Artikel Pilihan

Aglaonema Sebagai Tanaman Hias Rumah, Benarkah beracun?

Aglaonema, yang dikenal sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah dan sudut ruangan. Selain itu, tanaman hias ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Dengan adanya suplai oksigen dan udara bersih yang didapat dari aglaonema, membuat kita yang berada di sekitarnya dapat menurunkan tingkat stres kita.

Ciri Ciri Pohon Aglonema

Ya, tanaman hias dengan julukan Sri Rejeki ini memiliki berbagai varian, ukuran, daun, bentuk, warna, motif, hingga motif yang mana mampu menentukan harga jual dari tanaman itu sendiri.

Tanaman dengan julukan ‘Ratu Daun’ sangat fleksibel dan mampu hidup di dalam ruangan. Bahkan tanaman aglaonema mampu bertahan hingga satu minggu tanpa dikeluarkan sama sekali. Karena tanaman hias ini mampu tumbuh hanya dengan sebagian cahaya matahari saja, dan cukup menggunakan tempat yang terang menggunakan lampu.



Jika kita meletakkan tanaman ini di dalam rumah, kita bisa memanfaatkan lampu neon saja sebagai penerangan tanaman. Jadi, bisa dikatakan bahwa tanaman ini sangat cocok disebut sebagai tanaman hias indoor.

Jenis Aglaonema Terpopuler di Indonesia

1. Aglaonema Moonlight

Aglaonema moonlight adalah jenis tanaman aglaonema dengan daun berwarna merah muda lembut yang disertai dengan tulang daun sebagai pembatas dan penghias daun.
Ciri Ciri Pohon Aglonema
Sumber: bukalapak.com
Jika diletakkan di bawah lampu neon atau lampu penerangan lain, tanaman ini akan bercahaya menyerupai sinar rembulan. Itulah sebabnya, tanaman ini dinamakan aglaonema moonlight. Harga aglaonema moonlight sangat bervariasi, mulai dari 130 ribu hingga 350 ribu rupiah, tergantung dari usia, warna, dan bentuk daun.

Baca Juga :


2. Aglaonema Pride of Sumatera

Sesuai dengan namanya, yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia ‘Ratu dari Sumatera’. Ya, karena jenis aglaonema satu ini berasal dari tanah Sumatera yang mana memiliki daun dengan warna merah menyala. Keindahan itu juga bertambah dengan adanya tulang daun berwarna merah muda dan bercak hijau gelap di permukaan daunnya.

Jenis aglaonema Pride of Sumatera ini tergolong sebagai aglaonema terpopuler di Indonesia. Kisaran harga dari jenis aglaonema Pride of Sumatera ini mulai dari 100 hingga 250 ribu rupiah, yang serupa dengan aglaonema moonlight.

3. Aglaonema Lisptik

Aglaonema Lipstik atau biasa disebut dengan julukan Siam Aurora. Namanya yang cantik, bukan hanya nama semata, melainkan nama tersebut memang mencerminkan keindahan yang dimiliki dari jenis aglaonema ini.

Aglaonema lipstik memiliki warna merah pada tepi daunnya. Itulah mengapa jenis aglaonema ini dinamakan dengan aglaonema lipstik. Karena pada bagian bibirnya seperti diberi lipstik berwarna merah. Bisa juga dibilang sebagai biduan tanaman.

Di bagian tengah daun atau permukaannya berwarna hijau terang. Kombinasi warna merah dan hijau ini membuat aglaonema lipstik bisa tampil menawan dan membuatnya populer di Indonesia, khususnya di kalangan penggemar aglaonema.

Meskipun cantik penampilannya, tapi aglaonema ini sangatlah murah, bahkan harganya bisa di bawah 100 ribu rupiah. Jadi, tak heran kalau banyak penggemar aglaonema yang memiliki aglaonema lisptik di depan rumah mereka.

Aglaonema, Benarkah Beracun?

Di balik keindahan dan kecantikan dari tanaman aglaonema, ternyata tanaman hias ini memiliki racun. Hal ini telah diumumkan oleh Dr Susiani Purbaningsih, DEA, seorang Doktor dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Beliau mengungkapkan bahwa Sri Rejeki atau Aglaonema memiliki racun yang disimpan pada getahnya.



Getah yang mengandung racun itu sebenarnya hanya untuk melindungi diri dari bahaya serangan hama, dan serangga lainnya. Namun, racun tersebut juga berbahaya bagi manusia jika terkena mulut dan mata kita. Tapi racun yang dimiliki aglaonema masih memiliki tingkat yang rendah, jadi tidak terlalu berbahaya dan bisa diatasi dengan penawar racun, seperti kelapa muda.

Untuk menghindari racun dari getah aglaonema sebaiknya kita perlu berhati-hati. Jangan sampai getah terkena mata kita langsung atau cucilah tangan setelah melakukan penanaman atau perawatan pada aglaonema.

Nah, itulah si cantik tapi beracun yaitu aglaonema. Namun image beracun ini telah tertutup oleh kecantikannya, sehingga banyak orang yang mengenal aglaonema adalah tanaman hias yang cantik, bukan tanaman hias yang beracun. Jadi tak salah aglaonema masih sangat populer di Indonesia.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Aglaonema Sebagai Tanaman Hias Rumah, Benarkah beracun?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel