Artikel Pilihan

Permasalahan Pada Anak yang Dapat Diselesaikan Dengan Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara merupakan sebuah bibit yang bisa anda dapatkan dari buah bidara yang telah dilepaskan cangkangnya. Bibit pohon bidara akan menumbuhkan tanaman dengan sejuta manfaat karena mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh. Ada vitamin A, vitamin C, beta karoten, kalsium, zat besi, dan banyak lagi di dalam pohon bidara.

Dengan berbagai kandungan tersebut, bibit pohon bidara bisa mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari masalah kulit, masalah kewanitaan, masalah kejantanan, sebagai obat luka hingga penyakit berbahaya. Pohon bidara juga bisa mengatasi penyakit yang biasanya diderita oleh anak-anak. 

Kegunaan Bibit Pohon Bidara Untuk Anak 


1. Meningkatkan Nafsu Makan 

Ada beberapa penyebab nafsu makan anak menjadi berkurang, seperti kondisi badan yang kurang sehat, terdapat gangguan pada sistem pencernaan, atau gangguan psikologis pada anak. Jika anda baru memberinya obat, bisa jadi obat tersebut memiliki efek menurunkan nafsu makan. 

Bila hal ini terus terjadi, anak akan kekurangan gizi yang sangat penting bagi pertumbuhannya. Agar nafsu makan anak kembali tinggi, anda harus memastikan bahwa kondisi tubuhnya sehat tanpa ada gangguan apapun. 

 Anda bisa memberikan bibit pohon bidara agar yakin bahwa badan anak anda dalam kondisi yang sehat. Berbagai kandungan dalam tanaman ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada anak serta memperbaiki sistem pencernaan anak. 

Selain itu, bibit pohon bidara juga bisa mengatasi depresi hingga membuat psikologi pada anak jadi normal. Anak yang memakan buah atau daun bidara akan memiliki tingkat daya tahan tubuh dan sistem pencernaan yang lebih baik. Dengan begitu, nafsu makan pada anak akan kembali meningkat. 

2. Mengatasi Kesulitan Buang Air Besar 

Masalah pada anak yang umum terjadi adalah kesulitan membuang air besar. Kebanyakan anak tidak suka makan sayuran sehingga kurang mendapatkan serat. Padahal serat sangat penting bagi anak. 

Kesulitan buang air besar pada anak juga bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya, seperti wasir. Selain itu, terlalu lama tidak buang air besar juga bisa menyebabkan infeksi sistem pencernaan. 

Karena itu, sangat penting bagi anak untuk mencukupi kebutuhan serat. Jika anak anda tidak menyukai sayuran, mungkin anda bisa memberikannya buah atau bibit pohon bidara. Sebiji buah bidara mengandung 0,6 gram serat. 

Kebutuhan serat anak pada umumnya adalah 16 gram sampai 26 gram. Jadi, anak harus mengonsumsi sekitar 30 biji buah bidara. Kandungan serat pada buah bidara memang kecil. Namun, sudah cukup besar untuk ukuran buah bidara. 

3. Menyembuhkan Luka Goresan 

Pada masa anak-anak adalah masa seseorang sangat aktif bergerak hingga risiko kulitnya terkena goresan dan membuat luka sangat tinggi. Anak juga sangat penasaran pada tahap ini sehingga tidak takut akan risikonya, yaitu menyebabkan luka. 

Luka goresan pada anak merupakan hal yang wajar ketika mereka bermain. Namun, anda harus menangani luka itu dengan tepat. Jika tidak, luka tersebut bisa menyebabkan infeksi sehingga anak tidak nyaman. 

Bibit pohon bidara bisa digunakan untuk mempercepat proses luka goresan pada kulit. Selain bibitnya, mengoleskan daun bidara pada luka goresan bisa menjadi antiseptik. Sebelum mengoleskannya pada anak, anda harus merebus daun bidara terlebih dahulu. 

4. Meredakan Demam 

Demam merupakan penyakit yang paling umum menyerang anak. Sebenarnya demam merupakan reaksi tubuh untuk membunuh virus dan bakteri yang anda di dalam tubuh. Anak-anak mungkin saja jajan sembarangan hingga menyebabkan berbagai mikoorganisme jahat masuk ke dalam tubuhnya. 

Penyakit yang satu ini biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, menggigil, hilangnya nafsu makan, dan lemas. Jika anak mengalami gejala ini, anda bisa memberikan bibit pohon bidara. 

Tanaman ini bisa berfungsi sebagai antibiotik dan paracetamol yang cocok menurunkan suhu tubuh. Tanaman ini dapat membantu tubuh untuk melawan virus atau bakteri yang sedang ada di dalam tubuh. 

5. Diare 

Permasalahan lainnya pada anak selain susah buang air besar adalah buang air besar yang terlalu encer. Diare bisa disebabkan karena sistem pencernaan pada anak belum menyesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi. Bisa juga karena anak keracunan makanan hingga tubuh mengeluarkannya dalam bentuk feses yang terlalu cair. 

Memberi bibit pohon bidara bisa membantu tubuh mengeluarkan bakteri jahat yang tidak sengaja dimakan oleh anak. Daun bidara juga bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan diare pada anak. Bila ingin memberikan daun bidara, rebus dulu daunnya dan berikan anak air rebusannya. 

Kandungan di Dalam Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: romadecade.com
Dalam satu buah atau bibit pohon bidara, terdapat berbagai zat yang sangat berguna bagi kesehatan, terutama untuk anak. Dalam buah bidara, terdapat vitamin A dan C yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh. 

Bibit pohon bidara juga mengandung dua dari tiga makronutrisi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat dan protein. Kedua zat tersebut digunakan sebagai energi utama tubuh dan pembentukan otot. 

Mineral lainnya, seperti zat besi, fosfor, niacin, dan beta karoten juga banyak terdapat dalam sebiji bibit pohon bidara. Semua mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Kelengkapan gizi pada anak sangat penting bagi pertumbuhannya. Memberikan bibit pohon bidara dapat membantu melengkapi gizinya. Apakah anda sudah tertarik menanam bibit tanaman ini?

Belum ada Komentar untuk "Permasalahan Pada Anak yang Dapat Diselesaikan Dengan Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel