Artikel Pilihan

Tahapan Menanam Rambutan untuk Pemula

Ciri Ciri Pohon Rambutan

Jika berbicara mengenai buah rambutan, maka berkaitan dengan musim buah, warna merah dan rasanya yang manis segar. Dengan adanya buah rambutan, minat akan buah inipun meningkat saat musimnya. Bahkan banyak konsumen yang sengaja memburu di momen pohon rambutan banyak panen. Tetapi bagi beberapa orang buah eksotis ini bukan sekedar buah yang bisa dinikmati setiap saat.

Bukan hanya sekedar santapan namun juga ajang untuk mendapatkan keuntungan dan melakukan budidaya. Lalu bagaimana cara menanam serta merawat tanaman rambutan dengan benar. Anda bahkan dapat menanamnya di dalam pot atau lahan langsung. Berikut ini informasi lengkapnya.

1. Penanaman

Pertama proses yang paling penting yaitu penanaman bibit. Umumnya tanaman rambutan lebih sering menggunakan bibit dibandingkan biji. Karena tingkat keberhasilannya yang lebih tinggi. Sehingga bagi anda yang seringkali menggunakan sistem penanaman sederhana, maka anda bisa menggunakan bibit yang dapat di beli di toko pertanian. Penanaman bisa langsung di pot ataupun menggunakan lahan dan area secara langsung.




Baca juga : Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini

2. Penyiraman

Penyiraman menjadi tahapan selanjutnya yang paling penting ketika mengurus sebuah pohon atau tanaman. Cobalah untuk menyiram pohon rambutan setidaknya sekali dalam sehari dan dilakukan pada sore hari. Selain itu, jangan menyirami pohon dengan air yang berlebihan, apalagi sampai tergenang. Mengingat genangan air akan mengundang jamur dan menyebabkan akar busuk.

Jangan lupa gemburkan dengan sekop tanah yang sekiranya terlalu padat. Jika yang bisa dilakukan yaitu penanaman tahapan ini sangatlah penting untuk tanaman rambutan karena anda bisa langsung menanam menjadi sebuah pot atau tanah langsung.

Jika anda memang ingin menanam langsung di sebuah area yang lahannya sudah disediakan sebelumnya maka hal tersebut tidak masalah, tetapi pastikan bibit yang dimiliki sudah melebihi 1 bulan usianya dan memiliki ketinggian minimal 100 cm.

Dengan begitu tanaman ini sudah siap untuk menyerap nutrisi dan juga berkembang menjadi lebih baik dibandingkan dengan ketika proses untuk melakukan penanaman tanaman rambutan ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu, apakah bibit yang digunakan sudah berkualitas dan juga memenuhi syarat atau belum.
Ciri Ciri Pohon Rambutan
Sumber: ilmubudidaya.com


3. Perawatan dan Penyiraman

Proses selanjutnya jika memang sudah tumbuh. Maka hal yang paling yang bisa digunakan adalah penyiraman sebagai salah satu bentuk dari perawatan. Penyiraman ini hanya bisa dilakukan untuk rambutan yang ternyata terbukti sehat.

Seperti halnya cara merawat beberapa pohon lainnya. Anda bisa menyiramnya ketika pagi hari ataupun sore hari. Ketika tanaman rambutan ini sudah memiliki tinggi kurang lebih 1 meter lebih. Maka mohon nantinya akan bisa mengambil air sendiri dan nutrisi dari dalam tanah.

4. Tanaman Rambutan Ditambahkan Pupuk

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan tentu saja pemupukan bagi anda yang tertarik untuk membuat tanaman rambutan menjadi lebih subur. Maka harus menggunakan pupuk khusus adanya penggunaan pupuk organik cair akan menyebabkan buah busuk.

Baca juga : Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini

Tetapi jika menggunakan pupuk organik bubuk yang dicampurkan dengan tanah maka akan lebih bagus pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK, yang bahan kimianya sangat sedikit dan dicampurkan dengan pupuk kandang dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Usahakan untuk menyebar pupuk tidak langsung pada tanamannya karena bersifat panas. Sehingga cukup di pinggirannya saja ditimbun kembali dengan tanah.

5. Pemangkasan Ranting





Terakhir beberapa tahapan perawatan yang bisa dilakukan yaitu memastikan bahwa pohon rambutan mendapatkan pemangkasan. Umumnya ranting dari tanaman rambutan memang bercabang cukup banyak. Sehingga ketika anda ingin memfokuskan hasil buahnya untuk menjadi lebih manis dan cepat tumbuh pemangkasan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu ringan, sedang dan, berat.

Ada juga tipe pemangkasan tunas khusus bagi anda yang ingin mengutamakan cadangan makanan. Agar lari ke buah dibandingkan untuk pembesaran ranting.

Itulah beberapa informasi mengenai tahapan menanam rambutan untuk pemula. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tahapan Menanam Rambutan untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel