Artikel Pilihan

Pupuk yang Digunakan untuk Pohon Bidara agar Tetap Tumbuh

ciri ciri pohon bidara

Pohon bidara perlu tumbuh dengan baik sehingga diperlukan perawatan yang baik dan benar juga. Salah satunya adalah dengan menggunakan pupuk yang berkualitas. Dengan menggunakan pupuk yang baik dan rekomendasi maka pohon bidara bisa berkembang dengan baik.

Pupuk diberikan agar kebutuhan nutrisi tetap terjaga dan pupuk yang mengandung zat nitrogen amatlah penting untuk keseimbangan gizi pohon. Selain itu juga, diperlukan zat kalium yang bagus untuk kekuatan batang tanaman. Selain pupuk, ternyata ada hal-hal lain yang diperlukan agar pohon bidara tumbuh dan berkembang dengan baik, antara lain:

Berikut ini adalah teknik-teknik yang tepat agar pohon bidara bisa berkembang, antara lain:

1. Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Setiap pohon memiliki kekhasan tersendiri dalam mendapatkan kadar air. Tetapi, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyiram air, antara lain siram pohon di waktu pagi atau malam hari, siram secara merata pada satu titik atau bagian tertentu.

Hindari genangan pada pohon sehingga harus disiram secukupnya saja,

2. Teknik Cahaya Matahari Secara Merata

Eksposlah pohon bidara ke cahaya matahari. Karena pastinya setiap tanaman memerlukan fotosintesis. Berikan sinar matahari secukupnya dalam waktu yang disesuaikan dengan tipe tanaman atau pohon tersebut.


3. Teknik Kontrol Suhu dan Atur Kelembapan yang Pas

Pastikan suhu dan kelembapan pada tumbuhan atau pohon sudah disesuaikan. Jadi harus rajin mencari dua hal tersebut pada tanaman atau pohon yang dimiliki atau ditanam.

4. Teknik Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini

Sebelum menanam, pastikan terlebih dahulu anda tahu info tentang pohon yang akan ditanam salah satunya tentang penyakit hamanya seperti apa. Sehingga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait dengan hal tersebut, antara lain jagalah kualitas tanah pada pohon bidara.

Rutin melakukan rotasi tanaman, dimana menanam tanaman atau pohon secara bersamaan selain pohon bidara. Sehingga tidak tertinggal sarang hama dari salah satu jenis pohon.

5. Teknik Mengoptimalkan Lokasi dan Kondisi Tanaman

Mengoptimalkan wilayah dan suasana pohon bidara sangat penting dengan menambahkan pupuk, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan metode penyiraman yang tepat.

6. Teknik Memangkas Rumput Liar

Agar terhindar dari serangan penyakit dan hama, maka lebih baik pohon bidara secara rutin dipangkas rumput liarnya jika ada.

7. Teknik Potong Tanaman yang Kering atau Mati

Jika pohon bidara terlanjur diserang oleh hama maupun penyakit, maka anda bisa langsung melakukan pangkas atau memotong bagian tanaman pohon yang telah kering atau mati agar tidak menyebar ke bagian yang lainnya.

Jadi kata kuncinya, rutin melakukan pengecekan pada pohon bidara.

Baca Juga :

8. Teknik Hindari Pupuk Kimia

Lebih baik menggunakan pupuk organic daripada kimia, karena bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan menggunakan sisa kotoran hewan, kompos, campuran nutrisi makro, sampai pupuk daur ulang bisa digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan pohon.

Beberapa cara merawat pohon bidara agar tetap tumbuh dan berkembang, diantaranya:

1. Melakukan Penyiraman

Pohon bidara bukanlah tanaman yang membutuhkan air banyak, sehingga cukup disirami secara rutin dan teratur, yaitu setiap satu atau dua hari sekali. Hal tersebut didasarkan pada tempat asal pohon ini yang berada di tanah kering atau gurun.

Saat menyiram juga cukup diberikan secukupnya tanpa berlebihan.

2. Melakukan Pengajiran

ciri ciri pohon pengajiran
Sumber: 8villages.com
Bibit pohon bidara yang masih muda memliki batang yang belum kuat, sehingga batang tersebut perlu diberi pegangan atau yang disebut dengan ajir. Ajir bisa dibuat dari bambu yang dibelah menjadi kecil-kecil.

Tancapkan ajir ke sebelah bibit pohon bidara dan ikat keduanya dengan tali raffia. Hal tersebut agar pohon bidara yang masih kecil bisa berdiri tegak dan tumbuh dengan baik.

3. Melakukan Penyinaran

ciri ciri pohon pengajiran
Sumber: kompasiana.com
Agar tanaman maupun pohon bisa bertumbuh dengan baik, maka perlu mendapatkan pencahayaan atau sinar matahari secara langsung dengan tepat dan benar. Jadi letakkan pohon di tempat yang terbuka dan pastinya selalu mendapatkan cahaya yang masuk.

Nah, itulah penjelasan tentang pupuk yang digunakan untuk pohon bidara agar tetap tumbuh. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Pupuk yang Digunakan untuk Pohon Bidara agar Tetap Tumbuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel