. Ternyata 8 macam tanaman hias berikut ini ampuh menyerap racun. Terutama yang disebabkan oleh polutan dalam rumah cukup berdampak serius bagi kesehatan. Pencemaran udara dari luar rumah memang populer dibandingkan yang berada dalam rumah.

Adapun beberapa polutan berbahaya yang sirkulasinya berada dalam ruangan antara lain pestisida, nitrogen oksida, karbon monoksida, formaldehyde, volatile organis compunds, dan desinfektan. Faktanya menghirup udara dengan kandungan polutan ini menyebabkan 'sindrom bangunan sakit'. Alhasil, penghuni rumah berpotensi besar mengalami sakit kepala, alergi, mudah kelelahan, dan fatalnya mengidap kanker.


8 Macam Tanaman Hias Menyerap Racun

Tanaman hias berikut ini tidak hanya mempercantik ruangan, selain itu ampuh menyerap berbagai racun berbahaya.

1. Chinese Evergreens

Tanaman Chinese Evergreens atau Sri Rejeki ini sangat populer di Indonesia. Bentuknya cantik, dipercaya mendatangkan keberuntungan, dan mampu menyerap racun. Biasanya Chinese Evergreens ditempatkan pada kamar mandi guna menghilangkan formaldehyde yang ada di udara. Lebih tepatnya diletakkan dekat dengan pancuran air atau shower.

2. Rhapis Excelsa

Rhapis Excelsa adalah salah satu jenis palem tidak mudah rusak. Tanaman hias ini mudah beradaptasi pada berbagai kondisi cahaya dan suhu udara. Meskipun pertumbuhannya lambat, tanaman Rhapis dianggap efektif menyerap racun dan pemeliharaannya mudah.

3. Dracaena Deremensis

Daun Dracaena Deremensis satu ini memiliki perawatan mudah dan membutuhkan cahaya terang agar tumbuh subur. Dracaena juga dapat beradaptasi pada area yang memiliki cahaya rendah dengan cara penyiraman air dikurangi. Jaga pula tanah yang ditanami tanaman ini supaya tetap lembab. Semprotkan pula tanahnya dengan air hangat.

4. Palem Kuning

ciri ciri pohon palem kuning
Sumber: gardener.id
Palem Kuning memiliki nama latin Areca Palm adalah jenis tanaman hias indoor. Mudah dikenali dari pelepah daunnya yang berukuran cukup panjang dan menutupi batang beruas-ruas. Ketinggian pohon ini disinyalir mencapai 1-6 meter.

Baca Juga :

Supaya pertumbuhannya optimal, letakkan Palem Kuning pada tempat lembab, meskipun pada dasarnya mudah beradaptasi dimanapun. Meletakkan Palem Kuning mampu menyerap polutan senyawa formaldehyde yang berasal dari furniture yang difernis.

5. Palem Bambu

Palem Bambu membutuhkan pencahayaan matahari yang terang agar dapat tumbuh subur. Idealnya pertumbuhan pohon menjadi optimal pada wilayah lembab tetapi tidak perlu disiram banyak air.

6. Peace Lily

ciri ciri pohon peace lily
Sumber: idntimes.com
Sama seperti varietas bunga lili pada umumnya, tanaman Peace Lily memiliki keindahan ketika dipandang mata. Disinyalir sangat efektif menjadi pembersih udara dalam ruangan. Untuk perawatannya juga tidak sulit, cukup memperhatikan penempatannya.

Tanaman hias Peace Lily dikenal sebagai bunga yang mampu menghilangkan racun formaldehida dan benzena. Tempat paling ideal meletakkan tanaman Peace Lily adalah area dengan kelembaban tinggi dan cahaya matahari intens. Penyiraman tanaman ini juga berbeda, bagian daunnya harus disemprotkan air hangat.

7. Karet Hias

Karet Hias dengan nama latin Ficus Robusta ini adalah tanaman hias yang mampu menyerap formaldehid. Selain itu, dapat memproduksi oksigen sehingga menyegakan udara. Bagian daun Karet Hias berwarna hijau terang dan bertekstur kenyal.

Hal inilah yang menyebabkan Karet Hias dinamai Rubber Plant oleh masyarakat. Ketika meletakkan tanaman ini sebaiknya hindari area yang begitu terang. Jangan diletakkan langsung di bawah pancaan sinar matahari karena akan memperhambat pertumbuhan.

8. Pakis Boston

Pakis Boston merupakan tanaman hias dengan ciri spesifik, jadi mudah dikenali. Pada setiap helai daun ditemukan beberapa helai lagi seperti jumbai-jumbai. Ternyata Pakis Boston masih sekeluarga dengan Pohon Suplir. Stomata dalam Pakis Boston menjadi penyedot racun xylene dan formaldehid.

Tanaman hias diatas tersebut sangat ampuh menyerap berbagai racun halus dalam ruangan. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Intip 8 Macam Tanaman Hias Menyerap Racun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel