Artikel Pilihan

Cara Membuahkan Pohon Bidara dengan Mudah

ciri ciri pohon buah bidara

Pohon bidara bisa berbuah atau sudah bisa melakukan pembuahan pada usia enam bulan. Bisa dibilang pohon ini sangat cepat dalam proses pembuahannya karena mungkin dipengaruhi oleh tinggi badan dan bentuk pohonnya yang tidak besar seperti lainnya.

Jadi walaupun bentuk batangnya kecil sedang dan tingginya juga tidak terlalu sudah bisa berbuah. Cara membuahkan pohon bidara bisa dilakukan merangsang tanaman agar tumbuh bunga.

Pohon ini tumbuh di ketinggian sekitar 1000 mdpl dan memiliki curah dengan rendah antara 300-400 mm per tahun. Suhu maksimum dari tumbuhan ini adalah 37-48 derajat celcius. Suhu minimum 7-13 derajat celcius.

Pohon ini diperbanyak melalui proses vegetative berupa stek. Benih pohon bidara dianjurkan untuk disemai dulu dan jarak tanam yang dapat digunakan untuk menanam pohon bidara, yaitu sekitar 5-9 meter.

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara membuahkan pohon bidara dengan mudah, antara lain:


1. Melakukan Pruning atau Pemangkasan Pucuk Tanaman Bidara

Dengan melakukan pemangkasan, maka pohon bidara dalam pembungannya bisa terjadi dengan cepat. Pangkas cabang tanaman yang tidak produktif, bisa cabang yang kondisinya tua atau terserang penyakit, cabangnya mati, dan cabangnya lambat dalam pertumbuhannya.

Bekas pangkasan tadi bisa memunculkan cabang baru lagi yang mempunyai tingkat produktivitas lebih baik. Adanya pemangkasan tersebut juga bisa untuk memudahkan pancaran sinar matahari yang masuk ke seluruh bagian tanaman.


2. Menggunakan Pupuk yang Sesuai

ciri ciri pohon pupuk
Sumber : tanamanart.com
Penggunaan pupuk yang sesuai dan dosisnya tepat membuat pembuahan atau munculnya buah pada pohon bidara bisa dilakukan dengan cepat. Cukup menyiapkan lima liter air untuk melarutkan pupuk. Kemudian siapkan satu sendok makan pupuk NPK Phonska 15:15:15.

Selain itu siapkan satu sendok makan pupuk ultradap (kandungan N 12% dan P05 60%) yang gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar, batang, bunga, dan buah. Siapkan satu sendok makan pupuk KNO3 (kandungan N 13% dan K20 45%), dimana fungsinya untuk mencegah kerontokan buah.

Baca Juga :

Siapkan juga 1 sendok makan pupuk kalsium super untuk memperkuat pohon dari serangan patogen dan cendawan. Aduk semua pupuk tersebut hingga larut. Pemupukan dilakukan dengan cara dikocor agar unsur hara yang diberikan bisa terserap langsung dengan mudah.

Sebelum dilakukan pemupukan, bersihkan pohon dari gulma yang ada (jika ada di sekitar). Lakukan penggemburan tanah agar mudah meresap ke tanah secara cepat dan diserap oleh akar pohon. Pemberian pupuk dikocorkan di sekitar tanaman antara jarak 30-40 cm dari pangkal tanaman.

Dosis pupuk di atas digunakan untuk memupuk satu pohon bidara arab yang berumur enam bulan. Hasil pemupukan dengan munculnya tumbuh bunga bisa dilihat setelah kurang lebih dua minggu sejak pemupukan berlangsung.

Berikut ini adalah tips-tips dalam merawat pohon bidara agar sukses tumbuh dan berkembang, antara lain:

1. Tahu Langkah-langkah dalam Menyiram

Tiap pot atau wadah tanaman pasti memiliki lubang untuk jalan keluarnya air saat disiram. Langkah menyiram yang tepat dan tipsnya adalah berhenti menyiram saat air sudah keluar dri lubang tersebut dan meluap. Karena jika berlebihan, tanaman akan membusuk.

Asalkan tanah tersebut tidak digenangi oleh air terlalu serta mengandung unsur hara yang cukup, maka pohon ini bisa tumbuh subur. Dalam merawat pohon bidara aslinya tidak sulit. Tergantung yang merawatnya dan tahu juga akan kiat-kiat yang dilakukan dalam menumbuhkan pohon ini.


2. Menambahkan Kelembapan

Tanda-tanda tanaman yang mempunyai kelembapan rendah atau kekurangan kelembapan adalah munculnya bitnik-bintik cokelat pada daun. Jadi, segera tempatkan tanaman di daerah yang lebih lembab.


3. Berikan Pencahayaan Secukupnya yang Tepat

Tanaman atau pohon pasti memerlukan cahaya, entah cahayanya dalam jumlah banyak atau sedikit yang pastinya dibutuhkan untuk proses fotosintesis maupun pertumbuhan serta perkembangan. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan matahari sangat penting bagi tumbuhan.


4. Ubah Media Tanam

Kadang ada tanaman yang tidak bisa tumbuh maksimal walaupun air dan cahaya yang diberikan sudah tepat. Sehingga solusi yang tepat adalah dengan mengganti media tanam. Menggantinya dengan memperbarui tanah (mengganti dengan tanah baru yang banyak nutrisinya).


5. Melakukan Bersih-bersih Tanaman

Tanaman juga perlu dibersihkan dari kotoran atau parasit yang ada di sekitarnya. Sehingga bisa dimulai dengan membersihkan daun dengan menggunakan kain halus itu bisa. Lumayan menghindarkan diri dari debu atau kuman untuk sementara.

Nah, itulah penjelasan tentang membuahkan pohon bidara dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuahkan Pohon Bidara dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel