Artikel Pilihan

Penyakit Berbahaya yang Dapat Dicegah Dengan Konsumsi Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara akan menghasilkan sebuah daun yang berbentuk lonjong dengan warna hijau. Daun dari bibit pohon bidara memiliki kandungan yang sangat bermanfaat, yaitu phelonic, asam triterpenic, saponin, polisakarida, dan flavonoid. Kandungan-kandungan itu bisa mencegah anda agar tidak terkena berbagai penyakit berbahaya.

Penyakit yang dimaksud adalah penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 2 juta rakyat Indonesia memiliki risiko terserang penyakit ini. Sebenarnya penyakit ini dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan tambahan memakan bibit pohon bidara. 

Penyakit Kardiovaskuler yang Dapat Dicegah Dengan Bibit Pohon Bidara 

1. Penyakit Diabetes 

Diabetes bisa disebabkan karena kadar gula dalam tubuh yang tidak terkontrol. Diabetes dapat menghantui anda yang terlalu sering makan manis atau memang keturunan dari orang tua yang memiliki riwayat diabetes. 

Dampak paling berbahaya dari diabetes adalah penyakit jantung yang berujung pada kematian. Kadar gula dalam badan bisa dikurangi dengan rutin memakan bibit pohon bidara dan menerapkan pola hidup yang sehat. 

Bila sudah terserang diabetes, anda harus membatasi makan makanan yang mengandung banyak gula. Susahnya lagi, anda akan tergantung pada obat-obatan untuk mengendalikan kadar gula tersebut. 

2. Sel Kanker 

Penyakit berbahaya selanjutnya yang sering menyerang manusia adalah kanker. Setiap orang, termasuk anda memiliki risiko untuk terserang penyakit ini. Sel kanker bisa tumbuh di tubuh anda karena kesalahan sistem yang menyebabkan sel rusak yang harusnya mati masih bertahan. 

Bibit pohon bidara mengandung banyak sekali zat yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Anda bisa merebus buah atau daunnya hingga matang dan meminum airnya. Untuk menambah rasanya, tambahkan dengan madu atau susu. 

Tanaman ini yang dikonsumsi dengan rutin terbukti bisa memperlambat sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. 

3. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kematian langsung karena pembuluh darah yang cepat. Penyakit dapat menyerang anda karena kerja jantung yang semakin berat untuk memompa darah. 

 Kerja jantung semakin berat disebabkan karena anda terlalu banyak mengonsumsi garam dan kurang minum air putih. Tekanan darah tinggi dapat dilihat gejala pusing, mual, kepala terasa berat atau bahkan tanpa gejala sama sekali. 

Zat flafonoid dari bibit pohon bidara dapat membantu anda mengendalikan tekanan darah tinggi, setelah anda menerapkan pola hidup yang sehat tentunya. Minumlah rebusan air daun bidara atau memakan buahnya langsung. 

4. Membuat Peredaran Darah Lebih Lancar 

Salah satu penyebab penyakit berbahaya dalam tubuh adalah peredaran darah yang tidak lancar. Peredaran darah yang tidak lancar disebabkan darah yang kental karena kekurangan zat besi dan vitamin C. 

Kedua kandungan tersebut terdapat di bibit pohon bidara. Rutin memakan bagian dari tanaman ini bisa membuat peredaran darah anda menjadi lebih lancar. Salah satu gejala yang bisa menandakan anda memiliki darah yang kurang lancar adalah sering kesemutan dan keram pada tangan atau kaki. 

5. Mencegah Terserang Penyakit Jantung 

Kolesterol yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung yang dapat menyebabkan seseorang mati seketika. 

Daun dan bibit pohon bidara kaya akan zat beta karoten yang berguna untuk mengatasi mengendalikan kolesterol di dalam tubuh. Efeknya, risiko penyakit jantung jadi berkurang menyerang tubuh anda. Penyakit jantung dapat menyerang tubuh dengan tiba-tiba tanpa menunjukkan gejala terlebih dahulu. Itulah mengapa penyakit jantung sangat berbahaya dan paling banyak merenggut nyawa manusia. 

6. Meningkatkan Metabolisme 

Obesitas dan kelelahan disebabkan oleh metabolisme yang mulai lambat. Ketika metabolisme sedang cepat, tubuh akan lebih banyak membutuhkan kalori. Begitu juga sebaliknya. Hal ini yang menyebabkan anda cepat gemuk. 

Kegemukan dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penumpukan kolesterol, tekanan darah yang terlalu tinggi, serta kadar gula yang tinggi. Ujungnya, anda akan terkena penyakit jantung dan penyakit berbahaya. 

Metabolisme dapat ditingkatkan dengan meningkatkan massa otot atau mengonsumsi bibit pohon bidara secara rutin. 

Tanaman ini memang tidak terlalu meningkatkan kecepatan metabolisme. Namun, dapat membantu jika dikonsumsi secara rutin. 

Manfaat Bibit Pohon Bidara Untuk Kulit 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: watyutink.com
Selain dapat menyembuhkan penyakit dalam tubuh, tanaman ini juga bisa menyembuhkan penyakit luar. Bibit pohon bidara dapat menyembuhkan luka bakar atau luka goresan. Daun pada tumbuhan ini juga bisa mencegah terjadinya infeksi karena memang mengandung anti bakteri yang cukup kuat. 

Masalah kulit lain disebabkan karena bakteri adalah jerawat. Anti bakteri dari bibit pohon bidara juga cocok untuk mengusir jerawat yang membandel di wajah. Cucilah muka dengan air hasil rebusan dengan daun bidara. 

Bibit pohon bidara juga bisa mengatasi masalah kulit yang kering karena tanaman yang satu ini cocok digunakan sebagai masker. Tumbuk beberapa daun bidara dan campurkan dengan air. Setelah itu oleskan ke seluruh muka. 

Mengonsumsi bibit pohon bidara bisa menghindari anda dari berbagai penyakit itu. Bila sudah terkena salah satu penyakit itu, bila masih selamat, anda harus mengonsumsi obat-obat selama sisa hidup anda. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Berbahaya yang Dapat Dicegah Dengan Konsumsi Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel