Artikel Pilihan

Berbagai Kisah Pohon Zaitun di Dunia

Pohon zaitun atau yang bisa disebut dengan nama latin Olea europeae, merupakan tanaman yang sudah hidup sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Tanaman ini sudah dikenal oleh masyarakat baik secara langsung, maupun melalui berbagai kisah, cerita rakyat, mitos dan legenda. Tak hanya itu jasa, pohon zaitun juga muncul dalam kitab-kitab berbagai agama.

ciri ciri pohon zaitun

Mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani, tersebutlah dua orang dewa yang sangat kuat, yaitu Athena dan Poseidon. Pada zaman dahulu kala terjadi perebutan kekuasaan kota Athena (saat itu belum Athena) yang disebut dengan Perang Besar Atlantis. Kedua dewa ini saling beradu menunjukkan kekuatan kepada rakyatnya.

Poseidon dengan tongkat trisulanya yang kuat, memecah batu dan membuat banjir mengalir dengan deras hingga menjadi laut di Akropolis. Poseidon juga memunculkan kuda yang sangat kuat. Kuda ini sebagai simbol dari perang dan kekuatan.

Sedangkan Athena menumbuhkan pohon zaitun di tepi sungai. Pohon ini melambangkan kemakmuran, hidup panjang umur dan berakhirnya hidup yang berpindah-pindah. Pohon ini bisa digunakan sebagai sumber makanan, hingga bahan bakar.

Selanjutnya, rakyat disuruh memilih antara Poseidon atau Athena yang lebih layak dijadikan sebagai pemimpin di kota tersebut. Seluruh wanita memilih Athena, sedangkan seluruh pria memilih Poseidon. Poseidon kalah satu suara saat itu. Athena merasa bersyukur bisa terpilih dan menambahkan khasiat lebih banyak dari pohon zaitun tersebut. Sehingga pohon zaitun mampu dijadikan sebagai obat.

Atas kemenangan Athena tersebut, selanjutnya kota itu dinamai sebagai Kota Athena. Bagi para pemenang kejuaran Olimpics di Yunani juga disematkan mahkota dari cabang pohon zaitun.
ciri ciri pohon zaitun mythology yunani
Sumber: goldgrelia.com


Kisah dalam Al-Qur’an

Buah zaitun menjadi salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Quran. Buah ini dituliskan memiliki keberkahan baik sebagai makanan maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia yang lainnya. Serta buah ini didoakan oleh tujuh puluh nabi dengan berbagai keberkahan di dalamnya.
ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: res.cloudinary.com
Zaitun mengisyaratkan buah yang penuh dengan kebaikan. Allah berfirman atas nama buah tin dan buah zaitun. Memaknai bahwa memang buah-buahan ini sungguh berharga. Buah zaitun ini bisa menjadi minyak serta pewarna makanan alami.

Minyak zaitun juga diriwayatkan untuk dioleskan ke rambut. Zaitun disebut-sebut sudah menerangi dengan kilaunya walau tidak dijadikan pelita. Secara ilmiah, minyak dan buah zaitun juga mampu berfungsi sebagai obat. Sehingga kini banyak bermunculan obat herbal dengan memanfaatkan zaitun.

Baca Juga :

Kisah dalam Alkitab

Taman Getsemani yang penuh dengan tumbuhan pohon zaitun, pernah menjadi saksi pergulatan batin yang dialami Yesus. Yesus pergi ke Bukit Zaitun beserta para murid-Nya. Dia kesana untuk berdoa, meminta petunjuk atas apa yang ia rasakan dalam hatinya.
ciri ciri pohon zaitun
Sumber: buyadalat.com
Pohon zaitun tempat Yesus berdoa sebelum disalib, dipercaya masih hidup hingga kini. Usia pohon tersebut kemungkinan telah mencapai 900 tahun. Studi yang dilakukan selama kurang lebih 3 tahun ini, tidak dapat memperkirakan secara pasti usia dari tanaman tersebut.

Kisah Nabi Nuh

Tuhan memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat bahtera. Bahtera ini digunakan untuk menyelamatkan Nabi Nuh, keluarganya, kaumnya, serta berbagai makhluk hidup. Kisah ini juga tertuang dalam Alkitab Ibrani, perjanjian lama Alkitab Kristen dan Al-Quran.

Mulanya, banyak orang yang menertawakan Nabi Nuh saat membuat bahtera ini. Namun, secara tiba-tiba air bah datang dan menenggelamkan seluruh bumi. Bahtera yang memuat Nabi Nuh dan kaumnya selamat dan bisa mengarungi lautan air. Sedangkan yang lainnya binasa oleh air yang begitu banyak bahkan hingga menutupi gunung-gunung.

Pohon pertama yang mampu hidup kembali yaitu pohon zaitun. Nabi Nuh mengirimkan seekor merpati untuk mencari tanda kehidupan yang ada di daratan. Merpati itu kembali dengan membawa ranting pohon zaitun.

Ini menandakan bahwa sudah ada daratan yang kering dan mampu menumbuhkan tanaman. Tak lama lagi, mereka akan sampai di daratan. Dari Alkitab menyatakan bahwa bahtera mendarat di timur laut turki. Sedangkan Al Quran menyatakan bahwa bahtera mendarat di Gunung Judi.

Itulah tadi berbagai kisah tentang pohon zaitun dari berbagai keyakinan dan riwayat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Berbagai Kisah Pohon Zaitun di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel