Artikel Pilihan

Ini Manfaat dan Cara Penggunaan Pupuk NPK Pada Bunga

Pupuk menjadi hal penting dalam tumbuh kembang tanaman mulai dari tanaman buah, bunga hingga sayuran. Nah, salah satu jenis pupuk yang banyak dipakai adalah NPK. Pupuk dengan kandungan Natrium, Phospat dan Kalium ini bisa dipakai di seluruh tanaman.

Jenis pupuk majemuk ini memiliki unsur makro dan mikro yang lengkap sehingga sangat baik untuk tanaman termasuk tanaman bunga. Sebenarnya apa saja kegunaan pupuk NPK pada bunga? Bagaimana cara penggunaan pupuk ini?

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK


Manfaat Pupuk NPK pada Bunga

Pupuk yang masih jadi primadona di kalangan petani memang terbilang mahal. Namun masih banyak yang sering memakainya karena hasilnya bisa membuat tanaman jadi lebih berkualitas.



Nutrisi di dalamnya seperti nitrogen, kalium, magnesium dan phospat dapat membantu tumbuh kembang bunga. Tanaman bunga sangat membutuhkan pertumbuhan batang yang kuat agar menunjang pertumbuhan tanaman bunganya. Dengan begitu, bunga bisa tumbuh dengan cepat dan jadi lebih segar.

Maka dari itu, penting bagi petani memakai pupuk yang lengkap seperti pupuk NPK. Dengan pupuk ini, batang juga jadi lebih hijau. Akar yang tumbuh juga jadi lebih kokok. Hal ini akan membuat bunga jadi tidak mudah rontok. Maka tak heran ya semakin banyak petani yang memanfaatkan pupuk satu ini.

Cara Memakai Pupuk NPK pada Tanaman Bunga

Pemakaian pupuk NPK tentu harus tepat dan dengan prosedur yang tepat. Jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan dosis. Untuk itu, kamu wajib mengetahui cara pemakaian yang tepat. Umumnya pemakaian pupuk NPK bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama adalah dengan cara menebarkan langsung ke tanaman. Artinya, kamu tidak perlu mengencerkan atau melarutkan pupuk dengan air. Cara kedua tentu saja bisa dilarutkan terlebih dahulu dan barulah cairan tersebut diberikan kepada tanaman.

Lalu bagaimana cara melarutkan pupuk NPK dengan tepat? Pastinya juga harus dibuat dengan cara yang tepat. Perlu ada tahapan pembuatan pupuk cair agar tidak salah dalam aplikasinya ke tanaman.

Pertama-tama kamu harus mengencerkan terlebih dahulu pupuk yang berbentuk butiran ke air. Sebelum dipakai, jangan langsung menuangkan cairan tersebut ke tanaman. Kamu perlu mencampurkan terlebih dahulu 2 liter pupuk NPK dengan 8 liter air bersih.

Setelah diaduk sampai rata barulah kamu bisa menyiramkan pupuk ke tanaman. Biasanya bagian yang disiram adalah bagian akar tanaman. Pemberian pupuk juga tidak bisa terlalu banyak. Untuk tanaman bunga, kamu bisa memberikan kurang lebih 200 ml pupuk cair yang sudah dicampur.

Lakukan penyiraman ini saat tanaman sudah berusia satu bulan ke atas. Pemakaian pupuk yang sesuai dosis pastinya akan membantu tanaman bunga menjadi semakin subur. Jadi pada saat memberi pupuk jangan hanya berdasarkan feeling.

Dosis yang tepat tidak hanya membuat tanaman jadi subur tetapi juga membuat pertumbuhannya semakin cepat. Paling utama adalah membantu pertumbuhan bunga menjadi lebih subur. Pastinya salah satu tujuan menanam bunga adalah agar tanaman bunga tidak mudah rontok bukan?
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: 99.co


Tips Merawat Tanaman Bunga

Selain pemberian pupuk yang tepat, tentu saja bunga bisa bagus bila perawatannya juga tepat. Jangan sampai kamu salah perawatan sehingga bunga tidak lagi indah dan mekar. Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan dalam hal ini.

Pertama, kamu harus memastikan bahwa tanah yang dipakai benar-benar subur. Pastinya pupuk yang diberikan akan semakin maksimal jika tanah yang dipakai juga subur. Selain itu, kedalaman tanah juga mesti diperhatikan.



Saat menanam bunga, jangan sampai terlalu dalam atau terlalu naik ke permukaan tanah. Hal ini akan membuat pengairan pada tanaman menjadi sempurna. Proses pengairan sendiri merupakan salah satu proses penting dalam perawatan tanaman bunga.

Tak hanya pemberian pupuknya saja, penyiraman tanah juga harus diperhatikan. Agar bunga selalu mekar dan subur, sirami tanaman pagi atau sore. Agar pengairan lebih maksimal, kamu bisa menggunakan selang pada saat menyiram.

Itu dia sederet hal yang wajib kamu ketahui seputar cara menanam bunga dan pemberian pupuk NPK pada bunga. Trik tadi akan membantu kamu mendapatkan bunga yang terbaik. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Ini Manfaat dan Cara Penggunaan Pupuk NPK Pada Bunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel