Artikel Pilihan

Cara Menanam Bunga Kenop

ciri ciri pohon bunga kenop

Bunga Kenop sering disebut bunga Kancing mungkin menjadi tumbuhan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak yang membudidayakan bunga Kenop karena dianggap sebagai tanaman obat. Setiap daerah yang menanam bunga Kenop juga memberikan nama tersendiri, seperti Kembang Puter dan Kembang Gundul. Dalam pembahasan kali ini akan mengulas cara menanam bunga Kenop yang baik dan benar.

Salah satu ciri fisik dari bunga satu ini yang mudah dikenali adalah struktur tanaman perdu. Bentuk daun runcing kecil dengan saling berhadapan. Bunga Kenop yang ideal dan sehat berbentuk bulat, seperti bola dengan warna merah keunguan dan putih. Selain menjadi tanaman obat, bunga Kenop kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias karena daya tariknya yang sangat indah.

Adapun habitat alami dari bunga ini yakni dataran rendah hingga dataran tinggi. Dulunya bunga Kenop tidak dijadikan budidaya karena dapat tumbuh dengan subur di hutan alias tanaman liar. Budidaya bunga Kenop ini juga tergolong mudah setara dengan kemudahan cara menanam tapak dara.

Bentuk bunga yang perdu membuat Kenop lebih cantik ketika ditanam secara bergerombol. Terlebih lagi bentuk daun yang rimbun dan bunga berwarna cerah. Asal muasal tumbuhan ini yakni tumbuh di kawasan Asia dan Amerika.

Kebanyakan dimanfaatkan sebagai tanaman hias baik diluar ruangan maupun dalam rumah. Dibalik keindahan tanaman ini, rupanya digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal. Sebab, bunga Kenop memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia karena kandungan Amarathin dan Gomphrenin.

Manfaat Bunga Kenop

ciri ciri pohon bunga kenop
Sumber: idntimes.com
Beberapa manfaat bunga Kenop bagi kesehatan manusia, antara lain:

- Membantu atasi masalah pencernaan, terutama buang air kecil kurang lancar.
- Mendorong penyembuhan luka luar lebih optimal, contohnya koreng.
- Mendorong penyembuhan penyakit disentri.

Baca Juga :

Cara Menanam Bunga Kenop

Persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat untuk penanaman bunga Kenop yakni biji bunga Kenop, tanah kebun yang telah dicampur pupuk kandang, pupuk kompos, dan pot berukuran besar.

Langkah awal dengan menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Sebenarnya penggunaan tanah bebas karena tumbuhan liar memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Jadi, dapat menggunakan berbagai macam tanah.

Rekomendasi terbaik dengan campuran tanah dengan pupuk kompos lalu diaduk rata. Setelah itu diamkan selama 1 minggu agar mengeluarkan oksigen dan tanah lebih bernutrisi bagi tanaman.

Masukkan campuran tanah tersebut dalam pot besar sampai penuh. Periksa lagi media tanam tersebut harus bebas dari bebatuan dan berbagai tumbuhan. Lakukan penyemaian biji yang didapat dari sela-sela kelopak bunga Kenop.

Proses penyemaian tersebut langsung dilakukan dalam pot agar proses penanaman efektif. Setelah itu, letakkan pot bunga di teras bunga guna melindungi dari panas matahari dan air hujan.

Ingat ketika seminggu pertama, tidak perlu menyiram pot atau biji yang telah semaikan. Penyiraman pada masa awal tersebut justru menyebabkan biji Kenop membusuk. Apabila biji mulai berkecambah baru dapat disiram menggunakan sprei air sedikit.

Pada umur tanaman kurang lebih 1 bulan, sudah memiliki struktur yang kuat. Sehingga, dapat dipindahkan pot berisi bungan Kenop ke tempat terbuka. Tidak perlu khawatir dengan warna daun dari bunga Kenop karena akan berwarna hijau setelah tumbuh bunga.

Penanaman bunga Kenop sebaiknya dilakukan pada area hangat dan terang. Namun, jangan sampai bunga tersebut terlalu kering dan sering kepanasan. Lakukan penyiraman sekali sehari agar menjenuhkan area akar tanaman. Apabila ditemukan daun maupun cabang layu segera lakukan penyiangan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Kenop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel